Mantan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Maju Pileg 2024 lewat Dapil III Sumut

Mantan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Maju Pileg 2024 lewat Dapil III Sumut

Sumber foto: WIKIPEDIA.com

Kamis, 27 Juli 2023 15:37 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Irwan Prayitno, mantan Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) maju di pertarungan legislatif 2024. Irwan maju sebagai calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) lewat daerah pemilihan (Dapil) III Sumatera Utara (Sumut).

Saat dihubungi wartawan, Irwan mengatakan, langkah maju di Dapil III Sumatera Utara merupakan keputusan partai. ”Saya maju ini merupakan keputusan partai," katanya.

Dia melanjutkan, sebenarnya setelah menjabat Gubernur Sumatera Barat, dirinya sudah tidak mau lagi ikut dalam pertarungan politik. Karena Irwan ingin fokus untuk mengabdi kepada partai.

”Saya sudah sampaikan untuk tidak lagi terlibat di pertarungan politik kepada Dewan Pimpinan Tingkat Pusat (DPTP) Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Sehingga saya diberi posisi ketika itu sebagai Ketus Dewan Pakar DPTP PKS," katanya.

Namun, DPTP PKS memutuskan punya kebijakan lain untuk Pemilu 2024 yaitu memanggil Irwan dan mantan kepala daerah lainnya untuk ikut. ”Jadi ada keputusan partai untuk memanggil mantan-mantan kepala daerah agar maju di calon legislatif (caleg). Hal ini untuk membantu daerah lain untuk dapat mendulang suara," katanya.

Mantan Gubernur Sumbar dua periode itu menjelaskan DPTP PKS menetapkan dirinya untuk maju di Pileg Dapil III Sumatera Utara. Walaupun, banyak DPW lain yang ngotot untuk Irwan maju di daerahnya. ”Kalimantan Tengah dan Kepulauan Riau sangat ngotot agar saya maju di sana. Tetapi, DPTP berkata lain," ucapnya.

Menurutnya, mantan gubernur maju di pertarungan Pileg daerah lain sudah menjadi hal yang biasa. ”Banyak kok mantan kepala daerah yang maju di pileg dapil lain," katanya. "Sudah banyak contohnya kok. Jadi sudah hal yang lumrah," ujarnya, dilansir tempo.co.

Selain itu, sosok mantan kepala daerah juga akan sangat memudahkan partai untuk mengkampanyekan. Sebab, mereka sudah punya nama dan dikenal masyarakat. ”Ya, akan mudah mengkampanyekan, masyarakat sudah banyak yang kenal. Sehingga, Partai akan menjadi lebih gampang,” katanya.***

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Politik
wwwwww