Bamsoet & Ahmad Doli Kurnia Tandjung Jadi Anggota DPR RI Paling Populer dari Partai Golkar Periode Juni 2023

Bamsoet & Ahmad Doli Kurnia Tandjung Jadi Anggota DPR RI Paling Populer dari Partai Golkar Periode Juni 2023

Dari kiri ke kanan; Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Lodewijk Freidrich Paulus, dan Bambang Soesatyo. (F-SOROTJAKARTA.com)

Sabtu, 08 Juli 2023 19:16 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Dua Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar yakni Bambang Soesatyo (Bamsoet) dan Ahmad Doli Kurnia Tandjung dinobatkan menjadi Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) paling populer dari partai berlambang beringin periode Juni 2023.

Berdasarkan informasi yang diperoleh, Golkarpedia.com mengadakan riset terkait Anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan dalam kurun periode bulan Juni 2023.

Pemberitaan seorang anggota DPR RI, bisa menjadi indikator populisme yang ia miliki. Untuk urutan pertama anggota DPR RI dari Fraksi Partai Golkar yang paling banyak diberitakan adalah Bambang Soesatyo atau Bamsoet.

Bamsoet merupakan legislator Partai Golkar yang duduk sebagai Ketua MPR RI. Bamsoet pada periode Juni 2023 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 1.191 berita. Berita mengenai Bamsoet didominasi oleh pujian Bamsoet kepada Polri dalam rangka HUT ke-77 Bhayangkara yang mampu mengembalikan kepercayaan masyarakat.

Lalu kabar tentang Bamsoet yang didapuk menjadi dosen tetap di Universitas Borobudur Jakarta. Ada pula pemberitaan Bamsoet tentang peringatan akan naiknya jumlah penderita DBD dan kesiapan Dinkes dalam menanganinya. Serta pemberitaan tentang penjelasan 5 sasaran Indonesia Emas saat memberikan kuliah umum di UNS. Reach atau jangkauan pemberitaan terkait Bamsoet adalah sebesar 8,8 juta jangkauan pada Juni 2023.

Posisi kedua ada nama Ahmad Doli Kurnia, ia menduduki jabatan sebagai Ketua Komisi II DPR RI. Komisi II DPR adalah komisi yang membidangi persoalan Dalam Negeri, Sekretariat Negara dan Pemilu. Menjelang Pemilu 2024, sepertinya sorotan terhadap Ahmad Doli Kurnia semakin kuat apalagi dengan wacana perubahan sistem pemilu.

Untuk Juni 2023, Ahmad Doli Kurnia memiliki 381 pemberitaan dengan capaian reach sebesar 3,06 juta jangkauan. Pemberitaan tentang Ahmad Doli Kurnia di antaranya adalah pernyataannya soal penegasan sikap Partai Golkar yang masih akan mendukung Airlangga Hartarto untuk maju Pilpres 2024.

Lalu pemberitaan mengenai Ahmad Doli Kurnia sebagai Ketua Komisi II DPR soal sistem Pemilu terbuka yang saat itu akan disidangkan oleh MK. Sebagai Ketua Komisi II DPR RI, Ahmad Doli Kurnia juga turut berperan aktif dalam menggalang dukungan politik sejumlah Parpol untuk menolak apabila muncul putusan sistem Pemilu tertutup.

Di posisi ketiga, ada nama anggota Komisi I DPR RI, yang juga mantan pesohor negeri, Nurul Arifin. Komisi I DPR RI membidangi urusan pertahanan, luar negeri, komunikasi dan informatika serta intelijen. Nurul Arifin memiliki pemberitaan sebanyak 322 berita di Juni 2023. Reach yang dicapai oleh berita mengenai Nurul Arifin adalah sebesar 2,3 juta jangkauan.

Berita mengenai Nurul Arifin antara lain terkait dengan pernyataan serta pesan yang disampaikannya terkait para artis dan selebritis yang hendak terjun ke dunia politik agar tak hanya andalkan popularitas, tapi juga kapasitas. Lalu bantahan Nurul Arifin terkait dengan pernyataan politisi PKB yang menuding Partai Golkar sebagai pengganggu dalam koalisi bersama Gerindra.

Urutan keempat ada nama Ace Hasan Syadzily Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dengan lingkup tugas agama, sosial dan pemberdayaan perempuan. Pemberitaan mengenai Ace Hasan Syadzily cukup masif mengingat peran dan tugasnya di Komisi VIII DPR RI. Ace Hasan Syadzily memiliki pemberitaan sebanyak 271 pemberitaan. Jangkauan yang dicapai dari berita Ace Hasan Syadzily adalah sebesar 2,3 juta jangkauan.

Selanjutnya urutan kelima adalah anggota Komisi I DPR RI yang juga Wakill Ketua DPR RI, Lodewijk F. Paulus. Untuk Juni 2023, Sekjen DPP Partai Golkar ini memiliki 214 pemberitaan. Reach yang dicapai oleh pemberitaan mengenai Lodewijk Paulus adalah sebanyak 2,3 juta jangkauan.

Keenam ada nama Meutya Hafid, Ketua Komisi I DPR RI sekaligus Ketua Bidang Media dan Penggalangan Opini (MPO) DPP Partai Golkar. Berita tentang Meutya Hafid berjumlah 205 pemberitaan dengan reach mencapai 1,4 juta jangkauan.

Di nomor tujuh ada nama anggota Komisi I DPR RI lainnya, Dave Laksono. Selama Juni 2023, Ketua Umum PPK Kosgoro 1957 ini memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 173 berita dengan reach mencapai 1,5 juta jangkauan.

Posisi kedelapan diisi oleh nama Cen Sui Lan, yang juga merupakan anggota Komisi V DPR RI. Komisi V DPR membidangi urusan, infrastruktur, transportasi, daerah tertinggal dan transmigrasi, serta meteorologi, klimatologi dan geofisika. Cen Sui Lan dalam tugasnya sebagai anggota Komisi V DPR RI memiliki pemberitaan sebanyak 153 berita dengan jangkauan mencapai 146.303 jangkauan.

Urutan kesembilan adalah Hetifah Sjaifudian, ia duduk di Wakil Ketua Komisi X DPR RI yang membidangi urusan olahraga, pendidikan, riset dan kepariwisataan. Hetifah Sjaifudian pada Juni 2023 memiliki jumlah pemberitaan sebanyak 143 pemberitaan dan jangkauan beritanya adalah sebesar 1,6 juta jangkauan.

Posisi terakhir ada nama Misbakhun, anggota Komisi XI DPR RI. Komisi XI DPR membidangi urusan keuangan, perbankan dan akuntabilitas negara. Pemberitaan yang menyangkut nama Misbakhun di Juni 2023 adalah sebanyak 101 berita dengan jangkauan mencapai 663.593 jangkauan.

Daftar mengenai 10 anggota DPR RI Fraksi Partai Golkar Terpopuler berdasarkan jumlah pemberitaan ini masih dapat berubah setiap bulannya.

10 Anggota DPR RI Terpopuler Berdasar Kuantitas Pemberitaan
Periode Juni 2023, Berikut daftar lengkapnya:

Bambang Soesatyo
Ketua MPR RI
Total: 1.191 pemberitaan Reach: 8,8 juta jangkauan

Ahmad Doli Kurnia
Ketua Komisi II DPR RI
Total: 381 pemberitaan Reach: 3,06 juta jangkauan

Nurul Arifin
Anggota Komisi I DPR RI
Total: 322 pemberitaan Reach: 2,3 juta jangkauan

Ace Hasan Syadzily
Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI
Total: 271 pemberitaan Reach: 2,3 juta jangkauan

Lodewijk Paulus
Wakil Ketua DPR RI
Total: 214 pemberitaan Reach: 2,3 juta jangkauan

Meutya Hafid
Ketua Komisi I DPR RI Total: 205 pemberitaan Reach: 1,4 juta jangkauan

Dave Laksono
Anggota Komisi I DPR RI
Total: 173 pemberitaan Reach: 1,5 juta jangkauan

Cen Sui Lan
Anggota Komisi V DPR RI
Total: 153 pemberitaan Reach: 146.303 jangkauan

Hetifah Sjaifudian
Wakil Ketua Komisi X DPR RI
Total: 143 pemberitaan Reach: 1,6 juta jangkauan

Misbakhun
Anggota Komisi XI DPR RI
Total: 101 pemberitaan Reach: 663.593 jangkauan.***

Editor:
Muhammad Amin

Kategori : Politik
wwwwww