Pemkab Rokan Hilir Anggarkan Rp2 Miliar bagi Putra/Putri Daerahnya yang Kuliah S-2 di Unilak

Rabu, 28 Juni 2023 16:06 WIB
Paizul Azmi
pemkab-rokan-hilir-anggarkan-rp2-miliar-bagi-putraputri-daerahnya-yang-kuliah-s2-di-unilak
ROKAN HILIR, POTRETNEWS.com — Sosialisasi penerimaan mahasiswa baru program Magister (S-2) Sekolah Pascasarjana Universitas Lancang Kuning (Unilak) periode semester ganjil 2023/2024 digelar di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Riau. Sosialisasi dibuka oleh Bupati Afrizal Sintong sekaligus menandatanganan Nota Kesepahaman atau MoU antara pemerintah daerah setempat dengan pihak Unilak, Rabu (27/6/2023) bertempat di gedung H Misran Rais Bagansiapiapi.

Dalam kesempatan itu, Rektor Unilak Riau Prof Dr Junaidi menyampaikan ucapan terima kasih kepada Bupati Sintong beserta seluruh jajaran telah memberikan dukungan dengan penandatanganan kerja sama antara Pemkab Rohil dengan Unilak.

”Kami ingin memperkenalkan kembali Unilak kepada semua pihak, Unilak tak asing lagi bagi masyarakat Bagansiapiapi. Sebab, hingga tahun 2005 lalu ada kelas jauh Universitas Lancang Kuning di Bagansiapiapi," katanya.

Junaidi menyebut, tujuan membuka kelas jauh di Bagansiapiapi saat itu untuk mendorong peningkatan SDM. Sebab ada beberapa kabupaten dan kota baru dimekarkan sehingga sangat diperlukan pengembangan SDM.

Rektor Junaidi juga menguraikan, bahwa saat ini ada 32 jurusan di Unilak dan 12 jurusan adalah jurusan baru. ”Ini kita lakukan memenuhi kebutuhan SDM di Riau. Bahkan Unilak memiliki 4 Prodi S-2 sehingga berpeluang besar bagi masyarakat untuk meningkatkan pendidikan ke jenjang S-2," katanya.

Sementara Bupati Rohil Afrizal Sintong mengatakan, pendidikan merupakan hal sangat penting dalam mengelola sumber daya alam (SDA) di kabupaten yang dipimpinnya. Dengan demikian Pemerintah Rohil akan memberikan dukungan terkait penganggaran dalam bentuk APBD sebesar Rp2 miliar khusus program Magister (S-2) Sekolah Pascasarjana di Unilak.

Anggaran itu diperuntukkan bagi putra putri Rohil berstatus mahasiswa yang punya prestasi sehingga dapat lebih optimal membangun SDA di Kabupaten Rohil. Apalagi kata Sintong, saat ini SDA Rohil sangat jauh berkurang. Dengan begitu perlu pengembangan SDM.

”Program ini kami lakukan secara maksimal agar bisa bersaing dari tahun ke tahun dan terus mengalami perubahan. Pengembangan SDM merupakan tanggung jawab kita bersama, agar kehidupan masyarakat juga dapat meningkat," pungkasnya.

Turut hadir dalam acara antara lain; Sekda Rohil H Fauzi Efrizal, Asisten lll Ali Asfar, para kepala OPD, Sekretaris DPRD Rohil Sarman Syahroni serta berbagai unsur lainnya.***(Infotorial)

Kategori : Pemerintahan, Rohil
wwwwww