PUTR Rokan Hilir Normalisasi Sungai dan Parit di Kecamatan Bangko & Sinaboi

Rabu, 21 Juni 2023 08:15 WIB
Paizul Azmi
putr-rokan-hilir-normalisasi-sungai-dan-parit-di-kecamatan-bangko-sinaboiAlat berat Pemkab Rohil menormalisasi parit atmo sepanjang 2 kilometer. (F-ISTIMEWA)

ROKAN HILIR, POTRETNEWS.com — Pemerintah Daerah Kabupaten (Rohil) melalui Dinas Pengerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) melaksanakan normalisasi sungai dan parit di wilayah Kecamatan Bangko dan Sinaboi, tahun anggaran 2023.

Kepala Dinas PUTR Rohil, Asnar Bono Msi melalui Kabid Sumber Daya Air (SDA) Hermanto, Selasa (20/6/23) menyebutkan bahwa normalisasi parit dan sungai sebelumnya sudah dilakukan dalam bulan puasa kemarin secara swakelola.

”Tapi Target swakelola normalisasi kemaren hanya difokuskan 5 titik di wilayah Kecamatan Sinaboi," kata Hermanto di lokasi pengerukan di parit atmo wilayah Baganpunak Meranti.

Hermanto juga menjelaskan normalisasi sebagai respons permintaan masyarakat dan datuk penghulu setempat, terutama mengurangi risiko dan antisipasi terjadi banjir lebih meluas.

”Saat ini kita juga menormalisasi parit atmo sepanjang 2 kilo meter, mulai dari laut kepenghuluan Baganpunak Pesisir sampai ke jembatan kedua Kepenghuluan Baganpunak," paparnya.

Masih Hermanto normalisasi parit atmo ini secara rutin setiap tahun, khususnya pada bulan September hingga Desember, sebagai upaya untuk mengatasi banjir.

”Untuk alat dan operator sudah standby 7 unit, long Arm 3 unit dan standar 4 unit. Sekarang terus beroperasi menormalisasi sungai di kecamatan Bangko dan Sinaboi," jelasnya.

Sementara itu, Datuk Penghulu Baganpunak Meranti Normansyah mengucapkan terima kasih kepada Bupati Rokan Hilir melalui Kabit SDM Hermanto telah tanggap mengantisipasi penanggulangan banjir di Kecamatan Bangko.

”Terima kasih Pak Bupati, sudah tanggap melakukan antisipasi penanggulangan banjir secara dini, terutama di kepenghuluan Baganpunak Meranti," ucapnya.

Meskipun curah hujan saat ini masih minim namun sudah terdapat beberapa lokasi yang terendam banjir akibat hujan dua hari belakangan.***

Kategori : Pemerintahan, Rohil
wwwwww