Bupati Afrizal Sintong Tanda Tangani Kesepakatan PI 10 Persen Blok Rokan

Selasa, 20 Juni 2023 16:22 WIB
bupati-afrizal-sintong-tanda-tangani-kesepakatan-pi-10-persen-blok-rokanBupati Rokan Hilir Afrizal Sintong menandatangani kesepakatan operasi Wilayah Kerja Blok Rokan dan Kampar. (F-ISTIMEWA)
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Bupati Rokan Hilir (Rohil) Afrizal Sintong SIP mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) dan Penandatanganan Percepatan Pengelolaan Hak Partisipasi atau Participating Interest (PI) sebesar 10 persen di Wilayah Kerja (Wilker) Blok Rokan. Saat rakor yang berlangsung di Balai Pauh Janggi Gedung Daerah Provinsi Riau di Jalan Pangeran Diponegoro Pekanbaru, Selasa (20/6/2023), bupati didampingi asisten II setdakab, kabag ekonomi, dan Kadiskominfotiks Rokan Hilir.

Dalam rapat tersebut, Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar sebagai koordinator bersama para bupati di Wilayah Kerja Blok Rokan dan Kampar, juga membahas tentang percepatan pengelolaan Participating Interest (PI) sebesar 10 persen.

Pada kesempatan itu, Gubernur Riau Syamsuar mengucapkan syukur karena rakor berjalan dengan lancar. ”Agenda rakor alhamdulillah berjalan lancar. Begitu juga kajian dilakukan Universitas Islam Riau (UIR) terkait dengan cadangan minyak di masing-masing wilayah (Blok Rokan dan Kampar)," ungkap gubernur.

Di tempat itu, Bupati Rohil menandatangani kesepakatan operasi Wilayah Kerja Blok Rokan dan Kampar. Masing masing daerah juga membuat penyertaan modal melalui BUMD-nya
Perlu diketahui, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus menggesa percepatan pengelolaan Hak Partisipasi atau Participating Interest (PI) sebesar 10 persen hingga akhirnya bisa diberikan kepada sejumlah daerah di Provinsi Riau.

”Selesai penandatanganan ini, akan masuk tahap sembilan yakni rapat antara anak perusahaan yang menerima PI 10 persen bersama dengan Pertamina, baik PHR maupun Pertamina Wilayah Kerja Kampar. Dari situlah nanti baru tindak lanjutnya disampaikan kepada SKK Migas dan terakhir akan ditetapkan oleh Menteri ESDM," sebut gubernur.

Untuk sampai ke tahap itu, lanjut Gubernur Syamsuar, tidak menunggu waktu begitu lama hingga PI 10 persen dapat diberikan. ”Insya Allah tidak jauh lagi, tahun ini PI 10 persen kita dapatkan, semoga berkah," imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Afrizal Sintong menyampaikan soal pentingnya kerja antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat. Dengan begitu pembangunan wilayah Rokan Hilir berjalan secara berkelanjutan.

”Berdasarkan besaran 10 persen dari PI untuk periode 2021-2022, diprediksi daerah kita akan memperoleh Rp1 triliun,” pungkas Afrizal Sintong.***(Infotorial Diskominfotiks Rohil)

Kategori : Pemerintahan, Rohil
wwwwww