Home > Berita > Umum

10 Rest Area Bernuansa Khas Riau akan Dibangun di Ruas Tol Pekanbaru-Dumai

10 Rest Area Bernuansa Khas Riau akan Dibangun di Ruas Tol Pekanbaru-Dumai
Kamis, 01 Juni 2023 08:08 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Pembangunan rest area di ruas Tol Pekanbaru-Dumai mulai digarap PT Hutama Karya (Persero). Tercatat ada 10 rest area yang akan dibangun dari kedua arah. Direktur Operasi III Hutama Karya Koentjoro mengatakan bahwa saat ini jalan tol Permai dilengkapi dengan rest area sementara yang berada di KM 45 Jalur A, KM 65 Jalur B dan KM 82 Jalur A dan B. Namun belum ada rest area permanen di ruas tersebut.

”Fasilitas rest area sementara yang ada tidak kalah dari rest area permanen pada umumnya, sudah dilengkapi dengan minimarket, SPBU dan tenant makanan. Namun, untuk meningkatkan pelayanan jalan tol yang dikelola kami akan bangun 10 rest area permanen di sepanjang tol Permai," kata Koentjoro, Rabu (31/5/2023).

Rest area permanen itu nantinya berada di wilayah Pekanbaru, Siak, Bengkalis dan Dumai. Ada lima rest area di Jalur A dan 5 rest area di Jalur B. ”Lima ke arah Dumai dan lima sebaliknya dengan jarak antar rest area kurang lebih 30 Km," katanya, dilansir detikcom.

Terdapat 2 tipe rest area yang dibangun, yaitu Tipe A dengan luas 6 lahan hektar dilengkapi fasilitas seperti toilet umum, masjid, pujasera, stand UMKM, minimarket, parkir hingga premium cimmercial. Selain itu ada pula Tipe B dengan luas lahannya 3 hektare dengan fasilitas yang sama kecuali SPBU dan premium commercial. Untuk menyesuaikan kearifan lokal, semua rest area didesain dengan konsep nuansa adat di Riau.

Salah satunya atap lipat pandan dan ornamen atap selembayung. Kami juga menyediakan dan prioritaskan porsi lebih dari 70% tenant yang berada di rest area ini untuk UMKM sehingga dapat mengembahkan usaha masyarakat daerah sekitar, " katanya.

Pengerjaan sendiri dimulai pada Maret lalu oleh PT Hutama Karya Infrastruktur. Untuk rest area ditargetkan selesai pada di bulan Desember mendatang. Baca juga:

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Umum, Pekanbaru, Dumai
wwwwww