700 Bacalon Anggota DPD Dinyatakan Penuhi Syarat Dukungan Pemilih, Tersebar di 38 Provinsi

700 Bacalon Anggota DPD Dinyatakan Penuhi Syarat Dukungan Pemilih, Tersebar di 38 Provinsi
Minggu, 30 April 2023 15:08 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com — Sebanyak 700 orang bakal calon (bacalon) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dinyatakan memenuhi syarat dukungan pemilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI. Pendaftaran telah dibuka sejak tanggal 22 April 2023. ”Bakal calon DPD yang dinyatakan memenuhi syarat dukungan pemilih dan sebaran yaitu sebanyak 700 orang yang terdiri dari 561 lelaki dan 139 perempuan yang tersebar di 38 provinsi,” ungkap Komisioner KPU RI Idham Holik di Gedung KPU RI, Jakarta, Ahad (30/4/2023).

Pendaftar calon anggota DPD terbanyak dari Jawa Barat (Jabar). Jumlahnya mencapai 55 orang. Sementara itu, jumlah bakal calon paling sedikit ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jumlahnya hanya sembilan orang.

Adapun tiga provinsi, yakni; Sulawesi Barat, Papua Barat, dan Papua Barat Daya, tak memenuhi keterwakilan perempuan. Pasalnya, ketiga provinsi tersebut tak memiliki calon perempuan anggota DPD satu pun. Lalu, Idham menerangkan Sulawesi Selatan, Papua Barat, dan Riau masih belum dilakukan verifikasi.***

Editor:
Abdul Roni

Kategori : Politik
wwwwww