Pantau Harga Sembako, Bupati bersama Forkopimda Asahan Sidak Pasar di Kisaran

Pantau Harga Sembako, Bupati bersama Forkopimda Asahan Sidak Pasar di Kisaran
Selasa, 11 April 2023 18:25 WIB
Risma Ernida
ASAHAN, POTRETNEWS.com — Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H/2023 M, Bupati Asahan diwakili Asisten Ekonomi Pembangunan Ir Oktoni Erianto MMA melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke Pajak Kartini, Pajak Diponegoro, Gudang Bulog, Kilang Padi Petani, dan Kilang Padi Kisaran untuk memantau harga sembilan bahan kebutuhan pokok. Tidak sendiri, saat sidak Oktoni Erianto datang bersama bersama perwakilan Polres Asahan, pejabat yang Dandim 0208/AS, perwakilan Kejari Asahan, Kadis Perhubungan, Kadis Kopdag, Kadis Kominfo, Kadis Ketapang, dan Bulog.

”Kami sengaja melakukan sidak pasar tradisional hari ini, untuk memantau stabilitas pasokan dan harga pangan serta mengetahui langsung ketersediaan barang kebutuhan pokok maupun harga di tingkat pedagang,” kata Oktoni Erianto saat melaksanakan sidak di Pajak Kartini, Selasa, (11/4/2023).
Asisten Ekbang Setdakab Asahan juga mengatakan, dari hasil sidak diketahui ketersediaan sembilan bahan kebutuhan pokok mencukupi dan harga relatif stabil meskipun ada beberapa kebutuhan pokok yang naik tapi tidak dalam nilai yang signifikan.

Harga bahan pokok yang cukup stabil diantaranya beras, telur, minyak curah, daging ayam dan daging sapi, demikian juga dengan harga sayuran relatif stabil dari harga sebelumnya.

”Informasi dari pedagang, harga beras masih stabil juga telur, daging ayam juga daging sapi. Harapan kami, harga tetap stabil hingga menjelang Idul Fitri nanti,” ungkapnya.

Lebih lanjut Oktoni mengatakan, harga bahan pokok di pasaran tergantung permintaan dari masyarakat karena sesuai hukum pasar jika permintaan banyak dan barang sedikit maka harga akan naik.

”Kami mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aksi borong, karena apabila permintaan banyak dan barang kosong maka harganya akan naik dan susah mendapatkan barang,” ungkap mantan Kadis Pertanian tersebut.

Sementara Kadis Kopdagin Drs Ilham menjelaskan, untuk harga Kebutuhan Pokok dari hasil pantauan minggu ini, relatif stabil dan masih normal seperti beras premium Rp. 13.500/kg, beras medium Rp12.000/kg. Selanjutnya, harga daging ayam broiler Rp20.000/kg, ayam kampung Rp50.000/kg, daging sapi Rp130.000/kg, daging kambing Rp130.000,-/kg.

Kemudian, harga telur ayam Rp28.000/kg, cabe merah besar Rp25.000/kg, cabe rawit Rp18.000/kg, bawang merah Rp30.000/kg, dan bawang putih Rp32.000/kg.***

Kategori : Pemerintahan
wwwwww