OTT Bupati Kepulauan Meranti, Ketua Tim BPK Riau Ikut Dibawa ke Gedung KPK

OTT Bupati Kepulauan Meranti, Ketua Tim BPK Riau Ikut Dibawa ke Gedung KPK

Sumber foto: RM.id.

Jum'at, 07 April 2023 17:44 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) membawa Bupati Kepulauan Meranti, Riau, Muhammad Adil dan Ketua Tim Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Riau M Fahmi yang terjaring operasi tangkap tangan (OTT) KPK pada Kamis (6/4/2023) malam.

Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan, Adil dan Fahmi telah tiba di gedung KPK pada Jumat (7/4/2023) sore.

"Saat ini, pihak yang diamankan sudah tiba di Gedung Merah Putih KPK. Jadi benar pihak yang diamankan tim KPK satu orang di antaranya adalah ketua tim BPK perwakilan Riau," kata Ali dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (7/4/2023).

Ali menambahkan, KPK akan menahan delapan orang dalam perkara Bupati Kepulauan Meranti Muhammad Adil ini. Sementara, sisanya menjalani pemeriksaan di Kepulauan Meranti dan Pekanbaru, Riau. "Terperiksa lainnya menyusul masih dalam perjalanan," ujar Ali, dilansir dari kompas.com.

Sementara itu, Wakil Ketua KPK Nurul Ghufron mengatakan, Adil diduga menerima suap terkait pengadaan jasa umrah. ”Suap pengadaan jasa umrah,” kata Ghufron saat dihubungi Kompas.com, Jumat (7/4/2023).

Selain itu, KPK juga menduga Adil melakukan korupsi terkait pemotongan Uang Pengganti dan Ganti Uang Persediaan (UP dan GUP). ”Pemotongan Uang Persediaan dan Ganti Uang persediaan (UP dan GUP) dipotong 5-10 persen,” ujar Ghufron.

Sebelumnya, Juru Bicara Penindakan dan Kelembagaan KPK Ali Fikri mengatakan, pihaknya menangkap 25 orang dalam operasi tangkap tangan tersebut. Mereka terdiri dari Adil, dan sekretaris daerah (sekda), kepala dinas dan badan, kepala bidang, dan sejumlah pejabat lain di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti.

”Sejauh ini tim KPK mengamankan 25 orang,” kata Ali dalam keterangan tertulisnya kepada wartawan, Jumat (7/4/2023).***

Editor:
Muhammad Amin

Kategori : Hukrim, Meranti
wwwwww