Dirjen Otda Kemendagri Apresiasi Kinerja Pansus LKPj Bupati Bengkalis

Kamis, 06 April 2023 20:12 WIB
Junaidi Usman
dirjen-otda-kemendagri-apresiasi-kinerja-pansus-lkpj-bupati-bengkalisPanitia khusus (Pansus) LKPj DPRD Bengkalis melakukan rapat koordinasi ke Kementerian Dalam Negeri Direktoral Jenderal Otonomi Daerah, April 2023.
JAKARTA, POTRETNEWS.com – Menindaklanjuti pembahasan Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) bupati sebelumnya, Panitia Khusus (Pansus) LKPJ DPRD Bengkalis melakukan rapat koordinasi ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Direktoral Jenderal Otonomi Daerah (Ditjen Otda). Ketua Pansus, Rianto menjelaskan dalam rapat, bahwasanya perkembangan dan progres pembahasan Pansus LKPj ini kerap menemui hambatan.

Hal ini dikarenakan sulitnya komunikasi bersama mitra terkait untuk mendapatkan data dan penjelasan yang konkret mengenai tinjauan pelaksanaan RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) yang mana hal ini juga berkaitan dengan berapa persentase capaian keberhasilan visi dan misi Bupati Bengkalis.

Menanggapi hal tersebut, Staf Dirjen Otda, Eka Sasta turut menyampaikan beberapa poin tentang tujuan evaluasi LKPj ini. ”Tujuan LKPJ hanya dua, yaitu untuk mengetahui progres kinerja kepala daerah, di mana DPRD bisa melihat dan menilai sejauh mana capaian kinerja kepala daerah, serta untuk meningkatkan produktifitas, efisiensi, efektivitas, dan kredibilitas, di sini fungsi pengawasan yang harus berperan. Pihak DPRD mengawal kepala daerah dan jajarannya," ujar Staf Dirjen Otda, Eka Sasta.

Selain itu pihak Dirjen Otda turut menyampaikan bentuk apresiasi kepada DPRD Kabupaten Bengkalis yang telah taat memenuhi peraturan perundang-undangan dengan membahas dan akan menyampaikan hasil rekomendasi pansus LKPj ini kepada bupati serta melaporkannya.***

wwwwww