Koalisi Perubahan Sepakat Usung Anies Baswedan, Calon Wapresnya; Nasdem Usulkan Khofifah, Demokrat Calonkan AHY, PKS Sodorkan Aher

Koalisi Perubahan Sepakat Usung Anies Baswedan, Calon Wapresnya; Nasdem Usulkan Khofifah, Demokrat Calonkan AHY, PKS Sodorkan Aher
Jum'at, 24 Maret 2023 22:40 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com — Tiga ketu umum partai politik (parpol) yakni; Nasdem, Demokrat, dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Jumat (24/3/2024) kemarin telah menandatangani piagam kerja sama siap mengusung Anies Baswedan sebagai Calon Presiden RI pada Pemilu 2024. Dalam piagam itu juga dinyatakan memberi mandat kepada Anies untuk memilih calon wakil presiden yang akan mendampinginya.

Wakil Ketua Majelis Syuro PKS Sohibul Iman mengungkapkan, saat ini sejumlah nama sudah mulai diusulkan menjadi pendamping Anies Baswedan. Menurutnya, masing-masing parpol yang tergabung dalam Koalisi Perubahan dan Persatuan (KPP) sejatinya telah mengajukan nama-nama yang layak menjadi cawapres dari Anies Baswedan.

”Ya kan sebetulnya nama-namanya udah beredar. Ya jelas dari PKS ada Kang Aher. Dari Demokrat ada AHY. Dari NasDem ada Bu Khofifah, bahkan juga sebelumnya ada Pak Andika. Kemudian ada juga Mbak Yenny, itu juga ada muncul,” ujar Sohibul di Sekretariat Perubahan, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/3/2023).

Ia menjelaskan bahwa ada pula pimpinan partai politik yang disebut akan merapat jika nantinya ditunjuk menjadi cawapres dari Anies Baswedan. ”Ya tentu sekarang ada beberapa pimpinan partai yang ingin merapat. Yang mereka kemudian mensyaratkan ketua umumnya ingin menjadi cawapres. Ya itu nama-namanya," jelasnya, seperti dilansir tribunnews.com.

Namun begitu, dia masih enggan merinci terkait identitas ketua umum partai politik (parpol) yang mengajukan diri menjadi cawapres dari Anies Baswedan.”Ketum parpol di luar kita. Jadi di luar tiga ini kan ada partai yang juga berkomunikasi. Mereka mengatakan siap bergabung tapi ingin jadi cawapres kan ada juga,” pungkasnya.

Perwakilan Tim Anies, Sudirman Said menyatakan, sejauh ini Koalisi Perubahan masih menggodok beberapa nama untuk mendampingi Anies Baswedan sebagai bakal calon wakil presiden (bacawapres).
Saat ini Koalisi Perubahan membuka opsi beberapa nama termasuk kemungkinan untuk para kader Nahdlatul Ulama (NU) menjadi calon wakil presiden untuk Anies Baswedan.

”NU organisasi yang terbesar sangat layak apabila masyarakat mempertimbangkan itu sebagai suatu opsi," kata Sudirman Said saat ditemui awak media di Sekretariat Koalisi Perubahan, di Jalan Brawijaya X, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (24/3/2023).

Dirinya lantas membeberkan, setidaknya ada lima kriteria yang sepakati oleh Koalisi Perubahan untuk calon pendamping Anies Baswedan nantinya. ***

Editor:
Wahyu Abdillah

Kategori : Politik
wwwwww