Home > Berita > Umum

Kemenag Bengkalis Gelar Kampanye Halal Mandatory Nasional di Dua Lokasi

Kemenag Bengkalis Gelar Kampanye Halal <i>Mandatory</i> Nasional di Dua Lokasi
Sabtu, 18 Maret 2023 13:27 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Kegiatan Kampanye Halal Mandatory Nasional Kementerian Agama (Kemenag) RI digelar Kemenag Kabupaten Bengkalis Provinsi Riau di dua lokasi, Sabtu (18/3/2023).

Dua lokasi kampanye yang dilaksanakan serentak di 1.000 titik di Indonesia ini adalah Pasar Terubuk Jalan Kelapapati Laut dan Kafe Berlian Jalan Yos Sudarso. Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Bengkalis yang diwakili Asisten I Setda Bengkalis Andris Wasono mengucapkan syukur Alhamdulillah dan memberikan apresiasi program Kemenag RI ini. tersebut. Karena melalui upaya ini akan mempermudah bagi UMKM khususnya di Kabupaten Bengkalis untuk memiliki hasil produksi yang diakui halal layak dikonsumsi.

”Kami sangat mendukung sertifikasi ini, karena kita berharap semua produk makanan atau minuman halal untuk dikonsumsi. Dan Alhamdulillah Kementerian Agama RI sudah memberikan program, programnya sertifikasi halal yang gratis. Ini yang luar biasa oleh Kemenag, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan oleh smeua (pelaku) UMKM yang ada di Bengkalis, tidak hanya di Pulau Bengkalis tetapi seluruh di sebelas kecamatan yang ada di Kabupaten Bengkalis," ungkap Andris Wasono sembari menambahkan bahwa saat kampanye tadi dirinya menyaksikan ada produk-produk yang bersertifikasi halal.

Andris berharap, ke depan menjelang target yang diberikan oleh Kementerian Agama RI Oktober nanti, UMKM yang ada di Kabupaten ini yang sudah tersertifikasi halal dan ada label halal di produknya. Pemkab Bengkalis melalui Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperindag) juga telah berkolaborasi dengan pihak-pihak terkait, memfasilitasi para pelaku UMKM agar memperoleh sertifikat halal termasuk Standar Nasional Indonesia (SNI).

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama (Kakan Kemenag) Kabupaten Bengkalis H Khaidir didampingi Kasi Binmas Mahzum pula menjelaskan, program sertifikasi halal gratis Kemenag RI ini dengan harapan 1 juta sertifikasi halal gratis tahun 2023 yang mana masih adanya produk UMKM dan home industri masyarakat yang belum mampu tersertifikasi melalui pelayanan Kementerian Agama.

"Sehingga pada hari ini adalah salah satu kampanye yang sangat penting sehingga para pelaku UMKM dan home industri dapat meyakinkan para konsumennya dalam mengonsumsi produksi tadi,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan, tahun 2024 target nasional 10 juta sertifikasi halal sebagai program kerja Kementerian Agama RI melalui layanan halal produk mandatory nasional Kementerian Agama Program sertifikasi gratis bagi UMKM atau industri rumahan pada tahun 2023 ini akan berlangsung hingga 17 Oktober 2023 mendatang.

"Ada 71 petugas penyuluh untuk mendampingi pemilik usaha rumahan dalam mendapatkan sertifikat halal. Secara teknis, nanti penyuluh turun ke lapangan berkunjung ke tempat-tempat home industri seperti tempat produksi kerupuk, tahu, tempe, bakso dan lainnya. Pemilik usaha home industri bisa juga datang ke Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis (Jalan Kelapa Darat), menghadiri sosialisasi seperti hari ini atau mengakses situs resmi untuk mendaftar," terangnya.

Khaidir juga mengimbau kepada masyarakat para pelaku home industri agar proaktif memberikan respons dalam upaya untuk mendapatkan sertifikat halal gratis ini agar produk makanan dan minuman yang diproduksi terjamin halalnya, terjamin akan sisi kesehatannya, terjamin akan sisi konsutifnya sehingga tidak ada keraguan dalam pandangan agama terutama agama Islam," pungkasnya.

Selain Assisten I Setda Bengkalis Andris Wasono dan Kepala Kantor Kemenang H Khaidir, tampak hadir Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagperin) Bengkalis Zulfan, Dosen STAIN Muhammad Ilham dan beberapa mahasiswanya, penyuluh agama serta sejumlah undangan. ***
Asisten I Andris Wasono,.Kakan Kemenag H Khaidir, Kasi Binmas Mahzum, Kadis Dagperin Zulfan dan undangan lainnya saat Kampanye Halal Mandatory Nasional di Kafe Berlian, Sabtu (18/3/2023).

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww