Jaksa di Rokan Hilir Terima Uang Rp1 Miliar dari Keluarga Terdakwa Korupsi, Duit Apa?

Jaksa di Rokan Hilir Terima Uang Rp1 Miliar dari Keluarga Terdakwa Korupsi, Duit Apa?

Kepala Kejari Rokan Hilir menerima pengembalian kerugian negara dari korupsi pembangunan pelabuhan Bagansiapiapi. (F-LIPUTAN6.com)

Kamis, 09 Maret 2023 09:13 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Kejaksaan Negeri Rokan Hilir menerima uang senilai Rp983 juta lebih dari terdakwa korupsi pembangunan pelabuhan Bagansiapiapi. Uang itu bukanlah suap agar terdakwa Nathanael Simanjuntak lolos dari jeratan hukum melainkan pengganti kerugian negara pada kasus tersebut.

Uang dari perbuatan korupsi itu diterima Kepala Kejari Rokan Hilir Yuliarni Appy dari keluarga terdakwa tersebut. Selanjutnya dimasukkan ke Kantor Cabang Bank Rakyat Indonesia (BRI) Bagansiapiapi.

Yuliarni mengapresiasi sikap terdakwa Nathanael karena beriktikad baik mengembalikan kerugian negara dari proyek tahun 2018 itu. Pengembalian ini membuat total kerugian negara pembangunan pelabuhan sudah pulih. ”Adapun total keseluruhan yang telah dikembalikan terdakwa sudah Rp1.483.335.260,” jelas Yuliarni didampingi Kasi Pidsus Kejari Rokan Hilir, Herdianto, Selasa siang,

Sementara itu Herdianto mengatakan, persidangan terdakwa masih berlangsung sehingga belum berkekuatan hukum tetap. Pengembalian ini akan menjadi pertimbangan jaksa dalam hal meringankan. ”Menjadi pertimbangan dalam tuntutan nanti, hal yang sama juga akan menjadi pertimbangan majelis hakim dalam menjatuhkan putusannya,” ujar Herdianto, dilansir liputan6.com.

Dalam kasus ini, terdakwa Nathanael tidak sendirian. Perkara ini juga menjerat M Tito Rachmat Prasetyo yang merupakan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) yang sudah dinyatakan bersalah.

Nathanael telah dijebloskan ke penjara setelah dijemput paksa jaksa pada Jumat, 7 Oktober 2022 di Jakarta. Nathanael merupakan Direktur PT Multi Karya Pratama yang merupakan penyedia atau pelaksana kegiatan proyek bermasalah itu. ***

Editor:
Muhammad Amin Nasution

Kategori : Hukrim, Rohil
wwwwww