Home > Berita > Umum

Heran Bukan Main Siswa di NTT Masuk Sekolah Jam 5 Pagi, Anggota DPR: Anak-Anak Jangan Dijadikan Kelinci Percobaan!

Heran Bukan Main Siswa di NTT Masuk Sekolah Jam 5 Pagi, Anggota DPR: Anak-Anak Jangan Dijadikan Kelinci Percobaan!

Para siswa SMA di Kupang, NTT, masuk sekolah jam 5 pagi. (Sumber: TikTok @25jhuanasliaimere via LIPUTAN6.com).

Rabu, 08 Maret 2023 23:02 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com — Kebijakan siswa sekolah masuk jam 5 pagi benar-benar menjadi perhatian publik. Tak sedikit yang mempertanyakan urgensi dari kebijakan tersebut yang dinilai memberatkan bukan hanya siswa, tetapi juga para orang tua. Hal ini juga yang disoroti oleh Ketua Komisi X DPR RI Syaiful Huda yang mengaku tak setuju dengan kebijakan tersebut. ”Saya pada posisi tidak setuju,” ujarnya dalam keterangan yang diterima, Rabu (8/3/23).

Bukannya tanpa alasan, Huda menilai kebijakan ”Out of The Box” tersebut masih butuh kajian lebih mendalam. Alasan mengatur kedisiplinan menurut Huda juga tak bisa dijadikan patokan.

”Saya merasa masih butuh kajian yang matang menyangkut soal kebijakan ini. Misalnya, isunya kan soal ingin pendisiplinan, kan masih banyak hal selain harus mengubah jam masuk sekolah kan. Pendisiplinannya masih banyak yang lain," ungkap politisi Fraksi Partai Kebangkitan Bangsa (F-PKB) itu,” jelasnya, dilansir wartaekonomi.co.id.

Senada, Wakil Ketua Komisi X DPR RI Hetifah Sjaifudin menegaskan untuk mengevaluasi aturan wajib masuk sekolah pukul 5 pagi. Dirinya menyampaikan seharusnya sebelum menerapkan kebijakan tersebut, Gubernur NTT Viktor Laiskodat beserta elemen Pemerintah Provinsi NTT terkait melakukan uji coba dengan melibatkan aspirasi pengajar, ahli kesehatan, psikolog, dan para pakar terkait lainnya.

”Jangan anak-anak dijadikan kelinci percobaan. Bandingkan dengan Singapura, misalnya, performa akademik dan kemampuan memperhatikan atau menyimak pelajaran di sekolah meningkat saat mulainya tidak terlalu pagi. Karena, anak-anak sudah cukup istirahat dan mendapat asupan makanan dengan sarapan pagi," ucap politisi Fraksi Partai Golkar itu. ***

Editor:
Wahyu Abdillah

Kategori : Umum
wwwwww