Home > Berita > Umum

Bawaslu Bengkalis dan Tiga Fakultas di UIR Sepakat Bekerja Sama

Bawaslu Bengkalis dan Tiga Fakultas di UIR Sepakat Bekerja Sama
Senin, 06 Maret 2023 20:03 WIB
Junaidi Usman

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Setelah sebelumnya sukses menjalin kerja sama dan penandatanganan Memorandum of Agreement (MoA) bersama Fakultas Syariah dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau dan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) Universitas Riau (UR), kali ini Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Bengkalis kembali melakukan perjanjian kerja sama bersama pihak Universitas Islam Riau (UIR).

Selain penandatanganan MoA bersama tiga fakultas, yakni bersama Fakultas Hukum, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, serta Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Bawaslu Kabupaten Bengkalis bersama sejumlah Bawaslu kabupaten/kota se-Riau, juga melakukan penandatanganan MoU (Memorandum of Understanding) bersama pihak Rektorat UIR, dalam hal ini bersama Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi SH MCl, Senin (6/3/2023).

Kegiatan penandatanganan perjanjian kerja sama sekaligus Kuliah Umum dengan tema Sosialisasi Pengawasan Partisipatif Menuju Pemilu Demokratis di Universitas Islam Riau yang dipusatkan di auditorium lt IV Gedung Rektorat UIR, Pekanbaru tersebut, selain dihadiri Rektor UIR, para dekan serta civitas akademika dan mahasiswa, juga dihadiri Anggota Bawaslu Riau Hasan, serta para ketua dan Anggota Bawaslu kabupaten/kota yang melakukan penandatangan MoU dan MoA.

Dalam kegiatan tersebut, Anggota Bawaslu Riau Hasan dalam sambutannya menegaskan jika penyelenggaraan pemilu yang tahapannya sedang berlangsung saat ini, wajib untuk diawasi dan dikawal oleh setiap jajaran pengawas pemilu bagi memastikan tahapan pemilu berjalan sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.

”Bawaslu punya kewajiban berkaitan proses pengawasan ini, termasuk melakukan sosialisasi kepada masyarakat, kampus dan lain-lain,” sebut Hasan sembari menambahkan bahwa proses pengawasan diharapkan tidak hanya dilakukan Bawaslu saja, melainkan semua elemen masyarakat memiliki tanggung jawab yang sama bagi memastikan pemilu berjalan secara demokratis.

Sementara itu, Rektor UIR Prof Dr Syafrinaldi dalam sambutannya mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih atas kepercayaan Bawaslu Riau dan Bawaslu kabupaten/kota se-Riau kepada pihaknya selama ini, yakni kampus yang berbasis iman dan takwa, terutama kerja sama dalam menangani persoalan kepemiluan, seperti penanganan dugaan tindak pidana pemilu maupun pemilihan.

”Mengawasi adalah suatu pekerjaan yang sulit. Tidak hanya mengawasi pemilih, namun juga hal-hal lainnya. Oleh karena itu, UIR dengan segenap komponen yang ada dan didukung oleh sumber daya manusianya (94 doktor dan 11 di antaranya guru besar), siap membantu Bawaslu Provinsi Riau dan Bawaslu kabupaten/kota se-Riau dalam pengawasan partisipatif Pemilu dan pemilihan serentak tahun 2024,” kata Syafrinaldi, tegas.

Ketua Bawaslu Kabupaten Bengkalis Mukhlasin usai dilaksanakannya penandatangan MoU dan MoA tadi mengatakan, bahwa perjanjian kerja sama antara pihaknya bersama pihak rektorat UIR dan sejumlah fakultas yang ada di UIR adalah wujud kesadaran kedua belah pihak dalam peningkatan pengawasan partisipatif masyarakat, khususnya di kalangan civitas akademika pada penyelenggaraan Pemilu dan Pemilihan Serentak tahun 2024 khususnya di Kabupaten Bengkalis.

Selain dengan Bawaslu Kabupaten Bengkalis, penandatanganan MoU dan MoA tersebut juga dilakukan antara UIR dengan Bawaslu Kabupaten Kampar, Siak, Meranti, Dumai, Indragiri Hulu, dan Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww