Komisioner Bawaslu Riau Turun Langsung ke Desa di Indragiri Hilir, Minta Warga Kawal Hak Pilih

Komisioner Bawaslu Riau Turun Langsung ke Desa di Indragiri Hilir, Minta Warga Kawal Hak Pilih
Minggu, 05 Maret 2023 09:08 WIB
TEMBILAHAN, POTRETNEWS.com — Guna memastikan seluruh masyarakat yang telah memiliki hak pilih pada Pemilu tahun 2024 mendapatkan hak pilihnya, Anggota Bawaslu Provinsi Riau, Datuk Zulhidayat melaksanakan kegiatan Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih di Desa Sungai Luar, Kecamatan Batang Tuaka Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), Jumat (3/3/2023). Datuk Zulhidayat di sela-sela kegiatan pengawasan mengungkapkan bahwa Patroli Pengawasan Kawal Hak Pilih ini dilaksanakan sebagaimana instruksi Badan Pengawas Pemilihan Umum Republik Indonesia Nomor 4 tahun 2023.

”Bawaslu RI, Provinsi dan Kabupaten/Kota, sampai pada Panwascam dan PKD punya kewajiban pengawasan dalam mengawal hak pilih selama masa tahapan pemuktahiran data dan penyusunan daftar pemilih pada Pemilu tahun 2024,” tuturnya didampingi Kabag Penyelesaian Sengketa Gushendri Bawaslu Riau dan Anggota Bawaslu Kabupaten Indragiri Hilir, Andang Yudiantoro, serta Panwaslu Kecamatan Batangtuaka.

Sementara itu, Andang Yudiantoro menyatakan Bawaslu Inhil juga memberikan sosialisasi kepada masyarakat mengenai kesadaran akan status hak pilihnya mulai dari tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) hingga pelaksanaan pemungutan suara. Sasaran masyarakat difokuskan kepada masyarakat yang rentan dalam kerawanan hak pilih.

”Kami secara langsung mendatangi pemilih yang rentan berpotensi terabaikan hak pilihnya dan berpotensi disalahgunakan hak pilihnya seperti pemilih disabilitas, masyarakat adat, masyarakat yang tidak berdomisili sesuai dengan kartu tanda penduduknya serta masyarakat yang telah meninggal dunia namun masuk dalam data atau daftar pemilih di KPU, termasuk warga masyarakat yang sudah berpindah domisilinya.

Selain itu Bawaslu juga mendirikan Posko Kawal Hak Pilih di setiap Kantor Bawaslu dan Panwaslu Kecamatan,” ujarnya. ***(Rls)

Editor:
Muhammad Yusuf


Kategori : Politik, Inhil
wwwwww