Home > Berita > Umum

Datang ke Peringatan Isra Mikraj yang Digelar Warga Bengkalis di Siak, Bupati Ajak Hadirin Dukung Program Pemkab

Datang ke Peringatan Isra Mikraj yang Digelar Warga Bengkalis di Siak, Bupati Ajak Hadirin Dukung Program Pemkab

Ketua IKBSB Kabupaten Siak H Khaidir saat menyampaikan sambutan (atas). Ustazah Filusman Hasyim saat memimpin doa setelah memberikan tausiah (bawah), Selasa (28/2/2023).

Kamis, 02 Maret 2023 12:26 WIB
Junaidi Usman

SIAK, POTRETNEWS.com — Ikatan Keluarga Bengkalis Siak Bersatu (IKBSB) Kabupaten Siak, Riau menggelar Peringatan Isra Mikraj Nabi Muhammad SAW Tahun 1444 Hijriah, Selasa (28/2/2023).

Acara yang digelar di lantai dasar Gedung LAMR Kabupaten Siak ini mengangkat tema ”Dengan Semangat Isra Mikraj Mari Kita Kuatkan Ukhuwah Islamiyah, Ukhuwah Wathaniyah, dan Ukhuwah Insaniyah".

IKBSB dikukuhkan pada 11 Januari 2020 oleh Bupati Siak. Tujuan dari ikatan ini adalah untuk mempererat rasa persaudaraan dan kekeluargaan sesama warga Kabupaten Bengkalis di Kabupaten Siak. IKBSB beranggotakan berbagai suku bangsa, Melayu, Jawa, Minang, Banjar dan lainnya. Berbagai kegiatan yang dilaksanakan, acara wirid bulanan dari rumah ke rumah anggota IKBSB, pembagian masker gratis bagi masyarakat Siak kala Covid-19, pembagian sembako kepada keluarga miskin dan jompo, memberikan sumbangan sosial yang sakit, taksiah ke rumah anggota IKBSB, menghadiri pesta pernikahan anggota IKBSB, tour dan wisata religi ke Sumatera Barat dan memberikan sumbangan sekitar Rp15 juta ke salah satu masjid di Sungaiapit, serta melaksanakan peringatan Isra Mikraj sekaligus menyambut bulan Ramadhan 1444 Hijriah.

”Terima kasih banyak atas kehadiran bapak-bapak dan ibu-ibu semuanya, mudah-mudahan acara ini berjalan dengan baik dan lancar," kata Ketua Panitia, H Khaidir S dalam sambutannya seraya memuji kehadiran ibu-ibu anggota IKBSB yang mengenakan pakaian seragam.

Ketua IKBSB, H Khaidir di awal sambutannya mengucapkan syukur beriring selawat kepada Nabi Muhammad SAW. Selanjutnya, ucapan terima kasih kepada LAMR Kabupaten Siak yang telah memberikan izin menggunakan salah satu ruangan sebagai tempat acara tadi.

Ketua IKBSB sedikit kecewa atas ketidakhadiran pihak Pemkab Bengkalis memenuhi undangan dalam acara tersebut. ”Alhamdulillah, Pak Jamal dari Pekanbaru hadir untuk bertemu dengan kita. Kita juga mengundang tokoh-tokoh masyarakat Siak, Pak Amad, Pak Dasril, tokoh muda, Tatang. Wadah ini adalah wadah silaturahmi bukan seperti paguyuban kita bersifat sosial antara sesama anggota," kata Ketua IKBSB H Khaidir dalam sambutannya pula.

IKBSB Kabupaten Siak menetapkan visi ”Terwujudnya kebersamaan, persaudaraan, dan kepedulian yang hakiki sesama anggota melalui silaturahmi dan ukhuwah". Dan misi IKBSB pula ”Melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan, melaksanakan kegiatan pendidikan dan keagamaan, melaksanakan kegiatan kepemudaan, olahraga, seni budaya dan adat istiadat serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial lainnya".

Bupati Siak yang diwakili Asisten III, Jamaluddin dalam kesempatan itu mengajak hadirin mendukung program Pemkab Siak dengan cara bersikap ramah terhadap tamu yang datang. Selain itu kepada UMKM Jamaludin berharap menjual barang-barang dengan harga standar, tidak mahal. ”Barangkali ini salah satu faktor sehingga ramahnya orang datang ke Siak," ucap Jamaluddin.

Selanjutnya, Ustaz Filusman Hasyim,Lc dalam tausiahnya mengajak hadirin bersholawat kepada Junjungan Alam, Muhammad SAW. ”Nabi dulu selalu bebual dengan Malaikat Maut. Ketika berjumpa Malaikat Maut, nabi bertanya wahai Malaikat Maut kenape engkau selalu datang mendadak, sepatutnye beghi tau, bio kami siap-siap. Sebelum engkau datang, adekah mengirim utusan? Malaikat Maut menjawab wahai nabi, demi Allah sesungguhnye utusan itu ade di langit tetapi kebanyakan manusie tidak mengenal," kata Ustadz Filusman dalam dialek Melayu Pesisirnya yang disebutkan Ustadz Filusman kelahiran Kembung Luar, Bengkalis ini, utusan itu di antaranya tumbuhnya uban. ***

Kategori : Umum, Siak, Bengkalis
wwwwww