Home > Berita > Umum

Meski Gerimis, LT III Lancar Dibuka Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bengkalis

Meski Gerimis, LT III Lancar Dibuka Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka Bengkalis

Ketua Harian Kwarcab Gerakan Pramuka Bengkalis memasangkan tanda peserta LT III secara simbolis, Rabu (01/03/2023). (F-POTRETNEWS.com/JUNAIDI USMAN)

Rabu, 01 Maret 2023 20:52 WIB
Junaidi Usman
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Lomba Tingkat III (LT III) Kwartir Cabang 0404 Gerakan Pramuka (Kwarcab 0404 GP) Bengkalis resmi dibuka Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Bengkalis, Rabu (01/03/2023) petang. Meskipun cuaca mendung serta gerimis di Bumi Perkemahan (Buper) Pawang Perkasa, Jalan Assalam Kelapapati Darat, Desa Kelapapati, Bengkalis, Riau, namun tidak menghalangi adik-adik peserta lomba untuk mengikuti upacara dari awal sampai selesai.

Ketua Panitia, Kak Jefrianas dalam laporannya mengatakan, Lomba Tingkat merupakan pertemuan Pramuka Penggalang dalam bentuk perlombaan, baik regu maupun perseorangan dalam satu regu Penggalang yang dilaksanakan berjenjang, dari tingkat I hingga tingkat V.

“Dari Lomba Tingkat III ini nantinya akan didapatkan Regu Berprestasi Tinggi yang akan mewakili Kwartir Cabang Bengkalis dalam Lomba Tingkat IV yang diselenggarakan oleh Kwartir Daerah (Kwarda) 04 Riau,” kata Kak Jefrianas.

Peserta LT III tahun 2023 yang akan berjuang mendapatkan gelar regu berprestasi tinggi selama empat hari mulai Rabu sampai Sabtu, 1-4 Maret 2023 adalah Kwaran Bengkalis, Bantan, Siak Kecil, Rupat, Rupat Utara, Mandau, Pinggir, dan Kwaran Talang Muandau. Masing-masing kwaran mengirim 1 regu putra serta 1 regu putri yang terdiri 8 orang Pramuka Penggalang di setiap regu. Setiap regu itu didampingi 1 orang pendamping, sesuai putra dan putri regu tadi.

“Untuk Kwaran Bukit Batu, Bandar Laksamana dan Kwaran Batin Solapan dalam LT III tahun 2023 kali ini tidak mengirimkan pesertanya. Jumlah keseluruhan 144 orang,” tuturnya.

Kakwarcab Bengkalis dalam sambutannya pula mengatakan, LT III merupakan kegiatan yang paling bergengsi. Apalagi seperti diketahui bersama bahwa kondisi dan permasalahan generasi muda semakin hari semakin kompleks, sehingga diperlukan peran serta dari berbagai pihak, termasuk di dalamnya peran Gerakan Pramuka dalam rangka mengatasi permasalahan tersebut.

“Hal ini sesuai dengan Tri Satya yang kedua berbunyi menolong sesama hidup dan ikut serta membangun masyarakat,” kata Kakwarcab yang diwakili Ketua Harian Kak H Muhammad Fadhli.

Kakwarcab, kata Kak Fadhli, memberikan apresiasi kepada adik-adik peserta, panitia penyelenggara yang telah bekerja keras demi menyukseskan kegiatan LT III tersebut. Ucapan terima kasih juga disampaikannya kepada semua pihak atas perhatian dan partisipasinya sehingga Lomba Tingkat Regu Penggalang III Gerakan Pramuka Bengkalis tahun 2023 dapat terselenggara dengan baik.

“Kita berharap pelaksanaan kegiatan ini dapat menjadikan momentum untuk bergerak maju guna yang membawa Gerakan Pramuka ke arah yang lebih maju di Kabupaten Bengkalis,” harapnya mewakili Kakwarcab Kak Bustami, yang tidak hadir karena ada kegiatan lain yang tidak bisa diwakilkan.

Terakhir, Kak Fadhli berpesan kepada para peserta agar dapat menjaga kekompakan, teamwork, serta jangan lupa senantiasa berdoa.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww