Buka MTQ tingkat Pelajar se-Sumatera, Ini Harapan Gubernur Syamsuar!

Buka MTQ tingkat Pelajar se-Sumatera, Ini Harapan Gubernur Syamsuar!

Gubri Syamsuar menekan tombol sirene sebagai tanda dibukanya secara resmi MTQ ke-V tingkat pelajar se-Sumatera, Selasa (21/2/2023) malam. (F-IST)

Selasa, 21 Februari 2023 22:39 WIB
ROKAN HILIR, POTRETNEWS.com – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar menghadiri pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-V tingkat pelajar se-Sumatera, Selasa (21/2/2023) malam. Acara pembukaan berlangsung di Lapangan Bola Kampus Hijau Pondok Al Quran Al Majidiyah, Bagan Batu, Kecamatan Bagansinembah, Kabupaten Rokan Hilir. MTQ tingkat pelajar ini dibuka secara resmi oleh Gubri Syamsuar yang ditandai dengan penekanan tombol sirene. Bersamaan dengan itu, ditampilkan pula atraksi kembang api yang menghiasi langit Negeri Seribu Kubah.

Pada sambutannya, Gubernur Riau Syamsuar menjelaskan bahwa MTQ merupakan salah satu bentuk kegiatan pengembangan syiar Islam dan ikhtiar yang mengagungkan kalam Ilahi untuk meneguhkan kesuciannya, memperkuat keimanan, dan memperluas fungsi edukatif kitab suci Alquran bagi segenap manusia.

“Membaca Alquran termasuk amal yang sangat mulia dan mendapatkan pahala. Alquran adalah sebaik-baik bacaan bagi orang mukmin, baik di kala senang maupun di kala susah, di kala gembira ataupun di kala sedih, bahkan membaca Alquran menjadi obat dan penawar bagi orang yang gelisah jiwanya,” kata Syamsuar.

Generasi muda yang terlibat dalam kegiatan ini diharapkan memiliki pemahaman yang benar tentang isi kandungan Alquran. Selain itu, generasi Islam harus ditanamkan pemahaman yang benar tentang bagaimana Islam memandang keragaman dalam masyarakat, menekankan tujuan penciptaan manusia bersuku-suku dan berbangsa-bangsa, untuk saling mengenal dan saling menghormati satu sama lain.

Untuk itu Gubri berharap dengan terselenggaranya MTQ tingkat pelajar ini dapat menjadi sarana meningkatkan gairah generasi muda dan pelajar.

“Semoga kegiatan ini menambah gairah generasi muda dalam membaca, menghafal dan memahami dan menghayati Alquran, yang pada akhirnya mampu mengamalkan dalam kehidupan sehari-hari,” tuturnya.

Ketua Pondok Al Quran Majidiyah, HM Hendra Gunawan SH, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau Syamsuar dan tamu undangan lain yang telah hadir pada pembukaan Musabaqah Tilawatil Quran ke-V tingkat pelajar se-Sumatera.

Ia mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka syukuran Pondok Pesantren Quran Majidiyah yang ke-30 tahun, dengan mengundang sejumlah pondok pesantren se-Sumatera.***

Kategori : Pemerintahan, Riau
wwwwww