Home > Berita > Umum

Selama Sepekan Pimpinan Ponpes Al-Amin Dumai Kunjungi Jepang

Selama Sepekan Pimpinan Ponpes Al-Amin Dumai Kunjungi Jepang

Kiai W Zainal Abidin di salah satu bangunan yang masih berdiri akhibat dampak Bom Atom Hiroshima 6 Agustus 1945, Sabtu (28/01/2023). (F-ISTIMEWA)

Minggu, 12 Februari 2023 16:32 WIB
Junaidi Usman

DUMAI, POTRETNEWS.com — Rasa syukur yang mendalam bagi seorang Kiai W Zainal Abidin Pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes Al Amin Dumai), Riau menjadi salah seorang tamu dalam kegiatan Pesantren Leaders Visit To Japan.

Selama sepekan, sejak Selasa, 24 Januari hingga Rabu, 1 Februari 2023 kemarin, Kiai W Zainal Abidin bersama seluruh peserta yang terdiri dari 9 Kiai, ustadz/ustadzah yaitu 1 dari Pondok Modern Al Kautsar Pekanbaru, 1 dari Sumatera Utara, 1 dari Sumatera Barat, 1 dari Kepulauan Riau, 1 dari Lampung, 2 dari Jawa Barat dan 1 dari Jawa Tengah mengikuti seluruh agenda yang dilaksanakan oleh Kedutaan Besar (Kedubes) Jepang di Indonesia. Hari pertama, Rabu (25/01/2023) para tamu Negeri Sakura ini dibawa berkunjung ke Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kinuta Minami.

Di sekolah ini, mereka kagum melihat penataan dan manajemen sekolah yang sangat rapi dan mengedukasi, juga sempat melihat lihainya jemari para siswi memainkan alat musik Shamisen atau Kecapi. Agenda dilanjutkan dengan jamuan makan siang yang digelar Kedubes RI di Jepang. Dalam kesempatan ramah tamah, Dubes RI minta dukungan dari tamu rombongan untuk pendirian Ponpes di Negeri Matahari Terbit ini dan tentunya mendapat apresiasi dari rombongan Para Kyai Ustadz Ustadzah di Indonesia yang hadir dalam kesempatan itu.

Sementara, jamuan makan malam pula digelar Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Jepang yang juga diisi dengan ramah tamah para Kyai Ustadz dan Ustadzah bersama staf Kemlu yang fasih berbahasa Indonesia. Keesokan harinya, tamu-tamu dari Indonesia mengunjungi Sekolah Dasar (SD) Higashi Fukazawa.

Di sini terlihat anak-anak para pelajar sangat disiplin, dilatih saling berbagi sejak dini dan peduli terhadap kebersihan lingkungan. Dari SD ini, rombongan menuju pertanian green house dengan budidaya strowberi jenis baru yang dikelola dengan teknologi sehingga hanya dikelola hanya oleh satu orang Jum'at (27/01) tepatnya hari ketiga, rombongan berkunjung pula ke Sekolah Internasional Yuai tempat bersekolahnya anak-anak Muslim dari berbagai negara.

Agenda berlanjut dengan pertemuan dialog dengan Muslim Jepang di Masjid Camii Tokyo yang menjadi tempat sholat Jumat rombongan tersebut. Keesokan harinya menuju Hiroshima, sebuah kota sejarah kelam penuh luka atas tragedi bom atom ceritanya abadi di Museum Peringatan Perdamaian Hiroshima menjadi lokasi kunjungan pada Sabtu (28/01). Sebuah Monolog Korban Bom Atom pula yang dipersembahkan khusus kepada para Kyai rombongan dari Indonesia.

Hari keempat sore dan ke lima, Sabtu, Ahad dan senin rombongan dibawa mengunjungi home stay. Ada 1 tamu satu rumah ada juga yang 2 tamu satu rumah. Kyai Zainal bersama Kyai Rahmat dari lampung di homestay yang dikelola oleh bapak dan ibu dengan usia lanjut, 70an tahun namun tetap masih kuat beraktiftas seperti masih muda. Hari ahad Beliau berdua diajak mengunjungi pulau Miyajima, aneka kuliner, kebudayaan Jepang dan green house warga didekat homestay.

Pada senin pagi juga diajak melihat lahan pertanian yang di kelola orang tua Ibu Homestay, karena musim dingin yang ditanam hanya daikon, bawang merah, wortel dan bean dilahan open field warga setempat. Hari terakhir di Jepang, Selasa (31/01/2023) kegiatan diisi dengan Dialog Lintas Agama, Matsuyama sang Wakil Pendeta Kuil Taizo-in.

Berakhirlah program Pesantren Leaders Visit To Japan pada hari rabu 1 Februari 2023 setelah mendarat di bandara soekarno-hatta di sore harinya dilanjutkan malam dengan laporan kegiatan yang di presentasikan dalam 2 bidang, presentasi terkait bidang Pendidikan dan bidang pertanian di hotel four Point Thamrin Jakarta bersama Wakil Kedubes Jepang dan pihak PPIM UIN Jakarta. Berakhirlah kegiatan ini berdasarkan hasil kunjungan pihak Kedubes Jepang dan Pusat Pengkajian Islam dan Masyarakat Universitas Islam Negeri Jakarta.

Sebagai hasil visit dan wawancara tersebut, dituangkan dalam surat nomor 260 S-8/PPIM-UIN/XII/2022 tertanggal 20 Desember 2022, bahwa Kiai W Zainal Abidin Pimpinan Ponpes Al Amin Dumai terpilih bersama 9 Pimpinan Ponpes lainnya mengikuti Program Pesantren Leaders Visit to Japan tersebut. Program ini telah dilaksanakan sejak tahun 2004 dan tahun 2020 ditiadakan karena Covid-19.

Fokus kegiatan ini selain untuk mempererat hubungan baik Indonesia dan Jepang yang sudah terjalin selama 65 tahun, juga untuk mengenal lebih dekat kebudayaan masyarakat Jepang, terkhusus untuk secara langsung melihat di sisi pendidikan dan pertanian.

"Sangat bahagia dan bersyukur bahwa rencana kegiatan baik ini mendapatkan dukungan dan semangat luar biasa dari Gubernur Riau H Syamsuar melalui Asisten 1 H Masrul Kasymi, Kadis PTPH Riau Syahfalefi juga Walikota Dumai H Paisal melalui Sekda Dumai H Indra Gunawan, Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian Dumai Nurzerwan melalui Kabid TPH Syafrizal, Camat Dumai Barat, Lurah Bagan Keladi, Kakan Kemenag Dumai yang diwakili Drs Alfian, Kapolres Dumai AKBP Nurhadi Ismanto dan Dandim Dumai Letkol Arh Hermansyah Tarigan, seluruh keluarga besar Ponpes Al Amin untuk menjalin kerja sama dan hubungan baik antara Ponpes Al Amin Dumai, Pemko Dumai erintah dan Pemprov Riau dengan pihak kedutaan Jepang dalam berbagai bidang terutama di bidang pendidikan dan pengembangan sektor pertanian atau ekonomi hijau wabil khusus di Provinsi Riau," kata Kiai W Zainal Abidin kepada potretnews.com, Ahad (12/02/2023) pagi menjelang siang melalui pesan WhatsApp. ***

Kategori : Umum, Dumai
wwwwww