Home > Berita > Umum

Mau Tahu Siapa Pemilik Bus PMTOH yang Rutenya Medan-Solo? Ini Orangnya

Mau Tahu Siapa Pemilik Bus PMTOH yang Rutenya Medan-Solo? Ini Orangnya
Sabtu, 11 Februari 2023 08:20 WIB

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Siapa pemilik bus PMTOH? Inilah orangnya. Para busmania tentu sangat kenal dengan salah satu bus legendaris yang masih eksis hingga kini Perusahaan Motor Transport Ondernemer Hasan atau PMTOH. PMTOH merupakan satu dari segelintir bus yang berdiri sejak 1950 an dan bertahan hingga kini di tengah kerasnya persaingan antar perusahaan otobus.

Dilansir okezone.com, PMTOH didirikan pada tahun 1957 oleh Toke Hasan. Pada perjalanannya, PMTOH pernah sempat berhenti beroperasi pada periode 1960. Namun setelah empat tahun berselang, perusahaan ini kembali beroperasi dengan sistem manajemen yang baru.

PMTOH merupakan perusahaan bus asal Sumatera yang membuat trayek jarak jauh hingga pulau Jawa. Pembukaan trayek hingga jawa ini dimulai pada periode tahun 1986. Dengan demikian PMTOH menjadi salah bus dengan rute terpanjang di Indonesia. Dengan trayek terpanjangnya adalah Medan-Solo dengan jarak tempuh mencapai 2.524 km dan waktu tempuh mencapai 55 jam.

Saat ini PMTOH juga sudah menembus berbagai kota-kota besar di sepanjang Sumatera dan Jawa dalam rutenya seperti Medan, Pekanbaru, Palembang, Lampung, Jakarta, Solo, dan Yogyakarta. Perusahaan otobus asal Aceh ini kini telah diturunkan ke generasi ketiga. Dimana sejak didirikan oleh Toke Hasan, kemudian dilanjutkan oleh sang anak Abdul Hamid Hasan dan kini tengah dikelola oleh sang cucu Jumadi Hamid.

Pada kurun waktu 1986 hingga 2000 merupakan masa kejayaan perusahaan buas asal Tanah Rencong, Aceh ini. Namun adanya persaingan bisnis yang semakin keras, ditambah dengan adanya maskapai penerbangan dengan biaya rendah (Low Cost Carrier) membuat PMTOH menutup sejumlah trayek dan mengefisienkan bisnisnya.

Nama PMTOH kerap menjadi plesetan oleh segelintir orang dengan mengartikannya sebagai “Pak Minta Tolong Ongkos Habis”. Hal ini tidak terlepas dari kebiasaan baik yang diterapkan oleh PMTOH. Bus PMTOH kerap kali membantu perantau asal Aceh yang terlantar di Jawa karena tidak memiliki ongkos untuk pulang ke kampung halaman. Bukan hanya memberi tumpangan, namun PMTOH juga kerap mengajak para penumpang itu untuk turut menyantap hidangan bersama seluruh kru dari PMTOH. Menurut Jumadi Hamid selaku pemilik saat ini, hal seperti itulah yang membuat PMTOH terus sukses. ***

Editor:
Wahyu Abdillah

Kategori : Umum
wwwwww