Home > Berita > Umum

Pidato di HPN 2023, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Lapor ke Presiden Jokowi: Pers Tertua Lahir dari Sumut Loh Pak!

Pidato di HPN 2023, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi Lapor ke Presiden Jokowi: Pers Tertua Lahir dari Sumut Loh Pak!

Gubernur Sumut Edy Rahmayadi memberi sambutan pada puncak HPN 2023 di Gedung Serbaguna Pancing, Deli Serdang, Kamis (09/02/2023). (F-MEDANBISNISDAILY.com)

Kamis, 09 Februari 2023 13:37 WIB
JAKARTA, POTRETNEWS.com — Dengan semangatnya, Gubernur Sumatera Utara, Edy Rahmayadi, menyapa Presiden RI, Joko Widodo (Jokowi), dan seluruh tamu, undangan dan peserta puncak Hari Pers Nasional (HPN 2023). Gubernur Edy Rahmayadi didaulat memberi sambutan sebelum Ketua PWI Pusat, Atal S Depar, dan Presiden Jokowi, di Gedung Serbaguna (GSG) Jalan Williem Iskandar, Pancing, Deli Serdang, Kamis (09/02/2023). Edy Rahmayadi mantan Pangkostrad itu antara lain dalam sambutannya melaporkan kepada Presiden Jokowi bahwa pers tertua di Indonesia sebenarnya berasal dari Sumut. ”Kami laporkan Pak Presiden, kami juga baru tahu, bahwa pers yang tertua di Indonesia ini, adalah berasal dari Sumatera Utara, ini berkahnya HPN, kalau tidak HPN, saya juga belum tahu Bapak Presiden," ungkap Gubernur Edy, dilansir medanbisnisdaily.com.

Pers tertua yang dimaksudkan Gubernur Edy Rahmayadi adalah Surat Kabar Benih Merdeka, yang lahir di Sumut pada tahun 1986. Edy Rahmayadi juga mengucapkan selamat merayakan Hari Pers Nasional bagi seluruh insan pers dan menyampaikan selamat datang di Provinsi Sumut, provinsi pelopor pers di Indonesia dalam upaya meraih kemerdekaan dari pendudukan kolonial melalui produk jurnalistik.

”Dan hari ini apabila semua insan pers berkumpul di sini, maka tugas kita saat ini adalah untuk mengisi kemerdekaan dengan pembangunan," sebut Edy Rahmayadi.

Ia berpesan kepada semua insan pers yang hadir untuk dapat menulis hal-hal yang positif tentang Sumut, apakah tentang kulinernya, budaya, pariwisata dan potensi-potensi ekonomi, yang akan memberikan citra bagi investor dan wisatawan, untuk datang ke Sumut. "Sebagaimana juga harapan Bapak Presiden Joko Widodo agar kita bisa meningkatkan investasi dan pariwisata di daerah, salah satunya promosi melalui produk-produk jurnalistik," kata Gubernur Edy.

Sementara itu, Ketua PWI Pusat, Atal S Depari, mengapresiasi Gubernur Sumut Edy Rahmayadi atas dukungannya pada pelaksanaan HPN 2023. "Syukur, Provinsi Sumut telah berkenan jadi tuan rumah," ujar Atal.

"Pak gubernur support habis pelaksanaan HPN, memikirkan segala rupa persiapan HPN, sampai sampai beliau (Edy Rahmayadi) tidak nyenyak tidur. Beliau bertekad HPN Sumut harus sukses. kami bangga dengan tekad beliau," sambung Atal.

Ditambahkan Atal, Sumut merupakan bagian penting menjadi sejarah pers Indonesia. "Di Sumut lahir pelopor pers Indonesia, lahir media legendaris, lahir wartawan pejuang yang menghidupkan perjalanan pers Indonesia," katanya.

Adapun puncak HPN 2023 juga dihadiri Menko Polhukam Mahfud MD, Menteri Kominfo Johnny G Plate, Panglima TNI Yudo Margono, Kapolri Listyo Sigit, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua Dewan Pers Ninik Rahayu, Ketua PWI Atal S Depari.

Hadir juga para duta besar negara sahabat, kepala daerah se-Indonesia, wartawan se-Indonesia, para pelajar, mahasiswa, serta para tamu dan undangan lainnya.***

Editor:
Akam Sophian

Kategori : Umum
wwwwww