Home > Berita > Umum

Santai Malam di Taman Kehati Unilak, Gubernur Syamsuar Berharap Jadi Destinasi Wisata dan Edukasi

Santai Malam di Taman Kehati Unilak, Gubernur Syamsuar Berharap Jadi Destinasi Wisata dan Edukasi
Rabu, 08 Februari 2023 10:25 WIB
Ofika Rahmat Julias
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar bersama Ketua TP PKK Riau Misnarni Syamsuar mengunjungi sekaligus menikmati santai malam di Taman Kehati dan Ekoriparian Universitas Lancang Kuning (Unilak), Selasa (7/1/23) malam. Untuk diketahui pembangunan Taman Kehati dan Ekoriparian di Unilak di bangun oleh Pertamina Hulu Rokan (PHR). Program dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) ini merupakan kontribusi nyata dari kerja kolaborasi multipihak untuk menjaga lingkungan.
Dari hasil riset diketahui terdapat sekitar 173 spesies di Taman Kehati Unilak, yang diantaranya juga termasuk spesies langka dan dilindungi.

Saat tiba di Unilak, Gubri disambut langsung oleh Ketua Yayasan Raja Ali Haji Prof Dr Irwan Effendi, Wan Dedi Yudistira Manager External Communications & Stakeholder Relations South PHR.

Mantan Bupati Siak ini kemudian mendapat penjelasan tentang pembangunan taman Ekoriparian dari tim PHR. Turut mendampingi Wakil Rektor I Dr Zamzami, Wakil Rektor II Hardi SE MM, Wakil Rektor III Dr Bagio Kadaryanto, dan Dekan Fakultas Kehutanan Dr Eno Suwarno.

Lampu-lampu yang tersebar di pinggir telaga dan taman membuat Gubri menikmati suasana malam, saat itu juga Gubri bersama Kadis Kehutanan Riau Mamun Murod berjalan kaki di pedestrian yang ada di pinggir danau dan bekeliling. Usai melihat dan berkeliling taman, Gubri kemudian duduk santai bersama Prof Irwan Effendi dan Wan Dedi, hidangan teh tarik hangat, obrolan dan canda tawa, membuat rombongan Gubri menikmati suasana malam Taman Kehati dan Ekoriparian Unilak.

Lebih dari 1 jam Gubri dan Istri berada di Taman Kehati dan Ekoriparian Unilak. Saat ditemui, Gubri menyampaikan apresiasi dan menyambut baik kehadiran taman tersebut. Ia menginginkan, dengan adanya Taman Kehati dan Ekoriparian Unilak ini dapat menjadi destinasi wisata baru bagi masyarakat yang ada di Kota Pekanbaru.

”Jadi mudah-mudahan ini sudah selesai nanti bisa juga menjadi destinasi wisata baru yang ada di Kota Pekanbaru, " katanya. Selain itu, orang nomor satu di Provinsi Riau tersebut juga mengharapkan setelah selesainya pembangunan taman tersebut, maka diharapkan sekaligus ini bisa dijadikan taman edukasi. Sebab dalam rencana pembangunannya, Taman Kehati dan Ekoriparian di Kampus Unilak berdekatan dengan Arboretum Unilak yang kaya akan tumbuhan dan keanekaragam hayati. Dengan begitu terangnya, nantinya akan ada wisata edukasi terutama bagi generasi muda Riau, yang sekarang tidak tahu jenis kayu apa, pohon-pohon langka ada di sini.

”Karena tadi kami sudah dengar apa yang disampaikan Dekan Kehutanan Unilak, keinginannya banyak sekali tanaman pohon hutan yang sekaligus tentunya menjadi taman edukasi terutama bagi generasi muda sekarang dia tidak tahu ini kayu apa,” ujarnya.

Oleh karena itu Syamsuar mengajak masyarakat jika ingin mengenal kayu hutan ini bisa langsung berkunjung ke Unilak. ”Jika anda berkunjung ke Pekanbaru sayang kalau anda tidak berkunjung ke Unilak, karena ada Taman Kehati dan Ekoriparian Unilak sangat luar biasa,” ujar Gubri.

Sementara itu Rektor Unilak Dr Junaidi mengucapkan terima kasih kepada Gubernur Riau dan Istri yagn telah mengunjungi Taman Kehari Ekoriparian. Kehadiran Gubri tentu menjadi semangat bagi Unilak untuk terus mendukung konservasi. Kami secara khusus mengucapkan terima kasih kepada Pertamina Hulu Rokan dan Kementerian Lingkungan dan Kehutanan yang telah membantu dan menghadirkan Taman Ekoriparian di bangun di Unilak.

”PHR banyak membantu kampus Unilak, bantuan dari PHR mampu meningkatkan iklim akademik bagi Unilak dan memberikan manfaat kepada dunia pendidikan Riau,” pungkas Junaidi. ***

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww