Home > Berita > Umum

Lewat Kolaborasi, Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Guru PPPK Berjalan Lancar

Lewat Kolaborasi, Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Guru PPPK Berjalan Lancar

Pelaksanaan seleksi kompetensi jabatan fungsional guru PPPK P4 di Kabupaten Bengkalis, berjalan dengan lancar. (F-POTRETNEWS.com/JUNAIDI USMAN)

Kamis, 19 Januari 2023 21:56 WIB
JUNAIDI USMAN
BENGKALIS, POTRETNEWS.com – Pelaksanaan Seleksi Kompetensi Jabatan Fungsional Guru Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) Prioritas Empat (P4), di Kabupaten Bengkalis, Rabu dan Kamis, 18-19 Januari 2023 berjalan dengan lancar.
Pengawas Utama Seleksi Kompetensi Guru PPPK P4, Khairudin SPd MM dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbud Ristek RI) mengatakan, pelaksanaan seleksi sesuai dengan SOP (Standart Operating Procedur, red) yang diterimanya.

Ia mengatakan, sejauh ini dirinya sudah menjalankan tugas sebagai pengawas utama, yang pada intinya adalah harus berada di tempat pada H-1 untuk melakukan peninjauan. Pertama, meninjau lokasi seleksi kompetensi itu dilaksanakan, begitu juga menyangkut dengan MCK, lapangan parkir, ruang istirahat, ruang tunggu, dan ruangan proses pelaksanaan seleksi kompetensi.

“Sesuai dengan apa yang kami sampaikan, apa yang telah ditugaskan kepada kami selaku pengawas utama dalam pelaksanaan Seleksi Kompetensi PPPK Jabatan Fungsional Guru Tahun 2022, ini merupakan tanggung jawab yang besar. Karena semua konsekuensi apapun yang terjadi di lapangan, baik itu boleh atau tidak boleh dilaksanakan, adalah tanggung jawab dari pengawas utama,” ungkapnya, saat ditemui di waktu istirahat siang di taman halaman SMKN 1 Bengkalis, Kamis (19/1/2023).

Prosesnya dimulai dari H-1 sampai H+1. Pengawas utama tetap berada di tempat dan tidak diperbolehkan untuk meninggalkan lokasi, karena pengawas utama merupakan tangan kanan atau yang mewakili Dirjen GTK Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia.

"Inilah yang menjadi prioritas, jadi penyambung lidah dalam proses pelaksanaan seleksi kompetensi. Sehingga nantinya kegiatan seleksi di Kabupaten Bengkalis, terutama untuk TUK (Tempat Ujian Kompetensi) di SMKN 1 Bengkalis berjalan dengan lancar,” ucapnya kepada potretnews.com.  

“Semoga ini menjadikan suatu momen ke depan dan nanti akan menjadi suatu proses, bagaimana guru-guru itu nanti akan menjadi orang yang betul-betul mempunyai kompetensi,” katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis yang diwakili Ispandi SPd, mengucapkan syukur karena pelaksanaan seleksi kompetensi di hari kedua ini berjalan lancar. Mewakili Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, dirinya pun mengucapkan terima kasih kepada perwakilan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia yang telah dapat melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya dalam pengawasan, serta tanggung jawab utama di Kabupaten Bengkalis.

Ia mengatakan, Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis ditunjuk sebagai penanggungjawab dari pelaksanaan seleksi kompetensi ini oleh Dinas Pendidikan Provinsi Riau, yang juga dibagikan kepada Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bengkalis. “Sehingga kami dapat berkolaborasi dalam pelaksanaan seleksi kompetensi ini,” ucapnya.

Dinas Pendidikan Kabupaten Bengkalis, lanjutnya, berkomitmen untuk melaksanakan seleksi kompetensi ini. “Mudah-mudahan tidak ada kendala apapun, kita bermohon kepada Allah SWT supaya berjalan lancar, kemudian kita harapkan yang mengikuti ini bisa lulus dengan baik dan bisa terangkat semuanya sebagai guru PPPK, sesuai dengan kompetensi yang telah diukur dalam pelaksanaan seleksi kompetensi ini,” tuturnya.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Kepala SMKN 1 Bengkalis, Joko Sarwotho SPd, kepada Dinas Pendidikan Provinsi Riau, karena telah memberi kepercayaan kepada SMKN 1 Bengkalis sebagai lokasi TUK di Kabupaten Bengkalis. “Kemudian, juga saya ucapkan terima kasih kepada Dinas Pendidikan Bengkalis serta BKPP Bengkalis yang solid bekerja sama agar ujian PPPK ini berjalan lancar sesuai dengan yang diharapkan.

Disampaikan Joko, pelaksanaan ujian sejak hari pertama hingga saat ini, tidak ada kendala. “Cuma sesi pertama ada 4 peserta yang tidak hadir, dan sesi kedua 5 peserta yang tidak hadir. Kemudian, hari ini juga tidak ada kendala,” ucapnya.

Sebanyak 421 peserta ikut dalam seleksi kompetensi di Kabupaten Bengkalis dengan rincian 240 peserta mengikuti seleksi di SMKN 1 Mandau, dan 181 peserta di SMKN 1 Bengkalis. Pelaksanaan seleksi dipantau petugas dari Dinas Pendidikan Provinsi Riau, serta Ediyarsyah SH MPA dari BKPP Kabupaten Bengkalis.

Pantauan di lapangan, pelaksanaan seleksi berjalan lancar. Fasilitas dan pelayanan yang diberikan panitia cukup memuaskan. Selain ruang seleksi yang full AC, tersedia pula air mineral di sekitar taman sekolah. Air tersebut disiapkan bagi peserta maupun keluarga yang mengantarkan.

Begitu juga dengan pelayanan. Panitia pelaksana yang merupakan guru SMKN 1 terlihat menyambut ramah para peserta. Para petugas dengan senang hati melayani semua pertanyaan dari peserta terkait kendala dan lain sebagainya. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww