Home > Berita > Umum

Wisatawan Asal Sumut Keheranan, Penanda Titik 0 Km Batam Tercantum di Papan

Wisatawan Asal Sumut Keheranan, Penanda Titik 0 Km Batam Tercantum di Papan
Selasa, 17 Januari 2023 19:06 WIB
Abdul Roni
BATAM, POTRETNEWS.com — Pesona wisata Pulau Batam memang sangat memikat bagi siapa pun yang belum pernah ke sana dan hanya mendengar cerita dari orang yang sudah menjejakkan kaki di kota yang dikenal sebagai Kota Industri itu. Demikian halnya yang dialami Oken Hartanto (55), wisatawan asal Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara, yang bercerita mengenai keseruan berlibur ke Pulau Batam. Dia berkunjung ke Batam ditemani oleh dua rekannya.

”Saya baru pertama kali ini ke Batam. Senang rasanya melihat kota yang maju ini. Bersih dan jalanannya bagus," ujarnya kepada awak potretnews melalui aplikasi pesan singkat, Selasa (17/1).

Tidak hanya di situ, Oken juga bercerita bahwa mereka menyempatkan melintasi Jembatan Barelang (Batam-Rempang-Galang) yang sangat digemari wisatawan untuk sekedar berfoto. Jembatan itu berjumlah sebanyak 6 unit yang menghubungkan pulau-pulau yaitu Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru di daerah Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Maka tak heran jika untuk mencapai ke ujung Batam tersebut akan memakan waktu mencapai 2 jam perjalanan dari pusat kota. Hal yang menggelitik adalah saat Oken dan temannya berada di Titik 0 Kilometer di Pulau Galang.

Jika biasanya Titik 0 Km didirikan sebuah tugu atau bangunan tertentu, maka di Pulau Galang tulisan Titik 0 Km tercantum di sebuah papan dan merujuk pada sebuah rumah makan di tempat itu. ”Waktu kami singgah ke rumah makan, saya tanya, ’Tugu Titik 0-nya mana?’. Namun jawaban dari pemilik kedai bahwa akan segera dibangun (pemerintah terkait)," sebut Oken.

”Titik nol kilometer ini kan penting sebagai penanda awal mula kota. Juga berfungsi sebagai pengukur jarak dari kota Batam ke kota lainnya. Selain itu, Titik nol kilometer juga sebagai magnet atau daya tarik wisatawan untuk berkunjung ke Ujung Batam ini. Tidak hanya di tengah kota saja," pesannya.***

Kategori : Umum
wwwwww