Koordinasi dengan Kwarcab, Bawaslu Kota Pekanbaru Gagas Terbentuknya Saka Adhyasta Pemilu

Koordinasi dengan Kwarcab, Bawaslu Kota Pekanbaru Gagas Terbentuknya Saka Adhyasta Pemilu

Bawaslu Kota Pekanbaru yang diwakili Rizqi Abadi SIKom menyerahkan draft MoU Saka Adhyasta kepada Ketua Harian Kwarcab Kota Pekanbaru, Toni Werdiansyah. (F/IST)

Selasa, 17 Januari 2023 21:29 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com – Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Pekanbaru berkunjung ke Kantor Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kota Pekanbaru, Selasa (17/01/2023). Kunjungan itu dalam rangka koordinasi terkait pembentukan Satuan Karya Pramuka (Saka) Adhyasta Pemilu.
Hadir dari Bawaslu Kota Pekanbaru Kordiv Organisasi SDM dan Organisasi, Siti Syamsiah SIP MSi, Kordiv Hukum, Humas, Data dan Informasi, Fitri Heriyanti SIP MSi, Kordiv Pencegahan, Humas dan Parmas, Rizqi Abadi SIKom, Kordiv Penanganan Sengketa, Yasrif Yakub Tambusai SH MH, dan dua orang staf Febriko dan Edo.

Sedangkan dari Kwarcab Kota Pekanbaru hadir Ketua Harian Toni Werdiansyah SSi, Sekretaris Kak Deny Rendra SIP MSi, Wakil Ketua Bidang Pembinaan Anggota Muda Jacky Nurwandy SIP, Kepala Pusdiklatcab Kak Yuherlis, Sekretaris Pusdiklatcab Kak Irwan Yuliadi SIP MM, Andalan Kwarcab Kak Yuliana, Kak Indra Sakti Harahap, Kak Susi Indrayani, Kak Herry Budiansyah, Kak Putri dan Ketua DKC Kota Pekanbaru, Rezky Eldi Putra.

Dalam sambutannya, Kordiv Pencegahan Humas dan Parmas Bawaslu Pekanbaru, Rizki Abadi SIKom, menyampaikan bahwa tujuan dari koordinasi ke Kwarcab Gerakan Pramuka Pekanbaru ini adalah untuk mengetahui langkah-langkah apa saja yang diperlukan dalam pembentukan Saka Adhyasta Pemilu.

Dikatakannya, Saka Adhyasta Pemilu bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengawasan Pemilu. Selain itu juga menjadi “sekolah demokrasi” serta upaya mewujudkan Pemilu yang Luber dan Jurdil.

“Berdirinya Saka Adhyasta di dalam tubuh Gerakan Pramuka merupakan tonggak penting dalam partisipasi pemuda dalam menegakkan penyelenggaraan demokrasi,” ucapnya melalui rilis yang diterima potretnews.com.

Sementara itu, Ketua Kwarcab Kota Pekanbaru yang diwakili oleh Ketua Harian Toni Werdiansyah SSi mengatakan, Saka sendiri terhubung dengan instansi yang menaunginya. Misalnya Saka Bhayangkara yang terhubung dengan Polresta Pekanbaru, Saka Dirgantara terhubung dengan Lanud Roesmin Nurjadin Pekanbaru, begitu juga dengan Saka Adhyasta Pemilu yang terhubung dengan Bawaslu.

“Di tahun 2022, Kwarcab Kota Pekanbaru memprioritaskan kepada pembentukan dan pembinaan Saka, diantaranya Saka Tarunabumi, Saka SAR, Saka Bhayangkara, Saka Dirgantara, Saka Wira Kartika dan Saka Widya Budaya Bakti. Yang jelas, konsekuensi dari pembentukan Saka ini adalah kebijakan dan anggaran,” ungkap Toni.

Toni menegaskan mendukung penuh pembentukan Saka Adhyasta Pemilu ini. Ia berjanji siap membantu dengan memberdayakan seluruh potensi yang ada di Kwarcab Kota Pekanbaru untuk membantu Bawaslu Kota Pekanbaru dalam pembentukan Saka Adhyasta.

Wakil Ketua Kwarcab Bidang Pembinaan Anggota Muda, Jacky Nurwandy SIP, menjelaskan secara teknis tentang pembentukan organisasi Saka Adhyasta. Dimulai dari Musyawarah Saka, kemudian membentuk Majelis Pembimbing Saka, Pimpinan Saka, Pamong Saka, Instruktur Saka dan Anggota Saka.

“Di dalam kepengurusan Saka, selain dari Bawaslu Kota Pekanbaru juga akan diisi oleh Kwarcab Kota Pekanbaru, dan selanjutnya akan diterbitkan SK pengukuhan dan dilakukan pelantikan oleh Ketua Kwarcab,” ujar Jacky.

Ia menambahkan, adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega yang berasal dari pangkalan SMA/SMK/MA dan Perguruan Tinggi yang mengikuti Saka akan mengikuti latihan di Saka. Mereka dibina oleh Pamong Saka dan diberikan materi oleh Instruktur Saka, sesuai krida yang diambilnya selama 6 bulan, hingga nantinya akan mendapatkan Syarat Kecakapan Khusus (SKK).

Hal ini disambut baik oleh Kordiv Penanganan Sengketa Bawaslu Kota Pekanbaru, Yasrif Yakub Tambusai SH MH. Ia menginformasikan bahwa untuk Pemilu 2024, Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kota Pekanbaru berjumlah 2.700-an. “Ini tentunya membuka peluang bagi adik-adik Pramuka Penegak dan Pandega yang telah mengikuti Saka Adhyasta sebagai Pengawas TPS,” ucapnya.

Di akhir sesi koordinasi, Bawaslu Kota Pekanbaru yang diwakili Rizqi Abadi SIKom menyerahkan draft MoU Saka Adhyasta kepada Ketua Harian Kwarcab Kota Pekanbaru, Toni Werdiansyah.       

Sebagaimana diketahui, Satuan Karya Pramuka adalah wadah pendidikan dan pembinaan guna menyalurkan minat, mengembangkan bakat dan menambah pengalaman para Pramuka Penegak dan Pandega, dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dan teknologi serta keterampilan.

Salah satu Saka rintisan adalah Saka Adhyasta Pemilu yang dirintis oleh Bawaslu. Saka ini merupakan wadah kegiatan keadhyastaan (pengawalan) Pemilu untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan praktis dalam bidang pencegahan dan pengawasan Pemilu, guna menumbuhkan kesadaran dan berperan serta dalam pengawasan Pemilu.***

Editor:
Wahyu Abdillah

Kategori : Politik, Pekanbaru
wwwwww