Home > Berita > Umum

Kemah Budaya Jilid II Polbeng Sukses, Pentas Seni Semarakkan Suasana

Kemah Budaya Jilid II Polbeng Sukses, Pentas Seni Semarakkan Suasana

Ending dari Drama Anak Durhaka Disumpah Jadi Batu Domino yang ditampilkan oleh Gudep SMPN 2 Bantan, Sabtu (14/1/2023).

Minggu, 15 Januari 2023 15:26 WIB
JUNAIDI USMAN
BENGKALIS, POTRETNEWS.com – Kemah Budaya Jilid II se-Riau yang ditaja Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) selama 4 hari berlangsung dengan baik dan lancar. Kegiatan ini diikuti oleh 360-an anggota Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak di Kwarcab Bengkalis, Siak dan Kwarcab Dumai. Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) Gerakan Pramuka 0404 Bengkalis, Kak H Bustami HY, mewakili Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab), membuka secara langsung perkemahan pada Kamis, 12 Januari 2022 lalu.  

Sejumlah kegiatan lomba digelar dalam Kemah Budaya kali ini, yang diikuti 11 Pangkalan Pramuka Penegak dan 6 Pangkalan Pramuka Penggalang. Salah satunya adalah Pentas Seni yang berlangsung pada Jumat (13/1/2023) malam. Kegiatan ini membuat suasana makin semarak.

“Insya Allah, Kemah Budaya Jilid III tahun 2024 tetap akan melaksanakan Pentas Seni bertemakan kebudayaan Melayu,” kata Ketua Panitia Zainul Al Gifari kepada potretnews.com, seusai kegiatan Pentas Seni.

Sementara itu, Ketua Dewan Juri SPN Musrial Mustafa, memberikan sedikit catatan terkait penampilan seni budaya yang ditampilkan oleh belasan “pasukan” pada malam tersebut. Ia menilai penampilan yang ditunjukkan haruslah merupakan satu rangkaian yang utuh, dari awal mula sampai akhir pertunjukan.

“Ada perpindahan adegan tidak ditata dengan baik sehingga terkesan monoton. Kemudian, pertunjukan drama malam hari ini khususnya kabaret, yang kami lihat tadi selalu kena. Apa yang dilakukan oleh anak-anak sekalian, ekspresinya tidak dapat dinikmati penonton (audiensi). Ada yang mengambil blocking lurus saja. Kita mencari sebuah kreativitas dalam pertunjukan di Pentas Seni pada malam hari ini,” jelasnya, didampingi dua juri lainnya yakni, Marzul Ridwan Al Bantany dan ND Juaii M Usna.  

Menurut Musrial Mustafa, ada peserta yang mungkin sedikit meniru. Mungkin menirur sebuah pertunjukan plagiat yang mengambil pertunjukan kabaret yang ada di channel YouTube. Penampilan bagus tapi tidak menang, makanya ini perlu kami sampaikan. Bagi yang merasa ada melakukan plagiat seperti yang kami sampaikan maka nilai kreativitasnya nol," kata SPN Musrial Mustafa tegas, seraya memberikan apresiasi kepada panitia pelaksana Kemah Budaya Jilid II Polbeng.

Al Fiqih Putra Setia pelajar kelas XI IPA2 SMAN 1 Bengkalis yang menjadi peserta Kemah Budaya ini mengaku mendapatkan pengalaman terbaru dari perkemahan sebelumnya. “Lebih banyak mendapat teman dan bisa mengikuti perlombaan dalam perkemahan ini,” tutur Fiqih, yang pernah menjadi Penata Kamera 2 dalam film "Lelaki Yang Menggenggam Kenangan" produksi SMPN 4 Bengkalis kala dirinya masih menjadi pelajar sekolah ini.

Pembina Putri Gudep Polbeng, Kak Fajar Ratnawati selaku panitia, berharap Kemah Budaya Jilid II akan ada berkelanjutan. “Kalau sekarang kan hanya daerah se-Riau aja kan, mudah-mudahan tahun depan Jilid III kita bisa mengajak scout/Pramuka negara lain, misalnya yang terdekat dari lokasi sini, Malaysia," harapnya.

Untuk peserta Kemah Budaya Jilid II menurut Kak Fajar memang tidak semua yang diundang bisa datang, namun ia bersyukur peserta cukup banyak dan luar biasa antusiasnya. “Kemudian untuk Pentas Seni mengusung tema budaya Melayu,” tuturnya.

Di malam terakhir Kemah Budaya Jilid II, setelah 6 pangkalan Pramuka Penggalang menampilkan atraksi di hadapan juri Fitri Kusniawati dan Alfa Yopie, acara diakhiri dengan Upacara Penyalaan Api Unggun. Dalam upacara ini, hadir Wadir III Polbeng, Akmal Indra MT, yang bertindak sebagai Inspektur Upacara, didampingi Pembina UKM Pramuka Kak Bambang Dwi Haripriadi ST MT.

Pantauan di lapangan pada Ahad, 15 Januari 2023, dalam mengemas kembali segala perlengkapan baik regu/sangga maupun pribadi, mayoritas peserta mengaku siap menyongsong Kemah Budaya Jilid III Tahun 2024 mendatang. "Materi lomba ditambah lagi," harap Agus, purna Ketua DKR Bantan yang membawa 6 pangkalan. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww