Home > Berita > Umum

Semarakkan HBI ke-73, Selama Sebulan Kantor Imigrasi Pekanbaru Buka Pengurusan Paspor pada Akhir Pekan

Semarakkan HBI ke-73, Selama Sebulan Kantor Imigrasi Pekanbaru Buka Pengurusan Paspor pada Akhir Pekan

Ilustrasi. (F-JPNN)

Jum'at, 13 Januari 2023 08:29 WIB
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Bagi masyarakat Riau yang ingin mengurus paspor tapi sibuk dengan kerja, pengurusannya sekarang bisa dilakukan pada akhir pekan. Membuat paspor pada Sabtu dan Minggu ini berlangsung di jajaran Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Riau hingga akhir Januari.
Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Riau Mhd Jahari Sitepu mengatakan, membuat paspor pada Sabtu dan Minggu ini untuk menyemarakkan Hari Bhakti Imigrasi (HBI) ke-73. HBI ini jatuh pada 26 Januari.

”Namanya layanan paspor simpatik sesuai kebijakan Ditjen Imigrasi dengan kuota terbatas dan jalur antrean langsung," kata Jahari, Selasa petang, 10 Januari 2023.

Adanya layanan ini juga dipengaruhi pencabutan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) karena Covid-19 juga menjadi pemicu. Masyarakat mulai melakukan perjalanan internasional sehingga permintaan pembuatan paspor meningkat.

”Layanan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama bagi mereka yang tidak bisa membuat paspor karena kesibukan di hari kerja," kata Jahari. Tingginya animo masyarakat terhadap layanan paspor simpatik ini terlihat pada Sabtu, 7 Januari lalu di Kantor Imigrasi Pekanbaru. Saat itu, ramai warga datang mengurus paspor.

”Ada 127 pemohon yang terdiri dari 106 permohonan paspor baru dan sisanya permohonan pergantian, semuanya berjalan lancar dengan menerapkan protokol kesehatan," tambah Kepala Kantor Imigrasi Pekanbaru Syahrioma Delavino, seperti dilansir liputan6.com.

Terobosan Bermanfaat
Tak hanya di Pekanbaru, kebanjiran permohonan paspor pada akhir pekan juga terjadi di Kota Dumai. Ada puluhan warga datang mengantri mengurus administrasi lintas negara itu. Seorang warga, Rizal, menyebut pelayanan paspor pada Sabtu dan Minggu ini merupakan terobosan baru yang sangat bermanfaat.

”Karena bagi kami para pekerja yang tidak bisa meninggalkan kantor pada hari-hari kerja hanya dapat melakukan permohonan pembuatan paspor di akhir pekan," jelas Rizal.
Layanan paspor simpatik akan terus beroperasi pada setiap Satuan Kerja Keimigrasian di Wilayah Riau, baik di Selatpanjang, Tembilahan, Bengkalis, Siak, dan Bagansiapiapi. ***

Editor:
Muhammad Amin Nasution

Kategori : Umum, Pekanbaru
wwwwww