Home > Berita > Umum

Pelatihan Instruktur Muda Gudep Pondok Nurul Hidayah Bantan Resmi Dibuka, Ini Harapan Kakwarcab!

Pelatihan Instruktur Muda Gudep Pondok Nurul Hidayah Bantan Resmi Dibuka, Ini Harapan Kakwarcab!

Kak H Zamhur mewakili Kakwarcab memberikan sambutan pada acara pembukaan PPIM Pondok Modern Nurul Hidayah (PMNH) Bantan, Selasa (10/01/2023) petang.

Rabu, 11 Januari 2023 07:22 WIB
JUNAIDI USMAN
BANTANTUA, POTRETNEWS.com – Ketua Kwartir Cabang (Kakwarcab) 0403 Gerakan Pramuka Bengkalis membuka secara resmi Pendidikan Pelatihan Instruktur Muda (PPIM) Gugus Depan (Gudep) 07.009-07.010 Pondok Modern Nurul Hidayah (PMNH) Bantan, Selasa (10/01/2023) petang. “Sebetulnya, kegiatan serupa ini sudah tidak asing lagi di pesantren ini, sudah beberapa kali dilaksanakan. Kami berharap kepada adik-adik sekalian untuk bersama-sama mengikuti kegiatan ini karena Pramuka itu pada akhir tujuannya untuk mendidik adik-adik menjadi orang-orang yang beriman dan bertakwa,” kata Kakwarcab yang diwakili Wakil Ketua Binawasa Kak H Zamhur.

Ia berharap kegiatan ini dapat melatih dan membimbing peserta didik di sekolah yang ada di desa masing-masing untuk mengikuti kegiatan Kepramukaan. “Peserta didik jangan diharuskan menggunakan seragam Pramuka lengkap, dapat saja mereka mau datang itu sudah menjadi modal. Semoga kita semua terhindar dari hal-hal yang dapat menciptakan lingkungan kita yang tidak sehat,” harap Kak Zamhur di akhir sambutannya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Pelaksana Kak Ilham Winardi dalam sambutannya menyebutkan bahwa para peserta PPIM anggota pramuka yang sudah memasuki kriteria-kriteria dan memenuhi syarat, serta calon pembina Pramuka yang sudah terbiasa melatih, tapi belum memiliki sertifikat mendidik yang legal.

Kegiatan ini juga merupakan upaya untuk merapikan administrasi Kepramukaan Gudep dan juga sebagai pembekalan bagi santri kelas V yang akan melanjutkan tugas pembinaan di almamaternya. Dan juga sebagai bekal untuk bisa mengabdi dengan baik dan bisa berguna ketika mereka terjun ke masyarakat.

Seramai 164 santri ikut dalam kegiatan yang berlangsung selama 5 hari sejak Selasa, 10 Januari sampai Ahad 15 Januari 2023. Kegiatan yang digelar di PMNH ini mempunyai tujuan menambah pengalaman dan pengetahuan meningkatkan kecakapan, ketangkasan dan kemampuan para peserta.

Selain itu, tujuannya adalah meningkatkan rasa tanggung jawab atas dirinya, Gudepnya, masyarakat, bangsa dan negara serta terhadap Allah SWT. Menambah ilmu pengetahuan yang sangat dibutuhkan masyarakat.

Sementara itu, Pimpinan Pondok Kak Pamuji di awal sambutannya mengajak peserta PPIM untuk mendoakan para inisiator dan pendiri PMNH karena tanpa itu maka tidak mungkin Pramuka di PMNH bisa terwujud.

“Mudah-mudahan pondok ini tetap eksis, tetap memberikan kontribusi yang besar untuk bangsa dan negara ini, Wabilkhusus pendidikan Kepramukaan pondok terus maju dan jaya, bisa berkhidmat untuk nusa dan bangsa,” harap Kak Pamuji seraya menyampaikan ucapan terima kasih yang telah mengizinkan PMNH melaksanakan kegiatan PPIM.

“Kenali Pramuka lebih dekat lagi, apa itu AD/ART Pendidikan Kepramukaan, apa itu Tri Satya dan Dasa Darma atau lainnya yang terkait dengan kepramukaan karena itu modal dasar adik-adik mengenal Pramuka lebih dekat, selanjutnya nanti memberikan, membimbing, mendidik generasi berikutnya,” beber Kak Pamuji.

Hadir di acara pembukaan PPIM ini, Kak Kakwaran Bantan, Ketua Yayasan, para pembina serta 13 orang pelatih di Kwarcab Bengkalis. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww