Home > Berita > Umum

Rakercab Pramuka Bengkalis Lancar, Sejumlah Kegiatan Besar Dirancang Sekaligus Pembenahan Organisasi

Rakercab Pramuka Bengkalis Lancar, Sejumlah Kegiatan Besar Dirancang Sekaligus Pembenahan Organisasi

Kakak-kakak Andalan Cabang, Ranting, serta para peserta Rakercab Kwartir Cabang Bengkalis foto bersama seusai acara, Senin (09/01/2023) malam.(F-POTRETNEWS.com/JUNAIDI USMAN)

Selasa, 10 Januari 2023 09:01 WIB
JUNAIDI USMAN
BENGKALIS, POTRETNEWS.com – Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Kwartir Cabang (Kwarcab) 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis yang dibuka dan ditutup oleh Ketua Kwartir Cabang diwakili Ketua Harian berlangsung dengan lancar, Senin (09/01/2023). Sejumlah kegiatan skala besar menjadi agenda di tahun 2023, sekaligus menggiatkan pembenahan organisasi. Ketua Harian Kwarcab Bengkalis Kak H Muhammad Fadhli mengatakan Rakercab merupakan laporan pelaksanaan program tahun 2022 lalu. “Apa kendala, apa yang terlaksana, apa yang tidak terlaksana, jadi Rakercab ini adalah sebuah evaluasi untuk program berikutnya tahun 2023-2024,” ucap Kak Fadhli kepada potretnews.com, Senin (09/01/2023).

Kak Fadhli mengatakan, di tahun 2023, sejumlah kegiatan besar dirancang. Diantaranya Lomba Tingkat (LT), LT III, LT IV yang perlu dilakukan persiapan. Ada juga Raimuna (sekelompok orang yang berkumpul untuk mencapai tujuan tertentu yang ditetapkan bersama/Perkemahan Besar Pramuka Penegak Pandega) yang memerlukan suport dari pemerintah daerah dan dari Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab). “Karena kita di Pramuka ini tidak bisa sendiri, kita harus bersama-sama mengharumkan Kwartir Cabang (Kwarcab) Bengkalis dan membuat kegiatan bermanfaat bagi generasi muda, selanjutnya untuk bangsa dan negara kita,” ungkap Kak Fadhli yang juga mantan Camat Siak Kecil ini.

Atas kehadiran kakak-kakak utusan Kwartir Ranting (Kwaran) dalam Rakercab tadi, Kak Fadhli menyampaikan ucapan terima kasih. “Meskipun ada satu Kwaran yang tidak hadir. Bagi Kwaran yang habis masa baktinya, perlu dilakukan pembenahan, secepatnya dilaksanakan Musyawarah Ranting (Musran). Tahun 2023 ini kita upayakan untuk menyelesaikan segala permasalahan di setiap Kwartir Ranting, misalnya nomor Gugus Depan (Gudep), sehingga semuanya bisa diselesaikan,” pesan Kak Fadhli di akhir wawancara.

Sementara itu, Kak A Rafiq Med IP selaku Sekretaris Kwaran Rupat Utara mengatakan bahwa dalam kegiatan Rakercab tahun 2023 diputuskan untuk lebih giat lagi melakukan program kegiatan, terutama di Kwaran-nya. “Selama ini mungkin banyak hal-hal yang belum dapat terpenuhi karena keterbatasan biaya maupun personel yang ahli dalam kepramukaan. Namun di Kwaran Rupat Utara tetap berusaha agar lebih baik dan belajar terus tentang kepramukaan,” ucapnya.

Dalam Rakercab tadi, Kak Rafiq menyampaikan bahwa salah satu Perkemahan Besar Konservasi Lingkungan Tahun 2022 Tingkat Provinsi Riau yang dilaksanakan di Pantai Tanjung lapin, berjalan dengan baik dan lancar. Selain itu, Kwaran Rupat Utara juga melaksanakan Perkemahan Akbar di pondok pesantren, leadership atau kepemimpinan kepramukaan tingkat Pramuka Penggalang SMP, Perkemahan Sabtu Minggu (Persami) dan lainnya.

“Kami mengharapkan bimbingan serta saran dari Kwarcab Bengkalis untuk Kwaran Rupat Utara karena kwaran kami ini memiliki objek wisata pantai pasir putih yang termasuk tempat strategi nasional, sehingga Kwaran kami bisa bersinergi dengan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda, dan Olahraga (Disparbudpora) Kabupaten Bengkalis,” paparnya.

“Jika kegiatan kepramukaan kita aktifkan dan kita kembangkan, Insya Allah semuanya berjalan dengan baik sesuai dengan konsep-konsep pariwisata nasional. Adik-adik Pramuka peserta didik bisa memberikan edukasi ke masyarakat tentang Pramuka, menjaga lingkungan, tentang beradaptasi dan kasih sayang sesama manusia, kasih sayang sesama makhluk hidup. Insya Allah Rupat Utara semakin maju,” imbuh Kak Rafiq lagi dalam dialek Melayu Pesisirnya.

Disampaikan Kak Rafiq bahwa Pramuka Siaga, Penggalang dan Penegak di masing-masing gugus depan akan diaktifkan kembali pada tahun 2023 ini yang mulai menghilang kala Covid-19 melanda. 

Selain itu, Kak Rafiq yang merupakan Sekretaris di LAMR Kecamatan Rupat Utara mengaku, secara langsung belum mensinkronkan lagi kegiatan adat budaya di kecamatannya dengan kegiatan kepramukaan.

Namun demikian, secara tidak langsung adik-adik anggota Pramuka juga aktif menjadi bagian pengisi acara kegiatan seni budaya mungkin Tari Zapin Api atau penabuh gendang Zapin Api, serta panitia Mandi Safar di kecamatan yang terletak di pulau terluar dan terdepan Kabupaten Bengkalis ini. Termasuk juga lomba berbalas pantun yang dilaksanakan masing-masing sekolah yang peserta lombanya secara umum adalah adik-adik Pramuka.

“Alhamdulillah, pembina kita rata-rata lulusan KMD (Kursus Mahir Dasar), sudah ada KML (Kursus Mahir Lanjutan), bahkan KPD (Kursus Pelatih Dasar) dan KPL (Kursus Pelatih Lanjutan), cuma kurang aktif sejak dua tahun terakhir,” ungkapnya.  

Kedepan, Kwaran Rupat Utara sudah mengimbau kepada sekolah-sekolah supaya pada hari Kamis, anak-anak memakai seragam Pramuka lengkap. Selanjutnya, guru-guru diminta memakai seragam Pramuka setiap sebulan sekali.

“Untuk tahun 2023 ini kami memang berazam meningkatkan kegiatan kepramukaan di Rupat Utara misalnya melakukan kerja sama dengan pihak desa, kecamatan, pihak kepolisian, kesehatan dan lainnya yang tentunya melalui koordinasi kami dengan Kwarcab Bengkalis yang memiliki banyak sumber ilmu kepramukaan,” pungkas Kak Rafiq.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww