Home > Berita > Umum

Peserta Jalan Santai Hari Amal Bhakti ke-77 Membludak, Jumlah Hadiah Bertambah

Peserta Jalan Santai Hari Amal Bhakti ke-77 Membludak, Jumlah Hadiah Bertambah

Wabup Bengkalis H Bagus Santoso didampingi Kakan Kemenag Bengkalis H Khaidir, Dandim 0303/Bkls dan Kadis PMD, menyerahkan hadiah utama berupa kulkas kepada Aldi. (F-POTRETNEWS.com/JUNAIDI USMAN)

Minggu, 08 Januari 2023 18:33 WIB
Junaidi Usman

BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama yang ditaja Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkalis sukses digelar, Ahad (08/01/2023). Kegiatan dalam rangka Hari Amal Bakti ke-77 Kementerian Agama ini disambut antusias masyarakat, sehingga peserta pun membludak.

Kurang lebih sebanyak tujuh ribuan orang peserta yang terdiri dari seluruh elemen masyarakat umat beragama di Kabupaten Bengkalis tumpah ruah mengikuti jalan santai. Sementara itu, ribuan hadiah disiapkan mulai dari hadiah hiburan, ditambah hadiah utama sekitar tujuh ratusan hadiah sebagai doorprize.

“Diprediksi kehadiran masyarakat umat beragama dalam kegiatan jalan santai ini berjumlah tujuah ribuan orang. Kita selaku umat beragama saling memperhatikan dengan berbagi rezeki. Kita membuat masyarakat berpikir bahwa Kementerian Agama itu adalah Kementerian yang bisa mengayomi masyarakat beragama,” kata Kepala Kantor Kementerian Agama Kemenag Kabupaten Bengkalis, Drs H Khaidir, kepada potretnews.com, Ahad (08/01/2023).

Didapat informasi, awalnya hadiah hanya berjumlah 5.000-an, ditambah doorprize dari Bupati Bengkalis Kasmarni. Tetapi hingga Sabtu malam (07/01/2023), paket hadiah terus bertambah. Diantaranya dibawa dari perwakilan Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Mandau yang juga hadir bersama perwakilan dari seluruh kecamatan yang ada di kabupaten yang berjuluk Negeri Junjungan ini.

“Kementerian Agama memiliki layanan di setiap kecamatan melalui KUA, sehingga mereka bisa mensinergikan layanan itu kepada masyarakat beragama. Sehingga mereka memahami kalau agama itu adalah salah satu kekuatan pokok bagaimana pembangunan bisa aman, nyaman, terkawal, terkontrol. Jalan santai ini merupakan salah satu upaya agar masyarakat merasa Kementerian Agama itu berada di hati mereka,” tutur H Khaidir.

Diungkapkan H Khaidir, dalam upaya meningkatkan pelayanan kepada umat beragama, Kementerian Agama selalu berupaya bagaimana masyarakat beragama bisa hidup rukun, berdampingan, sehingga memahami perbedaan antar agama dari sisi agama dan budaya. Kegiatan seperti ini salah satu langkah bagaimana masyarakat tahu kalau Kementerian Agama itu adalah kementerian yang menjamin terjadinya kerukunan masyarakat. “Agar kedamaian, kesejahteraan yang hampir mencapai sasaran layanan yang membuat masyarakat selalu terlindungi dengan agama,” tambahnya.

Pihaknya, atas nama jajaran Kementerian Agama Republik Indonesia Kabupaten Bengkalis mengucapkan terima kasih banyak kepada pemerintah daerah, terutama kepada Bupati, Wakil Bupati, dan OPD. Serta bank-bank mitra, Forkopimda, masyarakat, tokoh agama, dan seluruh masyarakat Kabupaten Bengkalis, karena telah proaktif untuk menjadikan kegiatan ini terlaksana dengan baik.

“Semua ini berkat kerja sama seluruh kompenen Kementerian Agama, masyarakat beragama yang menginginkan kehidupan bermarwah, maju dan sejahtera (Bermasa) yang digagas sebagai misi visi Bupati Kasmarni dan Wabup Bagus Santoso. Kementerian Agama sendiri akan selalu action membangun masyarakat Kabupaten Bengkalis,” tegasnya di akhir wawancara.

Sementara itu, Aldi, seorang pelajar yang tinggal di Kelapapati Darat, berhasil mendapatkan hadiah utama, yakni kulkas 2 pintu. Kepada potretnews.com ia mengungkapkan rasa senangnya. “Hadiah ini akan saya berikan kepada nenek sebab nenek tak ada kulkas. Terima kasih Kantor Kemenag yang telah melakukan jalan santai,” ucap Aldi yang wajah ceria.

Perjuangan Aldi mendapatkan hadiah utama ini cukup berat. Pasalnya, saat jalan santai itu, siswa kelas V SDN 2 Bengkalis sempat terjatuh, hingga celana yang dipakainya sobek. Beruntung, anak yang bercita-cita menjadi TNI itu kemudian diberi uang oleh Wabup Bengkalis Bagus Santoso dan Kepala Dinas PMD Ismail, untuk membeli celana baru.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww