Home > Berita > Umum

Dalam Rangka Hari Amal Bakti ke-77, Kemenag Bengkalis Gelar Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama

Dalam Rangka Hari Amal Bakti ke-77, Kemenag Bengkalis Gelar Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama

Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkalis yang berdampingan dengan Kantor KUA dan Pusat Layanan Haji dan Umrah Terpadu.

Jum'at, 06 Januari 2023 17:04 WIB
JUNAIDI USMAN

BENGKALIS, POTRETNEWS.com – Dalam rangka Peringatan Hari Amal Bakti Ke-77 Kementerian Agama Republik Indonesia, Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Bengkalis akan menggelar agenda Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama, Ahad (08/01/2023) dan Upacara Senin (09/01/2022).

Untuk Jalan Santai direncanakan akan dimulai pukul 07.00 WIB dengan pengibaran bendera start dilakukan oleh Wakil Bupati Bengkalis H Bagus Santoso, bertempat di Jalan Jenderal Sudirman sisi kiri Panggung Tanjak Lapangan Tugu. Selanjutnya, dari Jalan Jenderal Sudirman, peserta akan menempuh rute Jalan Pattimura-Hang Tuah-HOS Cokroaminoto dan finish di Jalan Jenderal Sudirman kembali, tepatnya di Lapangan Tugu.

Hal ini sebagaimana dikatakan Ketua Panitia Pelaksana bahwa Hari Amal Bakti atau biasa disebut Hari Ulang Tahun Kementerian Agama RI yang ke-77 tahun di Kabupaten Bengkalis, H Zulkarnaen SAg. “Sudah sangat panjang perjalanan sebuah kementerian yang membidangi urusan agama. Dalam rangka mensukseskan dan memeriahkan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI tingkat Kabupaten Bengkalis yang puncaknya kami laksanakan upacara pada Senin 9 Januari 2023. Bertindak sebagai inspektur upacara adalah Bupati Bengkalis Ibuk Kasmarni,” kata Zulkarnaen kepada potretnews.com, Jumat (06/01/2023), di ruang kerjanya.

Dikatakannya, dengan tema nasional “Kerukunan Umat Untuk Indonesia Hebat”, bagi peserta Jalan Santai telah disiapkan 500-an hadiah oleh panitia pelaksana. Diantaranya kulkas, sepeda, televisi, kipas angin dan rice cooker. Hadiah itu akan dibagikan kepada peserta yang terdiri dari pelajar, organisasi kemasyarakatan, ASN, dan masyarakat umum, yang diperkirakan berjumlah sekitar 300-an orang. Bahkan, ada doorprize khusus dari Bupati Bengkalis Kasmarni.

Zulkarnaen yang saat ini menjabat sebagai Kasubag TU di Kemenag Kabupaten Bengkalis menambahkan, Jalan Santai Kerukunan Umat Beragama ini merupakan satu gagasan dan ide yang sangat brilian. Karena melibatkan seluruh unsur masyarakat penganut agama yang ada di Indonesia, khususnya di Kabupaten Bengkalis agama Islam, Katolik, Kristen, Konghucu dan Budha.

“Kita mengimbau dan mengajak semua penganut agama untuk bersama-sama memeriahkan, mensukseskan, dan mengikuti kegiatan jalan santai ini dalam upaya terciptanya kerukunan khususnya di Kabupaten Bengkalis, dan umumnya di Indonesia. Agar umat beragama mencintai sebuah lembaga keagamaan yang dalam hal ini bukan hanya milik pegawai Kementerian Agama tapi adalah milik seluruh masyarakat Indonesia,” tutur Zulkarnaen.

Ia berharap, melalui tema Kerukunan Umat untuk Indonesia Hebat, semua masyarakat dapat kita hidup rukun, damai, bergandengan tangan antar satu pemeluk agama dengan pemeluk agama yang lain. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww