Home > Berita > Umum

Unilak Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2023, Ini Informasi Detailnya

Unilak Buka Penerimaan Mahasiswa Baru 2023, Ini Informasi Detailnya
Rabu, 04 Januari 2023 08:20 WIB
Ofika Rahmat Julias
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Mengawali tahun 2023, Universitas Lancang Kuning (Unilak) Pekanbaru, mulai menerima mahasiswa baru tahun ajaran 2023-2024. Pendaftaran mahasiswa baru dibagi dalam beberapa gelombang. Rektor Unilak Dr Junaidi mengumumkan dimulainya penerimaan mahasiswa baru di gedung rektorat lantai tiga yang disaksikan oleh jajaran wakil rektor (WR) yakni; Dr Zamzami MKom (WR I), Hardi SE MM (WR II), dan Dr Bagio Kadaryanto SH MH (WR III), serta dekan se lingkungan Unilak.

Dikatakan Junaidi, bahwa tahun 2023 ini menjadi tahun kedua Unilak secara menerima mahasiswa baru penyandang disabiltias. Ini didasarkan pada bahwa mereka juga berhak menerima pendidikan tinggi sesuai amanat UU.

”Dengan harapan setelah menerima ilmu, mahasiswa disabilitas bisa mandiri. Bagi masyarakat umum, orang tua, dan calon mahasiswa silakan pilih jurusan yang diminati, ada 30 Prodi S-1 dan S12 di Unilak,” kata rektor.

Bagi calon mahasiswa disabilitas, imbuh rektor, dapat memilih Prodi Bisnis Digital, Pendidikan Khusus. Sehingga nantinya (mereka, red) memiliki kemampuan.

”Kami berharap para orang tua juga memberikan dukungan selama anak anak mengenyam pendidikan kuliah. Unilak siap mengemban amanah dari para orang tua yang mempercayakan anak-anaknya untuk kuliah di Unilak,sehingga mereka nantinya menjadi generasi yang sukses,” ujar Junaidi.

Adapun jadwal penerimaan mahasiswa baru Unilak, gelombang pertama dimulai 2 Januari-1 April 2023; gelombang kedua dimulai 2 April-1 Juli 2023, dan gelombang ketiga 2 Juli -19 Agustus 2023.

Sementara itu Wakil Rektor I Unilak bidang Akademik Dr Zamzami MKom menjelaskan, pada tahun 2023 ini penerimaan mahasiswa baru Unilak lebih awal, sebagai bentuk kesiapan Unilak untuk menyambut calon mahasiswa baru dari segi pelayanan dan infrastruktur teknologi informasi. Dalam penerimaan mahasiswa baru Unilak, calon mahasiswa dapat mendaftar secara online di www.unilak.ac.id atau dengan langsung datang ke ruang pendaftaran di gedung Rektorat Unilak lantai 2.

Ada beberapa jalur yang dapat dipilih oleh calon mahasiswa baru di antaranya; jalur 1. Jalur Umum dengan pilihan; Pasti Kuliah, Merdeka Belajar, Milad Unilak, Mandiri, Pindahan Ekternal. 2. Jalur Istimewa dengan pilihan; Prestasi, SMK, Disabilitas, Hafiz Quran. 3. Jalur Internasional Students Untuk alur pendaftaran dapat membuka website unilak.ac.id kemudian pilih jalur pendaftaran lanjut untuk input data pribadi, kemudian mendapatkan nomor verifikasi dan pilihan bank untuk pembayaran uang pendaftaran sebesar Rp300.000. Setelah itu finalisasi data untuk cetak kartu ujian, tes CBT, dan akhirnya lulus kemudian calon mahasiswa baru dapat melakukan mendaftar ulang.

”Untuk memberikan layanan maksimal,prima dan cepat kami membuka layanan informasi dan bantuan di nomor WhatsApp 0853 4949 4909 dan 0853 4949 4919 ataupun dapat mengirimkan pesan di media sosial Unilak, Facebook, Instagram, Tiktok, Youtube. Saya juga mengimbau kepada seluruh, pegawai dan dosen di Unilak untuk dapat memberikan pelayanan ramah, nyaman dan mudah bagi calon mahasiswa baru,” ujar Dr Zamzami.

Kepala Biro Akademik Unilak Ahmad Ade Irwanda ST MM, menambahkan, calon mahasiswa baru Unilak dapat memilih 26 Program studi S-1 yang tersebar di 9 fakultas yang ada di Unilak, yaitu; Prodi AdministrasiPublik, Prodi Ilmu Hukum, Akuntasi, Manajemen,Teknik Sipil, Teknik Elektro, Arsitektur, Desain Interior, Teknik Mekatronika, Agorteknologi, Agribisnis, dan Teknologi Hasil Pertanian.

Kemudian, Prodi Sastra Daerah/Melayu, Ilmu Perpustakaan, Sastra Inggris,Sastra Indonesia, Pendidikan Bahasa Melayu, Kehutanan, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Prodi Bisnis Digital.

Selanjutnya ada Prodi Pendidikan Biologi, Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Khusus, Pendidikan Vokasional Teknik Otomotif. ”Dan untuk meringankan/membantu orang tua dan calon mahasiswa baru, uang pengembangan dapat diangsur 2 kali. Rinciannya; 50 Persen di semester satu, dan 50 persen di semester dua,” ujar Ade.

Dijabarkan Ade, adapun untuk persyaratan bagi calon mahasiswa baru yaitu scan. Ijazah dan transkirp nilai SMA/SMK/MA sederajat. scan pas foto latar belakang kuning, scan kartu tanda penduduk (KTPdan kartu keluarga (KK).

”Khusus bagi calon mahasiswa baru yang akan tamat di tahun 2023 maka dapat mendaftar dengan surat keterangan lulus, dan transkrip nilai,” ujar Ade.

Pada penerimaan mahasiswa baru tahu 2023-2024, Unilak juga menerima dari jalur Hafiz Quran, dengan persyaratan calon mahasiswa minimal hafiz 3 juz, siap untuk dites, memiliki sertifikat hafiz Quran. Mereka yang lulus pada jalur ini akan mendapatkan kemudahan bebas biaya SPP, bebas uang pengembangan, berdasarkan kategori yang telah di tetapkan.

”Kami berharap masyarakat dapat turut serta menyebarkan informasi penerimaan mahasiswa baru Unilak ini, supaya semakin banyak anak, saudara kita untuk mengenyam pendidikan di perguruan tinggi,” pungkasnya. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww