Home > Berita > Umum

Di Luar Agenda, Presiden Jokowi Mendadak Kunjungi RSUD Arifin Achmad Riau

Di Luar Agenda, Presiden Jokowi Mendadak Kunjungi RSUD Arifin Achmad Riau

Presiden Jokowi saat mengunjungi RSUD Arifin Achmad didampingi Wakil Direktur Medik dan Keperawatan, Zulkifli (kanan). (F-PEMPROV RIAU)

Rabu, 04 Januari 2023 15:30 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Secara mendadak Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecek pelayanan dan tempat ruang poli di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Achmad, Jalan Diponegoro Pekanbaru, Rabu (4/1/2023). Tak pelak, kunjungan di luar agenda itu membuat petugas medis kelabakan karena tidak ada persiapan sebelumnya.

Dilansir dari merdeka.com, kehadiran orang nomor satu di Indonesia di rumah sakit milik Pemprov Riau itu disambut Wakil Direktur Medik RSUD Arifin Achmad Zulkifli. Sementara Direktur RSUD Arifin Achmad Wan Fajriatul tidak berada di tempat. Informasinya, anak mantan Gubernur Riau, Wan Abu Bakar itu sedang sakit saat dihubungi protokoler kepresidenan.

Jokowi bersama Gubernur Riau Syamsuar dan pejabat lainnya mengecek tempat pendaftaran dan pelayanan antrean pasien. Dia juga sempat berbincang dengan pasien yang sedang menunggu di kursi antrean. Kemudian Jokowi juga meninjau poli perawatan gigi, bahkan sempat juga mendampingi salah satu pasien. Poli perawatan anak dan poli jantung juga dia kunjungi.

Selain itu, Jokowi juga sempat mendapatkan penjelasan soal tempat pelayanan bedah kanker dan jantung yang dimiliki RSUD Arifin Achmad. Di tempat itu, presiden mendapati pasien dengan kondisi kepalanya ditutup. Wakil Direktur Zulkifli menjelaskan bahwa fasilitas itu untuk pelayanan kanker dan pelayanan kesehatan untuk kemoterapi.

”Intinya tak ada kendala, beliau juga merespons positif pelayanan kita lakukan. Pak Presiden juga sempat berbincang dengan pasien. Alhamdulillah, semua lancar,” kata Zulkifli. Untuk bedah jantung dan kanker, Zulkifli menyampaikan RSUD Arifin Achmad menjadi rujukan bagi 12 kabupaten kota di Riau. Fasilitas kesehatan untuk kanker dan jantung, didukung langsung pemerintah pusat, dalam hal ini Kementerian Kesehatan.

”Untuk kanker dan jantung, kita juga di-support Kemenkes. Kita punya peralatan radioterapi, perawatan jantung. Saya sampaikan bahwa kita di RSUD Arifin Achmad sudah mandiri dalam hal operasi. Walaupun masih didampingi oleh dokter dari (RS) Harapan Kita,” pungkas Zulkifli. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww