Home > Berita > Umum

Unilak Raih Penghargaan UI GreenMatric 2022

Unilak Raih Penghargaan UI GreenMatric 2022
Jum'at, 30 Desember 2022 15:26 WIB
Ofika Rahmat Julias
PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Universitas Lancang Kuning (Unilak) Riau, berhasil meraih posisi ke-80 Nasional di Indonesia pada UI GreenMetric World University Rankings Tahun 2022, sebuah ajang pemeringkatan berbasis komitmen tinggi terhadap pengelolaan kampus hijau dan kelestarian lingkungan hidup perguruan tinggi.
Tak hanya itu, Unilak Riau menjadi satu-satu perguruan tinggi (PT) di Riau yang berhasil masuk dalam UI Green Matric. Keberhasilan di penghujung tahun 2022 menambah daftar panjang prestasi yang diraih kampus yang telah berdiri sejak tahun 1982 ini.

Dilansir dari laman resmi greenmetric.ui.ac.id, penilaian UI GreenMetric (UIGM) dilandasi atas 3 pilar, yakni lingkungan hidup, ekonomi, dan sosial-budaya. Bobot indikator penilaian terdiri atas keadaan dan infrastruktur kampus (15%), energi dan perubahan iklim (21%), pengelolaan sampah (18%), penggunaan air (10%), transportasi (18%), serta pendidikan dan riset (18%).

Kepala PIC Greenmatric Unilak Dr Indra Purnama. M.Si merasa senang Unilak mendapatkan prestasi nasional. ”Alhamdulillah akhirnya atas persetujuan Pak Rektor kampus kita dapat diukur terkait sejauh mana aspek sustainability atau keberlanjutan di kampus kita. Semoga ke depannya, program-program hijau seperti bank sampah, penataan kawasan konservasi, serta penerapan smart building dapat terus di tingkatkan di kampus kita." ujar Indra yang dihubungi, Jumat, 30 Desember 2022.

Dijelaskan Indra, keberhasilan Unilak tersebut tak lepas dari upaya seluruh Civitas Akademika Unilak termasuk rektor dan jajarannya yang berkomitmen tinggi untuk mewujudkan kampus hijau yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Hal ini ditunjukkan dengan berbagai regulasi yang mendorong semua dosen untuk bersama-sama menciptakan ekosistem tersebut. ***

Kategori : Umum, Riau
wwwwww