Home > Berita > Umum

Sanusi: Budaya Melayu Dapat Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-Hari

Sanusi: Budaya Melayu Dapat Diterapkan dalam Kehidupan Sehari-Hari
Rabu, 28 Desember 2022 14:42 WIB
Junaidi Usman
BATHINSOLAPAN, POTRETNEWS.com — Anggota Komisi I sekaligus Ketua Bapemperda DPRD Kabupaten Bengkalis Sanusi SH MH menjadi pemateri pada acara ”Pelatihan Budaya Melayu Bagi Anak, Remaja, Pemuda/I” di aula Desa Bumbung, Kecamatan Bathinsolapan, Senin (26/12/2022) kemarin.
Kegiatan pelatihan ini sesuai dengan program Pemerintah Kabupaten Bengkalis, sesuai dengan pepatah Melayu "Di Mana Bumi Dipijak di Situ Langit Dijunjung".

Dalam rangkaian acara itu, anggota legislatif yang akrab disapa Yung Sanusi sebagai pemateri menyampaikan hal ini di hadapan para peserta mengatakan, budaya Melayu dapat diterapkan dengan mengacu kepada hal-hal keteguhan, tindakan, sikap, perilaku, dan etika di dalam kehidupan sehari-hari di tengah-tengah masyarakat.

Menurut dia prinsip tersebut tertuang di dalam ”Adat Bersendikan Syarak tidak bertentangan dengan Hukum Syarak”, sebagaimana yang tertuang di dalam Gurindam 12, Pasal 5, jika hendak mengenal orang yang berbangsa lihat kepada budi dan bahasa, jika hendak mengenal orang mulia lihatlah kepada kelakuan dia.

”Ungkapan di atas menjelaskan bahwa adat telah mengajarkan setiap tempat memiliki kebiasaan komunikasi, peraturan dan nilai. Oleh karena itu kita sebagai masyarakat melayu hendaknya mematuhi etika dan norma budaya melayu yang ada,” pungkas Yung Sanusi.

Kegiatan tersebut dihadiri dan dibuka oleh Pj Kades Pamesi Ali Ridwan, Sekdes Wahyudi, BPD Pamesi Supratman, perangkat desa, tokoh masyarakat, Ketua RT/ RW. Anggota Komisi I DPRD Kabupaten Bengkalis Sanusi SH MH saat menyampaikan pada "Pelatihan Budaya Melayu Bagi Anak, Remaja, Pemuda/i", Senin (26/12/2022) kemarin. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww