Home > Berita > Umum

64 Mahasiswa Polbeng Kunjungi Meskom, Laksanakan Program Pengabdian Masyarakat

64 Mahasiswa Polbeng Kunjungi Meskom, Laksanakan Program Pengabdian Masyarakat

Mahasiswa Polbeng Jurusan Pendidikan Pancasila bersilaturahmi dan menyerahkan paket bahan makanan kepada keluarga kurang mampu di Desa Meskom. (F-POTRETNEWS.com/JUNAIDI USMAN)

Selasa, 20 Desember 2022 14:28 WIB
JUNAIDI USMAN

BENGKALIS, POTRETNEWS.com – Sebanyak 64 orang mahasiswa Jurusan Administrasi Internasional di Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) melakukan kegiatan kunjungan dan Program Pengabdian ke Desa Meskom, Bengkalis, Senin (19/12/2022). Kegiatan tersebut bertujuan untuk mempersiapkan para generasi penerus bangsa yang akan menerima estafet kepemimpinan kelak menuju perubahan ke arah yang positif. 

Kedatangan rombongan mahasiswa yang didampingi oleh para dosennya tersebut disambut baik oleh Kepala Desa (Kades) Meskom, Usman SP. Dalam sambutannya, Usman memberikan apresiasi atas kegiatan sosial yang dilakukan mahasiswa lewat kegiatan yang mengangkat tema “Dengan Semangat Nilai Pancasila Kita Tingkatkan Kreatifitas Mahasiswa Wujudkan Kepedulian Bersama Masyarakat di Desa”.

“Kami dari Pemerintah Desa Meskom mengucapkan terima kasih kepada para dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Bengkalis yang berkunjung ke desa kami. Kami berharap dengan diskusi dan dialog yang dilakukan, mudah-mudahan bisa ikut membantu dan menjadi masukan bagi kami dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” ungkapnya.  

Usman juga mengaku siap jika kedepannya Polbeng ingin bermitra dan berkolaborasi dalam berbagai program, baik itu sosial, agama, budaya dan olahraga. “Kami siap, karena kami memandang kegiatan ini sangat bermanfaat bagi adik-adik kita mahasiswa serta kami di desa,” katanya.

Pada kesempatan itu Usman juga memaparkan tentang profil Desa Meskom, kondisi sosial masyarakat serta budaya lokal yang ada di desanya. Selanjutnya, kegiatan diisi dengan diskusi dan dialog interaktif.

Sementara itu, Dosen Pengampu Mata Kuliah Pendidikan Pancasila, Khairul Saleh MH, saat dikonfirmasi potretnews.com mengatakan, kunjungan mahasiswa dari kampus yang beralamat di Jalan Batin Alam Desa Sungai Alam ini merupakan bentuk tugas dan pengabdian dari mata Kuliah Pendidikan Pancasila. “Tujuan dari kegiatan ini adalah agar mahasiswa kami peka dan peduli terhadap masyarakat yang berada di desa,” ujarnya melalui pesan WhatsApp, Senin (19/12/2022).

Pendapat yang sama juga disampaikan M Alkadri Perdana MSc, Dosen Jurusan Bisnis yang ikut hadir pada kunjungan kali ini. Ia mengatakan, di samping peka dan peduli sesama manusia, mahasiswa nantinya juga akan membuat tugas dan laporan kegiatan mereka. “Tentang apa yang dijelaskan oleh Kades Meskom serta apa yang didapatkan di lapangan ketika melakukan kunjungan ke masyarakat tadi,” paparnya.

Ia menyebut, sebelumnya pada 29 November 2022 lalu, sejumlah mahasiswa dari kelas 1B Jurusan Pendidikan Pancasila juga telah mengunjungi Desa Batang Duku, Kecamatan Bukit Batu. Kemudian, pada 16 Desember 2022, bersama jurusan D3 Bahasa Inggris dan D4 Bispro juga menyambangi Desa Pangkalanbatang Barat.

“Semua kegiatan kita lakukan agar kreativitas mahasiswa dalam semangat Pancasila berbagi bersama sebagai salah satu kepedulian terhadap masyarakat. Semoga dengan kegiatan-kegiatan mahasiswa ini, mereka tidak dianggap mahasiswa selalu demo-demo dan kritik-kritik saja, tapi mereka juga punya nilai positif saling berbagi,” tutur Khairul Saleh.

Di kesempatan terpisah, Amanda Ika Fitri dan Muhammad Farhan Suryadinata yang merupakan mahasiswa semester I yang ikut dalam rombongan mengaku merasa terharu sekaligus bangga melihat kondisi kehidupan sosial ekonomi masyarakat yang dikunjunginya. Terutama setelah menyerahkan paket bahan makanan kepada keluarga kurang mampu.

“Kami merasa terharu dan bangga dapat berbagi dengan sesama serta dapat sedikit meringankan beban kehidupan warga yang kami kunjungi tadi. Ucapan terima kasih kami kepada Kades Meskom yang sudi menerima kami dan berbagi ilmu kepada kami. Terima kasih juga kepada dosen kami yang selalu memotivasi kami dalam menuntut ilmu,” ucap kedua mahasiswa ini bergantian. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww