Home > Berita > Umum

Utusan Bawaslu Bengkalis Hadiri Langsung Launching IKP dan Pemilihan Serentak 2024 di Jakarta

Utusan Bawaslu Bengkalis Hadiri Langsung Launching IKP dan Pemilihan Serentak 2024 di Jakarta
Jum'at, 16 Desember 2022 19:07 WIB
Junaidi Usman

JAKARTA, POTRETNEWS.com — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) RI melalui Pusat Penelitian, Pengembangan Pendidikan dan Pelatihan (Puslitbangdiklat) menggelar kegiatan Launching Indeks Kerawanan Pemilu (IKP) dan Pemilihan Serentak Tahun 2024, Jumat (16/12/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Jakarta ini, selain diikuti seluruh jajaran Bawaslu se-Indonesia, termasuk juga anggota Bawaslu Bengkalis, Usman beserta seorang staf, Marzuli Ridwan Al-Bantany.

Usman, Kordinator Divisi Pencegahan, Parmas dan Humas Bawaslu Bengkalis mengatakan, kehadiran dirinya beserta rombongan Bawaslu Riau dan Bawaslu kabupaten/kota se-Riau ke Jakarta, adalah dalam rangka memenuhi undangan Bawaslu RI pada kegiatan Launching IKP dan Pemilihan Serentak Tahun 2024.

Dikatakan Usman, sebelum ini pihaknya berdasarkan arahan Bawaslu RI bersama Bawaslu Riau dan kabupaten/kota se-Riau telah melakukan pemetaan terkait potensi kerawanan serta melakukan penyusunan IKP Tahun 2024. Adapun data-data yang dijadikan patokan dalam penyusunan IKP kali ini adalah seputar persoalan-persoalan kepemiluan dengan berbagai indikator yang terjadi selama pelaksanaan Pemilu dan Pilkada terakhir, yakni Pemilu 2019 dan Pilkada 2020 lalu.

”Dengan di-launchingnya IKP dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 ini, tentu menjadi salah satu acuan bagi kita nantinya dalam melakukan upaya-upaya pencegahan guna meminimalisir berbagai potensi kerawanan atau pelanggaran Pemilu sebagaimana yang telah dipetakan dan disusun,” terang Usman.

Sebelum dilakukannya acara seremonial launching IKP secara resmi oleh pimpinan Bawaslu RI, kegiatan yang turut dihadiri perwakilan Kemenpolhukam, Kemendagri, KPU RI, DKPP RI, BIN, pimpinan/perwakilan Komisi II DPR RI, TNI/Polri, serta sejumlah pejabat/instansi terkait dan undangan lainnya itu, diawali sambutan-sambutan dari pemangku pemilu, termasuk paparan singkat mengenai Indeks Kerawanan Pemilu dan Pemilihan Serentak 2024 oleh Kordiv Pencegahan, Partisipasi Masyarakat dan Hubungan Masyarakat Bawaslu RI Lolly Suhenty.

Tidak hanya melakukan launching, dalam kesempatan tersebut Bawaslu RI juga mengisinya dengan kegiatan seminar bertemakan Urgensi Pemetaan Kerawanan Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 untuk Menyusun Strategi Kebijakan Pencegahan dalam Kerangka Mitigasi Risiko Pemilu.

Sejumlah narasumber yang dihadirkan menyampaikan materi dalam seminar ini, antara lain dari Populi Center, akademisi, serta sejumlah narasumber lainnya yang telah berpengalaman dalam dunia kepemiluan, terutama dalam bidang penyelenggaraan dan pengawasan pemilu. ***

KETERANGAN FOTO:
Usman (kiri) dan seorang staf Marzuli Ridwan Al-Bantany dari Bawaslu Kabupaten Bengkalis saat di lokasi acara Launching IKP dan Pemilihan Serentak Tahun 2024, Jumat (16/12/2022). (F-ISTIMEWA)

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww