Home > Berita > Umum

Perdana, Pameran Proyek Software Engineering Jurusan TI Polbeng Disambut Baik

Perdana, Pameran Proyek Software Engineering Jurusan TI Polbeng Disambut Baik

Dosen Prodi Sarjana Terapan Polbeng bersama siswa beberapa SMK/SMA saat selesai mengunjungi stand Pameran Proyek Software Engineering Mahasiswa Angkatan 2020. (F-POTRETNEWS.com/JUNAIDI USMAN)

Kamis, 15 Desember 2022 18:08 WIB
JUNAIDI USMAN

BENGKALIS, POTRETNEWS.com – Selama 3 hari, Program Studi (Prodi) Sarjana Terapan kampus Politeknik Negeri Bengkalis (Polbeng) menggelar Pameran Proyek Software Engineering Mahasiswa Angkatan 2020.

Pameran yang digelar di salah satu aula Jurusan Teknik Informatika (TI) ini telah bermula pada Rabu, 14 Desember 2022 semalam dan berakhir pada Jumat, 16 Desember 2022 besok.

Ada 7 rekayasa yang diperkenalkan 7 teamwork mahasiswa semester V Prodi ini, yaitu Sistem Informasi Desa Temeran, Pemesanan Lapangan Futsal Berbasis Website, e-Boom Hotel Panorama, Apotek RR Family, Sistem Informasi Web Lowongan Pekerjaan, Aplikasi Cataloh dan Konsultasi Online DRW SKINCARE, serta Novel ku.

“Para mahasiswa kita di awal diberikan kesempatan untuk menganalisa permasalahan yang ada di sekitar lingkungan mereka, kemudian mereka analisa dan menemukan solusi, dan mereka angkat menjadi sebuah proyek,” kata Dosen Pengampu, Resky Kurniati MKom, kepada potretnews.com, Kamis (15/12/2022).

Diutarakan Resky Kurniawati, kedepannya pameran ini akan diselenggarakan di luar kampus, namun berbeda dengan pameran perdana tadi. “Insya Allah, tahun depan kita perbaiki lagi menjadi kegiatan tahunan, kita kemungkinan saja kita di luar Politeknik (Polbeng) atau bisa saja di Lapangan Tugu Bengkalis yang bisa diakses oleh masyarakat luas,” kata Resky Kurniawati.

Sigit Kurniawan, selaku Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan sekaligus anggota tim pelaksana Rekayasa e-Boom Hotel Panorama menyebutkan, pelaksanaan pameran ini hanya menggunakan dana berkisar Rp500 ribu dan kurang Rp1 juta di luar biaya hosting. Mengenai kendala yang dihadapi kelompok Sigit adalah dalam hal komunikasi. Sigit berencana melamar pekerjaan di bidang Software Engineering atau Teknik Informatika.

Sementara itu, Ketua Jurusan Kasmawi MKom mengungkapkan pameran ini sebagai upaya menjawab tantangan ke depannya. Sehingga kita mengemas kurikulum berbasis project, di mana kasusnya itu memang diambil langsung mahasiswa dari mitra kita yang menghadapi persoalan di lapangan. “Diambil datanya, dilakukan analisa kemudian dibuat prototyping-nya dan sampailah mahasiswa membuat sebuah aplikasi,” ungkap Kasmawi.

Ia menambahkan, kegiatan mahasiswa tadi merupakan rentetan beberapa mata kuliah Analisis Perancangan RPL atau Pengembangan Software. Karena hingga di semester 5, mahasiswa diharuskan mengerjakan satu mata kuliah yang dinamakan manajemen proyek.

“Kita berharap, lulusan kita diserap oleh industri lebih kurang tiga bulan. Oleh sebab itu, dalam dua tahun sekali akan kita lakukan penyesuaian kurikulum, sesuai dengan kebutuhan industri. Selain itu kami juga mengundang tenaga ahli dari industri untuk mengajar di kampus Polbeng atau di jurusan Teknik Informatika, sehingga kasus-kasus yang ada di industri itu betul-betul riil, bukan lagi dalam bentuk rekayasa,” harap Kasmawi di akhir wawancara.

Salah seorang pengunjung, yang juga guru SMKN 2 Bengkalis, Neni, mengaku sangat senang sekali dengan adanya kegiatan tersebut, apalagi di sekolahnya ada juga jurusannya software engineering. “Jadi siswa datang ke sini bisa sambil belajar, bisa tahu bagaimana jurusan RPL itu. Kedepannya kalau mereka mau melanjutkan kuliah di sini (Polbeng), mereka sudah punya pandangan, kalaupun mereka ada tugas, tahu bahwa seperti apa yang harus mereka buat, bagaimana sistem informasi, bagaimana membuat website, mereka sudah tahu, sudah ada gambarannya,” kata Neni yang membawa serta 8 orang siswanya.

Dari pantauan potretnews.com, sejumlah siswa yang rata-rata dari SMKN 1 dan SMKN 2 Bengkalis memenuhi lokasi kegiatan. Tak hanya siswa-siswa kejuruan, dari pengunjung yang hadir, terlihat juga siswa SMAN 1 dan SMAN 4 Bengkalis. Mereka terlihat begitu antusias melihat produk dari mahasiswa Polbeng tadi. Bahkan, Haikal dari SMAN 4 Sebauk bersama beberapa rekannya terlihat berbincang cukup lama di stand Pemesanan Lapangan Futsal.

Lain lagi dengan Gres Naomi Elsya, Dwi Nurhatika, Helsi Suryani dan Rendi Kurniawan dari SMKN 2 Bengkalis. Mereka terlihat “suka” dengan aplikasi e-Boom Hotel Panorama. Dengan semangat mereka berbincang dengan peramu stand terkait aplikasi tersebut.

Bagi para siswa tersebut, pameran yang diselenggarakan menjadi inspirasi tersendiri. “Pameran ini bisa memotivasi kami. Insya Allah, saya akan lanjutkan ke sini (jurusan TI),” kata Rendi Kurniawan dari SMKN 2 Bengkalis. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww