Home > Berita > Umum

Puluhan Penyair Riau akan Hadir di Festival Gurindam ASEAN di Jakarta

Puluhan Penyair Riau akan Hadir di Festival Gurindam ASEAN di Jakarta

Koordinator PERRUAS Riau, Mohd Nasir.

Rabu, 14 Desember 2022 18:55 WIB
JUNAIDI USMAN

BENGKALIS, POTRETNEWS.com – Lebih 50-an penulis yang tergabung dalam Perkumpulan Rumah Seni Asnur (PERRUAS) Riau akan berangkat ke Jakarta untuk mengikuti Festival Gurindam ASEAN yang dilaksanakan pada tanggal 17 sampai 18 Desember 2022 di Teater Kecil Taman Ismail Marzuki (TIM) Jakarta. 

Koordinator PERRUAS Riau Mohd Nasir mengatakan, semangat peserta Riau itu sangat luar biasa untuk menghadiri helat spektakuler tersebut. Padahal, kehadiran mereka menggunakan biaya sendiri. “Begitu ramainya peserta dari Riau yang ikut menulis gurindam dalam buku Kumpulan Gurindam ASEAN yang akan diluncurkan pada 18 Desember 2022 mendatang, yaitu sebanyak 169 penulis. Ini merupakan peserta terbanyak kedua dari seluruh provinsi maupun negara ASEAN yang karya mereka terdapat di dalam buku tersebut,” kata Mohd Nasir kepada potretnews.com, Rabu (14/12/2022) malam melalui pesan WhatsApp.

Ditambahkan Mohd Nasir, festival ini merupakan acara puncak dalam menyemarakkan gurindam. Kegiatan ini dimulai dari menulis buku Kumpulan Gurindam Kalbu ASEAN yang diikuti oleh beberapa negara ASEAN.

“Ada sejumlah kegiatan yang dilaksanakan oleh Perkumpulan Rumah Seni Asnur selama dua hari tersebut. Pada sore hari pertama tanggal 17 Desember 2022 akan berlangsung Seminar Gurindam ASEAN. Kegiatan itu akan dilaksanakan di Pusat Dokumentasi Sastra (PDS) HB Jassin. Ada empat pembicara yang akan mengisi seminar tersebut. Dua dari Indonesia, satu dari Malaysia, dan yang satunya lagi dari Singapura,” paparnya.

Pembicara dari Indonesia yaitu Prof Dr Abdul Malik MPd dan Mohd Nasir. Sedangkan pembicara dari Malaysia  Mohd Bakir, serta pembicara dari Singapura, Suriadi Sipan.

“Pada malam tanggal 17 Desember 2022, pimpinan PERRUAS Indonesia Asrizal Nur akan mengadakan konser Gurindam Sakuraga. Penyair yang dikenal dengan sebutan Penyair Multimedia ini akan tampil bersama dua artis ternama, yaitu Paramitha Rusady dan Glow Rosa. Dua tokoh dari Indonesia juga ikut tampil dalam pertunjukan spektakuler itu, yaitu Tuti Tarwiyah Adi dan Winda Harniati. Tuti Tarwiyah Adi adalah dosen UNJ sedangkan Winda Harniati seorang Kepala Sekolah dari Kabupaten Siak,” katanya lagi.

Pada tanggal 18 Desember 2022 sore di tempat yang sama akan berlangsung parade baca gurindam pejabat dan utusan provinsi. Dari Riau akan diwakili oleh Sitti Syatharia, guru SMA Cendana Rumbai. Sementara pada malamnya pula akan berlangsung acara puncak Festival Gurindam ASEAN yang diisi bermacam penampilan. Antara lain, Paduan Suara Gurindam Kalbu, Dramatisasi Gurindam, pembacaan gurindam oleh beberapa orang bupati dan para tokoh. “Termasuk saya sendiri selaku Koordinator PERRUAS Riau akan membacakan gurindam yang telah saya tulis dan terdapat dalam buku Kumpulan Gurindam Kalbu ASEAN,” tutur Mohd Nasir.

Pada malam puncak ini juga akan diserahkan sejumlah anugerah penghargaan yang diberikan oleh Rumah Seni Asnur kepada kelompok dan ada juga anugerah kepada perorangan. Peserta yang hadir pada acara Festival Gurindam itu datang dari seluruh wilayah Indonesia, dan juga dari Malaysia, Brunei, Singapura, dan Thailand.

Didapatkan informasi, buku Kumpulan Gurindam ASEAN setebal lebih dari 1.000-an halaman ini akan masuk dalam MURI, Museum Rekor Dunia Indonesia. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww