Home > Berita > Umum

Sampaikan Sosialisasi, Bhabinkamtibmas Aiptu Ronal Setiawan Sambangi SMKN 3 Bengkalis

Sampaikan Sosialisasi, Bhabinkamtibmas Aiptu Ronal Setiawan Sambangi SMKN 3 Bengkalis

Bhabinkamtibmas Aiptu Ronal Setiawan, Kepala SMKN 3 Bengkalis H Kusno foto bersama siswa yang dipilih mengikuti sosialisasi, Sabtu (03/12/2022). (F-POTRETNEWS.com/JUNAIDI USMAN)

Minggu, 04 Desember 2022 15:05 WIB
Junaidi Usman
BENGKALIS, POTRETNEWS.com — Dalam upaya mengaktualisasikan budaya Kamtibmas di lingkungan sekolah, Bhabinkamtibmas (Keamanan dan Ketertiban Masyarakat) Desa Kelapapati Aiptu Ronal Setiawan memberikan sosialisasi dan penyuluhan.
Acara sosialisasi dilakukan Bhabinkamtibmas Aiptu Ronal bertempat di ruang perpustakaan SMKN 3 Bengkalis di Desa Kelapapati, Sabtu (03/12/2022). Di antara materi yang disampaikan Aiptu Ronal adalah agar pelajar SMKN 3 Bengkalis tidak melakukan buli atau perundungan.

”Berikutnya, adik-adik disiplin hadir di sekolah. Baru-baru ini ada pengungkapan kasus narkoba yang tidak jauh dari kita yaitu Kelapapaati Tengah. Kami ada menjadikan masyarakat polisi atau Polmas. Mari kita tingkatkan kewaspadaan, kewaspadaan diri adik-adik, kewaspadaan lingkungan. Jangan sampai pelaku menjadi pahlawan sebab mereka selalu membantu masyarakat. Begitu juga di lingkungan sekolah, mari kita jaga tata tertib di sekolah ini sehingga dapat menjaga nama baik sekolah. Kita akan melakukan razia di sini, razia tas, razia HP. Gunakan HP sebaik-baiknya. Sekarang ini dunia teknologi, dunia yang penuh inspirasi dapat menimbulkan hal-hal yang negatif. Jaga diri, jangan sampai baru kenal di media sosial sudah terkena bujuk rayu. Raihlah prestasi," kata Aiptu Ronal di hadapan 33 siswa yang merupakan perwakilan kelas masing-masing.

Aiptu Ronal juga menyebutkan, "Dalam hal penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah (SMKN 3) ini belum ada saya dengar. Isi kegiatan-kegiatan adik-adik yang bermanfaat seperti olahraga, meningkatkan keimanan dan lain sebagainya. Narkoba dibasmi namun tetap beredar. Mudah-mudahan siswa SMKN 3 ini menjadi pelopor, anti perundungan, anti narkoba sehingga membantu terciptanya situasi yang kondusif," harapnya.

”Zaman sekarang ekonomi kita sulit, ekonomi lemah, inflasi meningkat, harga barang meningkat. Mulai hari ini sampaikan kepada masyarakat agar jangan sampai menjadi tempat aman bagi pelaku tindak pidana penyalahgunaan narkoba. Jaga nama baik SMKN 3 ini, tunjukkan prestasi, sekolah yang tertib, patuh kepada guru jika ada hal yang kurang baik maka berdampak kepada saya selaku Bhabinkamtibmas," ungkap Aiptu Ronal Setiawan yang juga Bhabinkamtibmas Kelurahan Damon seraya menambahkan dengan sebuah kiasan jika ada api cepat dipadamkan, ada masalah cepat direndamkan. Yuli seorang guru SMKN 3 dalam kesempatan ini menanyakan sangsi jika siswa melakukan hal-hal yang melanggar hukum.

”Sanksi hukum bagi anak di bawah umur tetap ada. Penganiayaan, perundungan yang menyebabkan guncangan psikis," jawab Aiptu Ronal. ”Adik-adik yang berminat menjadi Prajurit Bhayangkara siapkan diri melalui dua retro, jalur akademik dan prestasi dan jalur umum. Pulau Bengkalis istimewa di Indonesia sebab pulau terluar terdepan yang memprioritaskan anak-anak di pulau ini," imbuh Aiptu Ronal.

Putra siswa asal Wonosari Barat di hadapan hadirin mengungkapkan ingin menjadi seorang polisi yang disambut tepuk tangan kawan-kawannya. Sofianti siswa asal Desa Pangkalan Batang yang mengikuti sosialisasi ini pula mengaku memahami apa yang disampaikan Aiptu Ronal Setiawan.

”Ada hal baru yang didapatkan dari Bhabinkamtibmas tadi yaitu buli di lingkungan sekolah dan masyarakat. Cita-cita saya menjadi pengusaha jahe, obat-obatan herbal dan lain-lain. Jika ada kemudahan dan peluang, ingin menjadi Polwan," ungkap Sofianti yang pernah menjadi juara pertama dalam lomba pidato se-Kabupaten Bengkalis dan juara 3 di kelas ini.

Aiptu Ronal Setiawan selaku Bhabinkamtibmas di Desa Kelapapati yang sudah melakukan kerja sama dengan SMKN 3 Bengkalis, membawahi beberapa sekolah termasuk juga sekolah ini.

”Saya melakukan komunikasi, sambang untuk melakukan pembinaan dalam bidang keamanan dan ketertiban di sekolah ini. Bagaimana siswa di sini nyaman belajar, tidak ada gangguan ataupun mendapat hal-hal yang tidak diinginkan terjadi dan kami juga mengajak dan menyampaikan stop bullying. Kita mengajak para siswa menimbulkan kepekaan terhadap sekolahnya, kepekaan terhadap lingkungannya, jadi cepat melaporkan jika mereka sudah peka terhadap situasi lingkungan yang ditemukan di lapangan. Kita juga butuh informasi yang terjadi di masyarakat maupun di lingkungan tempat tinggalnya," kata Aiptu Ronal setelah selesainya sosialisasi.

Kepala SMKN 3 H Kusno pula mengatakan, kegiatan ini sebenarnya sejalan dengan program sekolah yang sudah kita programkan setiap tahunnya untuk mengantisipasi dari pada kenakalan remaja yang berlaku di sekolah-sekolah apalagi era sekarang ini lagi ngetren dengan masalah perundungan di sekolah, maka dengan penyuluhan tadi saya kira sangat baik sekali dan program ini akan terus kita jalankan.

Selanjutnya, kata dia lagi, masalah prospek dan peluang bagi anak-anak kami untuk mendaftar menjadi prajurit polisi nampaknya juga bersemangat cuma mungkin anak-anak ini masih malu karena kepercayaan dirinya yang belum terlatih berbicara di forum umum. Inilah kelemahan dari siswa kami sehingga Insya Allah kedepannya mungkin dengan kegiatan ini bisa berdampak positif sehingga mengurangi kenakalan remaja di lingkungan sekolah. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww