Home > Berita > Umum

Ribuan Masyarakat Hadiri Special Grand Maulud Season 3 Bengkalis Bersholawat dan Doa untuk Negeri

Ribuan Masyarakat Hadiri <i>Special Grand Maulud Season 3</i> Bengkalis Bersholawat dan Doa untuk Negeri

Para ulama memimpin kegiatan selawat pada acara Special Grand Maulud Season 3 Bengkalis Bersholawat dan Doa Untuk Negeri. (F-JUNAIDI USMAN)

Selasa, 29 November 2022 14:58 WIB
JUNAIDI USMAN
BENGKALIS, POTRETNEWS.com – Lebih dari dua ribuan masyarakat ‘membanjiri’ Lapangan Tugu, Bengkalis, Sabtu (26/11/2022) malam lalu. Mereka duduk dengan rapi dan antusias mengikuti acara Special Grand Maulud Season 3 Bengkalis Bersholawat dan Doa untuk Negeri.
Maulud yang pelaksanaannya tahun ini merupakan tahun ketiga dihadiri Al-Habib Muhammed bin Hussein Al Habsy Hadramout (Yaman) dan Al-Habib Ali bin Hasan Al Habsy (Solo) bersama ulama, umaro, TNI, Polri dan masyarakat. Sementara pembacaan Maulid Habsy langsung dipandu Abah Ahmad Fadhli Inayatullah, pimpinan Majelis Ilmu dan Amal (MIA) Baa Khalish 2002.

Menurut Ketua Panitia, Wira Sugiharto, kegiatan ini digelar berawal dari hal yang sudah dilakukan oleh orang-orang tua sebelumnya, dan kita sebagai generasi muda punya kewajiban untuk membangkitkan serta menghidupkan kembali.

“Kita ingat cerita orang-orang tua kita, kalau di bulan Maulid itu mereka safari sampai empat puluh malam. Nah, hari ini kita harus bisa mengembalikan itu, mengenalkan selawat kepada generasi muda,” kata Wira Sugiharto kepada potretnews.com, Sabtu (26/11/2022) malam, sesaat sebelum menyambut ketibaan Al-Habib Muhammed bin Hussein Al Habsy Hadramout, Al-Habib Ali bin Hasan Al Habsy, Abah Ahmad Fadhli Inayatullah dan rombongan.

Bupati Bengkalis Kasmarni menyambut baik kegiatan ini. Dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis Bagus Santoso, dirinya mengharapkan agar momentum pertemuan yang terjadi pada kegiatan ini memberikan keberkahan dan kedamaian bagi kita semua.

“Ucapan terima kasih kami haturkan kepada panitia pelaksana, semoga jerih payah bapak ibu Insya Allah dilipatgandakan pahalanya oleh Allah SWT. Dan kita juga berharap kegiatan seperti ini kiranya dapat dilaksanakan setiap tahunnya,” katanya.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis, lanjut Bagus Santoso, senantiasa berkomitmen mendukung kegiatan keagamaan dan kebudayaan yang dilaksanakan oleh masyarakat. Karena hal tersebut tertuang di dalam salah satu dari 3 program prioritas pembangunan sebagai penjabaran dari visi dan misi Kabupaten Bengkalis 2021-2026, yakni mewujudkan reformasi birokrasi serta penguatan nilai-nilai agama dan budaya menuju tata kelola pemerintahan yang baik dan masyarakat yang berkarakter.

Menurutnya, untuk mewujudkan apa yang menjadi misi ini kedepan perlu doa dan dukungan serta sinergi semua pihak, termasuk masyarakat Kabupaten Bengkalis. Karena disadari, untuk membangun negeri ini tidak akan mampu dilakukan hanya oleh pemerintah sendiri, melainkan dukungan dan suport dari semua kalangan.

“Dengan berselawat, Allah akan menurunkan rahmat-Nya kepada kita semua, Allah kabulkan seluruh hajat kita, Allah angkat seluruh kesusahan dan penyakit kita, Allah jaga kampung kita, Allah hilangkan semua wabah dan maksiat di negeri kita, dan Allah selamatkan kita semua di dunia maupun di akhirat,” tutupnya.

Al-Habib Ali bin Hasan Al Habsy dalam tausiahnya mengisahkan kecintaan sahabat Rasulullah SAW. Ali bin Abi Thalib mempersembahkan seluruh hartanya kepada Baginda Nabi, Abu Bakar Sidik pula dalam perjalanan menyelamatkan diri dari kejaran kaum Quraisy terkadang berada di depan Rasulullah SAW, terkadang di kiri, terkadang di kanan dan terkadang di belakang Rasulullah SAW.

“Dan salah satu syarat seorang dinyatakan sempurna keimanannya tatkala orang tersebut mencintai Rasulullah SAW melebihi dirinya sendiri, melebihi kedua orang tuanya dan melebihi orang-orang yang lain. Keimanan yang sejati bisa digambarkan tatkala orang tersebut mengedepankan dan mau nomor satu karena Rasulullah SAW,” jelas Al-Habib Ali bin Hasan Al Habsy.

Al-Habib Ali bin Hasan Al Habsy yang mendapat keterangan dari Abah Ahmad Fadhli Inayatullah di dalam membangun Maulid Simtudduror dari desa ke desa serta dari rumah ke rumah, menyampaikan apresiasinya. Menurutnya, hal itu bertujuan untuk mengenalkan kita kepada Rasulullah SAW. Karena kalau Rasulullah SAW ada di dalam hati dan rumah kita, tentunya kenyamanan, ketenangan, ketentraman, serta kesejahteraan akan didapati berkat Rasulullah SAW, sebagaimana yang bisa diambil dari kisah Rasulullah SAW yang penuh dengan keberkahan.

“Dikisahkan, ekonomi Halimatussadiah sebelum menyusui Rasulullah SAW sangat memprihatinkan. Anak-anak beliau sering menangis karena kelaparan. Dikisahkan, ketika Halimatussadiah menuju Kota Mekah dia yang paling terlambat tiba, tetapi ketika pulang membawa Rasulullah SAW dialah yang pertama tiba di Kota Madinah, padahal keledai yang ditungganginya sama,” ungkap Al-Habib Ali bin Hasan Al Habsy mengungkit sejarah.

Acara Special Grand Maulud Season 3 Bengkalis Bersholawat dan Doa Untuk Negeri Sabtu malam kemarin berjalan dengan lancar. Cuaca cerah, sebagai pertanda Allah SWT meridhoi Kabupaten Bengkalis, pulau Bertuah ini.

Selain Wabup Bengkalis Bagus Santoso, ikut hadir di acara ini Ketua MUI Buya H Amrizal, anggota DPRD Provinsi Riau Misliadi, Ketua Umum DPH LAMR Bengkalis Datok Seri H Sofyan Said, anggota DPRD Bengkalis H Zamzami, Dandim 0303/Bkls diwakili Kasdim Mayor Arh Sudiyono, Kapolres Bengkalis diwakili Kabag Ops Polres Bengkalis Kompol Oka Mahendra, Ketua Pengadilan Agama Bengkalis Rahmatullah Ramadan, dan Ketua TP-PKK Kabupaten Bengkalis Hj Siti Aisyah.

Lalu, dari kalangan ulama terlihat hadir Pimpinan Majelis Sholawat Hubbun Nabi Bengkalis Kiyai Hasan Ar-Rofi'i, Pimpinan Pondok Madani Bengkalis Kiyai Suyendri, Pimpinan Pondok Nurussalam Kiyai Nizar, Pimpinan Pondok Darussalam Al Bantani Kiyai Amri, Pimpinan Majelis Hubbun Nabi Bantan Kiyai Sahri, dan Pimpinan Pesantren Hidayatul Mubtadiin Bandar Sungai Kiyai Fuad Wibowo. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww