Home > Berita > Umum
*MTQ ke-47 Resmi Ditutup

Kecamatan Bengkalis Kembali Rebut Juara Umum, Muhammad Firdaus Jadi Qari Terbaik

Kecamatan Bengkalis Kembali Rebut Juara Umum, Muhammad Firdaus Jadi Qari Terbaik

Sekda Bengkalis H Bustami HY mengikuti jalannya acara penutupan MTQ ke-47 Tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 2022, di Kompleks Pertama RU II Sungai Pakning. (F-JUNAIDI USMAN)

Senin, 21 November 2022 16:09 WIB
Junaidi Usman
BENGKALIS,POTRETNEWS.com — Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke-47 tingkat Kabupaten Bengkalis Tahun 2022 resmi ditutup. Penutupan acara secara resmi dilakukan Bupati Bengkalis Kasmarni diwakili Sekda H Bustami HY, Ahad (20/11/2022), sekitar pukul 21.22 WIB, bertempat di Kompleks Pertama RU II Sungaipakning.
Penutupan tersebut ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Sekda Bengkalis H Bustami bersama para camat se-Kabupaten Bengkalis, Kepala Kantor Kemenag Bengkalis H Khaidir, Ketua LAM-R Bengkalis dan Forkopimcam Bukitbatu.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati Bengkalis melalui Sekda H Bustami mengatakan, kegiatan MTQ yang lekat dengan syiar agama ini tentunya akan terlihat hampa, jika tidak memberi bekas dan pengaruh terhadap perilaku dan kehidupan masyarakat muslim secara keseluruhan. Apalagi bagi peserta dan kafilah MTQ ke-47 Tingkat Kabupaten Bengkalis.

Untuk itu, kata dia, pasca-MTQ ini sangat diperlukan perhatian dan keterlibatan sungguh-sungguh, serta tanggungjawab seluruh komponen umat Islam, ormas, peserta dan kafilah maupun seluruh jajaran aparatur Pemerintah Kabupaten Bengkalis. Agar dapat bersinergi membangun komitmen serta kerja keras dan kerja ikhlas semua, sehingga penyelenggaraan MTQ ini dapat memberikan manfaat, dan pengaruh positif bagi pembinaan kehidupan keagamaan masyarakat.

“Kami juga berharap, kepada camat bersama LPTQ kecamatan, harus ada upaya secara terencana pembibitan qari dan qariah, hafidz-hafidzah, mufassir-mufassiroh, maupun cabang musabaqah lainnya, dengan mengembangkan potensi dan sumber daya manusia yang dimiliki oleh masing-masing kecamatan,” harapnya.

Dan kepada LPTQ Kabupaten Bengkalis, Bupati Kasmarni berharap melakukan pendampingan dan pembinaan kepada LPTQ kecamatan secara berkelanjutan. Agar program membumikan Alquran serta menegakkan syiar Islam, untuk memperkokoh nilai-nilai Alquran dalam sendi-sendi kehidupan masyarakat dapat tercapai. “Terus tanamkan komitmen LPTQ untuk senantiasa mengamalkan dan melaksanakan MTQ yang bersih, jujur, berakhlak, berkualitas dan berprestasi,” tuturnya.

Kasmarni juga berpesan kepada para qori-qoriah, hafidz-hafidzah, mufassir-mufassirah, khottot-khottotoh, yang telah meraih peringkat juara dalam pelaksanaan MTQ ke-47 ini, agar jangan berbangga diri dulu. Karena prestasi yang telah diraih memiliki konsekuensi dalam rangka mempersiapkan diri untuk tetap terus berlatih, sehingga pada gilirannya bisa membawa harum nama Kabupaten Bengkalis pada pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi Riau dan Nasional mendatang.

Pada malam penutupan tersebut diumumkan bahwa Muhammad Firdaus, yang merupakan qari dari Kecamatan Talangmuandau, ditetapkan sebagai Qori Terbaik dalam MTQ kali ini. Penetapan ini sebagaimana dibacakan Sekretaris Majelis Hakim MTQ ke-47, H Imam Hakim.  

Selain itu juga diumumkan bahwa Kecamatan Bengkalis kembali berhasil menjadi juara umum untuk keenam kalinya. Sedangkan, juara pertama pawai takruf dan stan bazar berhasil diborong Kecamatan Mandau.

Keberhasilan kafilah Kecamatan Bengkalis ini disambut bahagia oleh H Junaidi SAg. Selaku Ketua LPTQ Kecamatan Bengkalis dirinya mengaku sangat bersyukur atas capaian juara umum yang keenam kalinya.

“Apalagi Kecamatan Bengkalis pada tahun ini berhasil meraih nilai tertinggi dari tahun sebelumnya dengan nilai 114 poin. Terima kasih kepada peserta yang telah mengikuti MTQ dengan semangat. Terima kasih juge kepada Pak Camat yang selalu support kafilah Kecamatan Bengkalis dalam MTQ ke-47 ini,” ucapnya kepada potretnews.com, Senin (21/112022). ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww