Gubri Syamsuar Luncurkan e-Money Perdana di Kalangan Pelajar, Minta Seluruh Sekolah di Riau Menerapkannya

Gubri Syamsuar Luncurkan </i>e-Money</i> Perdana di Kalangan Pelajar, Minta Seluruh Sekolah di Riau Menerapkannya

Gubernur Riau Syamsuar melakukan launching penggunaan e-money di SMAN 2 Dayun, Kabupaten Siak. (F-IST)

Kamis, 17 November 2022 19:21 WIB
Galeri Foto
SIAK, POTRETNEWS.com – Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan peluncuran penggunaan e-money di SMAN 2 Dayun Kabupaten Siak, Kamis (17/11/2022). Gubri mengatakan, peluncuran program e-money untuk pelajar di Siak sangatlah bagus karena dunia pendidikan ke depannya akan didigitalisasi. “Kita semua harus melek digital dan saya berharap launching kartu pelajar e-money di kalangan pelajar ini dari Siak untuk Riau. Launching e-money di kalangan pelajar ini perdana di Riau," ungkapnya.

Syamsuar berharap, sekolah-sekolah yang ada di Riau menerapkan e-money yang merupakan program kerja sama dengan Bank Rakyat Indonesia (BRI). Menurutnya, pendidikan harus menjadi prioritas utama. Oleh karenanya, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau terus berupaya memberi pelayanan terbaik, salah satunya dengan program pendidikan gratis di Riau.

“Seiring dengan program pendidikan ini, kita juga harus menguasai teknologi seperti e-money ini,” ucapnya.

Syamsuar menyebutkan, banyak anak-anak di Riau yang berprestasi di dunia pendidikan. Bahkan, prestasi pelajar Riau tidak hanya dalam negeri, tapi juga di luar negeri. “Riau ini banyak orang pintar asal mau belajar. Sekolah harus bisa berinovasi dan kreatif, metode pendidikan perlu dibenahi,” katanya.

Menurut Syamsuar, program Sekolah Merdeka merupakan salah satu cara inovasi terhadap metode pendidikan. “Untuk mencapai itu (Sekolah Merdeka), manfaatkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Sekolah Daerah (bosda) sebaik mungkin,” ungkapnya.

Gubri menambahkan, selain bekerja sama untuk program e-money, BRI juga berkolaborasi menghasilkan aplikasi memantau kegiatan sekolah. Dia pun menyambut baik adanya aplikasi tersebut karena kegiatan pelajar bisa dipantau atau diketahui orangtua.

“Itulah keuntungan teknologi membuat kita semakin mudah memberikan pelayanan. Semoga dunia pendidikan Riau semakin membaik,” harap Syamsuar.

Sementara itu, Kepala SMAN 2 Dayun Siak Dewi Rahmayani mengatakan, dengan bekerja sama dengan BRI pihaknya membuat program e-money sebagai alat pembayaran sah di lingkungan sekolah, termasuk belanja di kantin.

“Kartu ini kami harapkan bisa mengontrol anak-anak, karena sekolah tidak ada pagar sehingga anak-anak bebas keluar dan kami khawatirkan mereka membeli rokok di luar,” katanya.

Dengan adanya e-money, Dewi berharap, kartu ini bisa mengatasi masalah krusial pelajar di sekolah karena mereka tidak punya uang cash. “Kami sangat berharap adanya kerja sama dengan orangtua murid,” ucap Dewi.

Pada kesempatan itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Provinsi Riau M Job Kurniawan berharap, kolaborasi SMAN 2 Dayun dengan BRI menjadi pemicu bagi sekolah lainnya untuk berbuat hal yang sama.

Dia menyebutkan, kerja sama tersebut tidak hanya pada e-money, tetapi juga tabungan anak sekolah dan aplikasi memantau kegiatan anak-anak sekolah. “Ini luar biasa. Apalagi, kepala sekolahnya masih pelaksana tugas (plt) tapi sudah berbuat luar biasa, mudah-mudahan bisa definitif,” kata Kurniawan.

Pada akhir launching e-money tersebut, Syamsuar didampingi Kurniawan dan Dewi berbelanja di kantin menggunakan e-money. Adapun struk belanja yang keluar dari mesin electronic data capture (EDC) di merchant sebesar Rp 20.000. Usai mendapat barang belanja, Syamsuar menyerahkannya kepada pelajar yang kebetulan berada di kantin.

Peluncuran e-money digelar bersamaan dengan perayaan milad ke-15 SMAN 2 Dayun, peresmian taman literasi sekolah, dan rapat koordinasi seluruh kepala sekolah se-Kabupatan Siak dengan Gubernur Riau. (Galeri Foto)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/30112022/potretnewscom_jttku_2495.jpg

Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan sertifikat kepada siswa pemenang lomba sempena milad ke-15 SMAN 2 Dayun. (F-IST)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/30112022/potretnewscom_3rmsh_2496.jpg

Gubernur Riau Syamsuar menyerahkan secara simbolis kartu pelajar yang dilengkapi dengan e-money kepada perwakilan siswi SMAN 2 Dayun. (F-IST)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/30112022/potretnewscom_knsmn_2497.jpg

Gubernur Riau Syamsuar memberi kata sambutan pada acara peluncuran penggunaan e-money di SMAN 2 Dayun. (F-IST)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/30112022/potretnewscom_tymfh_2498.jpg

Gubernur Riau Syamsuar berbincang dengan Kepala SMAN 2 Dayun sesaat setelah peluncuran penggunaan e-money. (F-IST)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/30112022/potretnewscom_d69nd_2499.jpg

Gubernur Riau Syamsuar disambut hangat dan disalami oleh sejumlah siswa dalam kunjungannya di SMAN 2 Dayun. (F-IST)

https://www.potretnews.com/assets/imgbank/30112022/potretnewscom_zdpal_2500.jpg

Gubernur Riau Syamsuar memotong pita pada peresmian taman literasi sekolah di SMAN 2 Dayun. (F-IST)

Kategori : Pemerintahan, Riau
wwwwww