Home > Berita > Umum

Pelantikan Pengurus DMDI Sekretariat Kota Dumai Terasa Istimewa, Ini Sebabnya!

Pelantikan Pengurus DMDI Sekretariat Kota Dumai Terasa Istimewa, Ini Sebabnya!

Presiden DMDI Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Mohd Rustam menyerahkan bendera pataka kepada Ketua DMDI Dumai Datuk Timo Kipda SH bin HM Daud. (F-JUNAIDI USMAN)

Minggu, 13 November 2022 18:44 WIB
JUNAIDI USMAN
DUMAI, POTRETNEWS.com – Pelantikan Pengurus Dunia Melayu Dunia Islam (DMDI) Sekretariat Kota Dumai masa khidmat 2022-2027 pada Kamis malam (10/11/2022) lalu terasa sangat istimewa. Hal ini karena banyaknya tamu yang hadir. Bukan hanya pejabat dan Forkopimda Kota Dumai, serta pejabat dari Provinsi Riau, bahkan tamu undangan dari Malaysia, Singapura serta negara Timor Leste menyempatkan diri datang pada acara pelantikan.
Dalam acara yang sebagian besar dibiayai oleh Pemerintah Kota (Pemko) Dumai ini terlihat hadir Presiden DMDI Pusat Melaka, Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Mohd Rustam, Ketua DMDI Negara Timor Leste, Datuk Arif Sagran, dan DMDI Singapura. Selain itu, turut hadir Gubernur Riau Syamsuar, Mantan Gubernur Riau Rusli Zainal, Ketua DMDI Riau Datok H Aziz bin Manaf dan pengurus, Ketua DPRD, Ketua MKA LAMR Provinsi Riau Datuk Seri Marjohan Yusuf, Ketua DPH LAMR Datuk Seri Taufik Ikram Jamil, Konsul Malaysia Wan Nursima, MKA dan DPH LAMR Dumai, Kadis Kebudayaan Provinsi Riau Yose Rizal Zen, Mantan Wakil Gubernur Riau Wan Abubakar, Dandim 0320 Dumai, Kapolresta Dumai, Sekko, para pimpinan paguyuban se-Kota Dumai serta undangan lainnya.

Acara pengukuhan sendiri dimulai dengan pembacaan SK Pengurus DMDI Sekretariat Kota Dumai oleh Sekretaris DMDI Riau, Datok Taslim. Begitu nama-nama disebutkan, para pengurus tersebut langsung mengambil posisi di pentas acara dan di depan pentas. Setelah Ketua DMDI Sekretariat Kota Dumai Datuk Timo Kipda SH bin HM Daud menerima bendera pataka DMDI dari Presiden DMDI Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Mohd Rustam, bendera petaka dikibarkan Datuk Timo Kipda. Presiden DMDI Tun Seri Setia Dr H Mohd Ali bin Mohd Rustam selanjutnya memasang atribut di kanan atas baju Teluk Belanga yang dipakai Datuk Timo Kipda, yang dirangkai pemberian ucapan selamat kepada para pengurus di depan pentas tadi.

Dalam sambutannya, Ketua DMDI Dumai Datuk Timo Kipda mengatakan tentang pentingnya menjaga persatuan dan kesatuan. Menurutnya, peninggalan Belanda yang berhasil hingga saat ini adalah memecah belah sesama bangsa Indonesia, yang memang terlahir dengan beragam etnis dan suku bangsa. Namun demikian, dengan semangat persatuan yang terbangun, dirinya yakin tak akan ada persoalan yang terjadi.

Datuk Timo memuji Dandim 0320/Dumai yang bermarga dan Kapolresta Dumai bersuku Jawa, tapi memakai baju Melayu Teluk Belanga. “Yang datang dari mana-mana, tinggal di Dumai, kampung kita di sini, jadilah orang rumah yang bisa membangun Dumai. Banyak mengajak bukan mengejek, mari merangkul bukan memukul. Yang baik belum tentu benar, tapi yang benar sudah tentu baik," kata Datuk Timo Kipda.

Datuk Timo dalam kesempatan itu juga memperkenalkan beberapa hadirin yang menjadi sponsor kegiatan pelantikan, baik dari birokrat maupun pengusaha, baik yang Melayu maupun bukan. Seperti Junaidi, seorang warga Tionghoa yang tahun 2022 yang membantu 7 sapi kurban.

“Acara pelantikan ini pun beliau turut membantu, termasuk Iwan Sanjaya juga warga Tionghoa, dan Samsuddin seorang pengusaha warga Malaysia. Teristimewa Walikota Dumai, Muhammad Paisal, yang luar biasa sengaja merenovasi tempat acara hanya untuk acara pelantikan. Serta bapak Sekda dan Ibu,” ungkapnya.

“Belajar dari yang pandai, bertanya kepada yang tahu, meminta kepada yang ada, beri kepada yang perlu. Maka wajarlah kalau saya meminta kepada Pak Junaidi, Pak Iwan, kepada Pak Sam, kemudian mengadu kepada Pak Wali Kota,” tutur Datuk Timo lagi, seraya menambahkan bantuan yang diperoleh tanpa melalui proposal, tapi melalui SMS (Short Message Service) saja.

Diungkapkan Datuk Timo, ada sekitar 30-an orang tamu dari DMDI Pusat Melaka, dari Singapura, dan dari Timor Leste. “Saya sudah sampaikan kepada kawan-kawan pengurus DMDI, kalau kita susah orang lain tidak perlu tahu. Acara ini kita kemas, sepertinya hebat, dan memang hebat menurut saya. Kalau ada orang mengatakan acara malam ini tidak hebat, saya tidak yakin orang itu usianya panjang,”  ulasnya dengan penuh canda.

“Terima kasih kepada seluruh panitia, kepada suami yang istrinya kami ajak bersama menjadi pengurus DMDI Sekretariat Kota Dumai, terutama istri saya, lihatlah, inilah hasil malam ini, bagaimana suamimu tampil di depan ini dengan bangganya untuk memajukan Dunia Melayu Dunia Islam,” ucapnya lagi yang disambut tawa hadirin dirangkai pujian buat Gubernur Riau Syamsuar dan Walikota Dumai Muhammad Paisal yang terus mendukung DMDI Sekretariat Kota Dumai.

Sementara itu, Ketua DMDI Riau, Datuk H Ajis bin Manaf dalam sambutannya menyampaikan bahwa saat ini sebanyak 5 pengurus DMDI kabupaten/kota di Riau telah dilantik. Pertama, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Bengkalis, Kepulauan Meranti, Kampar dan malam ini, Kota Dumai. “Insya Allah dua pekan kedepannya kita melantik di Kabupaten Indragiri Hilir (Inhil), kampungnya Pak Rusli Zainal, kemudian Inhu dan Kuansing,” sebut Datuk Ajis bin Manaf.

Dalam masa pandemi Covid-19, DMDI Riau sebut Datuk Ajis, mengunjungi desa-desa di pedalaman serta menggelar berbagai kegiatan. Ada khitanan massal dan kurban massal. Setelah Covid-19 mereda, ada kegiatan Jumat Berkah dengan menyiapkan makanan siap konsumsi diserahkan ke panti-panti asuhan. “Harapan kami kepada DMDI Sekretariat Kota Dumai, bisa melaksanakan kegiatan sebagaimana dilaksanakan DMDI Provinsi Riau,” ucapnya.

Kepada Gubernur Riau, Datuk Ajis menyampaikan juga bahwa pada Oktober hingga Desember 2022 nanti, lebih dari 9 tamu akan datang ke Riau. “Kemaren, 45 orang Datuk Sidang berkunjung ke Riau, kemudian 37 orang guru TK Thailand, ada usahawan-usahawan DMDI dan Insya Allah Datuk Joyah, Biro Wanita DMDI juga akan berkunjung Riau,” ujarnya.

Selain menerima kunjungan, DMDI Riau juga berkunjung ke UITM Melaka, Menara Tameng Sari dengan rombongan berjumlah 109 orang membawa pertunjukan seni budaya selama 3 hari yang dilanjutkan ke Thailand selama 4 hari.

Datuk Said Aldy Al Idrus Sekjen DMDI Republik Indonesia mewakili Ketua DMDI RI dalam sambutannya pula mengucapkan selamat atas pelantikan pengurus DMDI Dumai. “Semoga Allah SWT memberikan kemudahan kepada Ketua dan pengurus karena amanah yang diemban adalah amanah untuk membangun umat dan masyarakat Melayu di Kota Dumai. Jangan hanya euforia berbaju seragam, setelah dilantik, tidak ada manfaat bagi masyarakat Melayu, khususnya di Kota Dumai,” katanya mendoakan.

Datuk Said Aldy Al Idrus meminta pengurus harus benar-benar memahami fungsi dan tugas DMDI, khususnya di Kota Dumai yang dinilainya memiliki Walikota yang luar biasa. “Mari kita sama dukung untuk membangun masyarakat Melayu,” tegasnya.

Ia menambahkan, DMDI Indonesia hari ini sesuai arahan Presiden DMDI, melaksanakan program food bank, yakni mencari orang-orang Melayu orang-orang Islam yang miskin di Kota Jakarta, dimana pagi tidak bekerja sehingga malam mereka tidak menikmati makan malam. Setelah didata, bantuan lalu diberikan, targetnya kepada 1.500 Kepala Keluarga.

“DMDI setiap pekan memberikan satu bungkus berisikan beras, gula, minyak, sarden dan lain-lain. Kita tidak ingin melihat ada umat Islam di kota besar yang tidak lagi bisa menikmati makanan. Dengan food bank, alhamdulillah, ini sudah mulai bisa dinikmati khususnya di Kampung Melayu, Jakarta Timur,” ucapnya.

Inilah yang diharapkannya harus menjadi ide dan gagasan bagi pengurus DMDI Dumai. Apalagi Dumai dihuni banyak tokoh serta pengusaha. “Ayo bergerak membantu umat Islam umat Melayu di Kota Dumai ini. Jangan kita euforia, kita harus membangun masyarakat yang benar-benar bisa membangun keluarga yang sejahtera dan bahagia. Kita membangun DMDI harus untuk kepentingan umat Islam di mana saja berada,” pungkasnya. ***

Kategori : Umum, Dumai
wwwwww