Home > Berita > Umum

IPHI Kecamatan Bengkalis Lakukan Wisata Religi ke Besilam

IPHI Kecamatan Bengkalis Lakukan Wisata Religi ke Besilam

IPHI Kecamatan Bengkalis melakukan Wisata Religi ke Besilam, Langkat, Provinsi Sumatera Utara.(F-JUNAIDI USMAN)

Senin, 31 Oktober 2022 14:11 WIB
JUNAIDI USMAN

BENGKALIS, POTRETNEWS.com – Ikatan Persaudaraan Haji Indonesia (IPHI) Kecamatan Bengkalis, melaksanakan program kerjanya dengan melakukan Wisata Religi ke Besilam, Langkat, Provinsi Sumatera Utara (Sumut).

Wisata Religi yang diikuti oleh 38 orang haji dan hajah serta seorang imam Masjid Agung Istiqomah H Zulkifli ini bermula dari Sungai Pakning pukul 13.35 WIB pada Kamis, 27 Oktober 2022 kemaren.

Ketua IPHI Kecamatan Bengkalis H Mansur Aminin yang merupakan Ketua Rombongan menerangkan, dari Sungai Pakning mereka langsung menuju ke Medan dengan melakukan persinggahan di beberapa tempat untuk istirahat, salat dan makan.

Diantara tempat yang rombongan ini singgahi sebelum sampai ke tujuan utamanya di Besilam Langkat adalah Masjid Raya Tebing Tinggi, untuk mendirikan salat Subuh berjamaah yang diimami oleh H Zulkifli. Di masjid ini, rombongan tidak lupa melakukan sujud sajadah.

Kemudian, singgah di Masjid Raya Stabat melakukan salat sunat Dhuha yang selanjutnya menziarahi makam Tuan Guru Syeih Abdul Wahab Rokan Alkhalidi Naqsabandi.

Silaturahmi pun terjalin antara rombongan IPHI Kecamatan Bengkalis dengan Tuan Guru Besilam (Babussalam) Langkat, yakni Tuan Guru Dr Zikmal Fuad MA, yang merupakan cicit pertama dari Tuan Guru Syeih Abdul Wahab Rokan Alkhalidi Naqsabandi yang makamnya diziarahi sebelumnya.

Setelah salam perkenalan dari H Mansur Amin, dilanjutkan dengan mendengarkan tausiah singkat oleh Tuan Guru Besilam Langkat yang langsung memimpin bacaan doa. Ketua IPHI H Mansur tak lupa menyerahkan kenang-kenangan yang telah disiapkan. Kemudian, salam-salaman mohon doa restu dan ditutup dengan foto bersama.

Perjalanan rombongan IPHI Kecamatan Bengkalis ini juga berkesempatan mendirikan salat Jumat di Nosah Besilam, yang selanjutnya mengarah kembali pulang dengan mengunjungi Masjid Raya Azizi. Kemudian salat Subuh di Masjid Raya Medan Al Maksum, dan mengunjungi Istana Maimoon di ibukota Provinsi Sumatera Utara sebelum kembali ke Bengkalis.

Dalam perjalanan wisata ini, rombongan juga berkesempatan memetik langsung buah strawbery di kebunnya di Berastagi dan singgah di Air Terjun Sipisopiso.

“Ini merupakan program tahunan dan penyegaran ritual bagi pengurus dan anggota serta sebagai ajang silaturahmi antara pengurus dan anggota IPHI Kecamatan Bengkalis dengan Tuan Guru Besilam Langkat, Sumatera Utara,” kata Ketua IPHI Kecamatan Bengkalis, H Mansur Aminin.

Sementara itu, Humas IPHI Kecamatan Bengkalis Hj Faizah Hamid kepada potretnews.com, Senin (31/10/2022) melalui WhatsApp-nya mengabarkan bahwa semua rombongan dalam keadaan sehat, dan saat berita ini dikirimkan ke redaksi telah sampai di Ro-Ro Sungai Selari untuk menuju Pulau Bengkalis.***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww