Home > Berita > Umum

Berselawat, Cara Pemdes Pangkalanbatang Barat Dapatkan Berkah

Berselawat, Cara Pemdes Pangkalanbatang Barat Dapatkan Berkah

Kades Pangkalanbatang Barat Azmi Yulfikar foto bersama anak-anak yang mengikuti selawatan. (F-JUNAIDI USMAN)

Minggu, 30 Oktober 2022 14:35 WIB
JUNAIDI USMAN

BENGKALIS, POTRETNEWS.com – Kalimat selawat kepada Nabi Muhammad SAW dan puji-pujian serta zikir menggema dari aula Kantor Desa Pangkalanbatang Barat, Bengkalis, Riau, pada 3 Rabiul Akhir 1444 Hijriyah, atau bersamaan dengan Sabtu, 29 Oktober 2022 malam. Kegiatan yang ditaja oleh Pemerintah Desa (Pemdes) Pangkalanbatang Barat ini sebagai syiar agama Islam, selain sebagai upaya mengambil keberkahan bagi desa pemekaran dari Desa Pangkalanbatang ini.

Diceritakan Kepala Desa (Kades) Pangkalanbatang Barat Azmi Yulfikar, awal cerita kegiatan selawat ini adalah ketika beberapa waktu lalu dirinya diminta hadir di rumah Syuaib untuk menyaksikan latihan selawat yang beranggotakan anak-anak seusia SD dan SMP. Ia mengaku sangat terkesan dengan bacaan selawat dari grup yang baru dibentuk ini, dan menanyakan kepada pengurus.

“Bisa tak dibawa satu malam ke desa. Tujuannya, mudah-mudahan dengan adanya acara malam ini, akan memancing agar yang belum ikut, untuk bisa ikut serta. Paling tidak, dapat berkah, dapat mendengarkan anak-anak kita melantunkan kalimat-kalimat thoyyibah. Apalagi satu kali selawat, sepuluh kali pahala yang Allah SWT balas. Yang kita kerjakan malam ini tidak luput dari kerja sama kita semua. Mudah-mudahan, apa yang kita lakukan malam ini, mendapat berkah dari Allah SWT,” ungkap Azmi dengan dialek Melayu Pesisirnya yang kental.

Dukungan untuk kegiatan ini terlontar dari tokoh masyarakat Pangkalanbatang Barat, H Asran. Menurut Asran, kegiatan ini sangat positif sekali. Terutama karena dilakukan oleh para generasi muda. Selawat menurutnya perlu dikembangkan untuk membentuk mental-mental Islami kepada anak-anak muda.

“Mudah-mudahan, dengan adanya selawat ini, banyak berkah yang kita dapatkan. Kita cukup bersyukur acara malam ini didukung oleh kepala desa, BPD, dan alim ulama. Ini suatu pemandangan yang luar biasa. Kita harapkan kepada orang-orang tua untuk terus memberikan semangat kepada anak-anak, supaya ikut terus dalam acara berselawat ini,” katanya.

Menanggapi kegiatan selawat “Beghanyut”, Asran yang mantan anggota DPRD Kabupaten Bengkalis ini mengatakan bahwa hal itu juga merupakan bagian daripada kegiatan selawat. “Mudah-mudahan, bisa terus dikembangkan. Ini sangat positif bagi perkembangan generasi muda kita,” harapnya.

Apresiasi lainnya juga datang dari anggota DPRD Kabupaten Bengkalis H Arianto. Dirinya menyampaikan apresiasi yang luar biasa kepada pencetus selawatan ini beserta guru-gurunya. Ia berharap dengan adanya pelaksanaan selawatan ini akan membawa hal positif kepada anak-anak yang lain.

“Karena sebagaimana yang diketahui, pada saat ini pengaruh dari luar itu lebih banyak. Mungkin susah kita jumpai anak-anak yang berselawat seperti ini. Alhamdulillah, mudah-mudahan dengan adanya kegiatan seperti ini akan memberikan dampak yang positif terutama kepada negeri ini. Semakin banyak kita membaca selawat kepada Rasulullah SAW, mudah-mudahan negeri ini akan aman, tenang, dan nyaman,” ujarnya.

Kegiatan selawat yang digelar berjalan cukup khidmat dan disambut antusias masyarakat sekitar. Selain anggota DPRD Kabupaten Bengkalis, H Arianto dan tokoh masyarakat H Asran, juga hadir pada kegiatan itu Ketua BPD Pangkalanbatang Barat Andi Asiadi, para orang tua anak-anak anggota selawat, serta perangkat desa. Turut hadir juga Ketua TAN Production Haryanto bersama penulis skenario asal Desa Sungaibatang yang berjarak sekitar 35 kilometer dari lokasi acara. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww