Bupati Kasmarni Gandeng Mubalig, Sampaikan Pencerahan kepada Masyarakat

Bupati Kasmarni Gandeng Mubalig, Sampaikan Pencerahan kepada Masyarakat

Bupati Kasmarni foto bersama usai penyerahan SK Penyuluh Agama Kecamatan Rupat dan Rupat Utara.

Rabu, 26 Oktober 2022 16:11 WIB
JUNAIDI USMAN
BATUPANJANG, POTRETNEWS.com – Sebagai bagian dari unsur masyarakat, keberadaan mubalig diharapkan ikut memberikan pencerahan kepada masyarakat. Melalui aktifitas dakwah, hendaknya materi keagamaan yang disampaikan para mubalig dapat disinergikan dengan visi, misi serta program kebijakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bengkalis.
Mengingat peran penting para mubalig ini, di bawah kepemimpinan Bupati Kasmarni dan Wakil Bupati Bagus Santoso, mubalig telah dimasukkan ke dalam salah satu program unggulan, yakni terkait Pembinaan Ummat, Satu Desa Satu Penyuluh Keagamaan.

Menurut Bupati Kasmarni, untuk mewujudkan Bengkalis yang Bermarwah, Maju dan Sejahtera, tidak bisa bekerja sendiri. Tapi butuh sinergisitas dan kolaborasi dari seluruh pihak, salah satunya peran mubalig.

Dengan menggandeng penyuluh agama dan mubalig sebagai corong informasi pembangunan pemerintah kepada masyarakat, diharapkan semua informasi tersampaikan dan teraplikasi secara baik di tengah-tengah masyarakat.

Harapan tersebut disampaikan Bupati saat menyerahkan Surat Keputusan (SK) kepada 50 orang penyuluh agama Islam desa/kelurahan, dan koordinator Kecamatan Rupat dan Rupat Utara bertempat di Aula Kantor Camat Rupat, Batupanjang, Rabu (26/10/2022).

Setelah ditetapkan sebagai penggiat keagamaan, Kasmarni meminta agar penyuluh agama ini kedepannya lebih berperan aktif dalam meredam serta menyelesaikan permasalahan umat, termasuk meredam konflik, isu-isu miring bahkan berita hoaks.

"Bantu kami menyampaikan program pemerintahan kepada seluruh masyarakat, baik dari area kota hingga ke pelosok. Laksanakan tugas dengan sebaik mungkin demi tercapainya kehidupan bermasyarakat yang harmonis dan agamis,” pesannya.

Selain menyerahkan SK Penyuluh Agama Islam, Bupati Kasmarni juga berkesempatan menyerahkan Kartu Identitas Anak (KIA), Kartu Tanda Penduduk (KTP), Akta Kelahiran, serta bantuan kursi roda kepada masyarakat setempat.

Pada acara tersebut hadir Kepala Kantor Kementerian Agama Bengkalis H Khaidir, Kepala Kejaksaan Negeri Bengkalis diwakili Kasubsi Datun Bagas Pradikta Haryanto, dan Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Bengkalis, H Amrizal.

Sejumlah Kepala Perangkat Daerah lingkup Pemkab Bengkalis juga hadir. Tak ketinggalan, Camat Rupat Aulia Army Effendy dan Camat Rupat Utara Afrizal.*** 

wwwwww