Home > Berita > Umum

Festival Budaya Bahari, Pemkab Bengkalis Butuh Dukungan Pemprov, Pusat dan Investor

Festival Budaya Bahari, Pemkab Bengkalis Butuh Dukungan Pemprov, Pusat dan Investor

Kabid Pariwisata Bengkalis Alwizar SKM bersiap mengibarkan bendera start melepas peserta Jalan Santai.(F-JUNAIDI USMAN)

Senin, 24 Oktober 2022 08:08 WIB
JUNAIDI USMAN

SELATBARU, POTRETNEWS com — Hari terakhir acara Festival Budaya Bahari 2022 dimeriahkan dengan kegiatan Jalan Santai, bertempat di Pantai Indah Selatbaru, Kecamatan Bantan, Kabupaten Bengkalis, Ahad (23/10/2022).

Mewakili Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Kadis Parbudpora) Kabupaten Bengkalis, Kepala Bidang Pariwisata Alwizar SKM mengibarkan bendera start, melepas secara langsung lebih kurang 500 peserta jalan santai di Taman Pantai Indah Selatbaru menuju kebun binatang. Kemudian finish kembali lagi ke titik start tadi.

“Terima kasih kepada seluruh peserta jalan santai, semoga kita selalu menjalin kekompakan, kebersamaan dan kedamaian. Kami berharap dua tahun kedepan pantai indah Selatbaru akan semakin maju, berkembang dan terkenal. Akan mendatangkan banyak wisatawan, lokal maupun asing. Sesuai dengan tema yang kita angkat, melalui festival budaya bahari, kita bangkitkan jati diri menuju Bengkalis Bermarwah,” kata Alwizar.

Sebagai tambahan informasi, seluruh hadiah Jalan Santai merupakan persembahan dari Bank Riau Kepri Syariah Bengkalis.

Festival Budaya Bahari merupakan agenda rutin yang ditaja Pemkab Bengkalis melalui Disparbudpora. Acara yang telah dibuka Wakil Bupati (Wabup) Bengkalis Bagus Santoso pada Jumat (21/10/2022) lalu.

“Salah satu daya tarik yang memiliki potensi sangat besar untuk terus kita kembangkan adalah melalui festival budaya dan tradisi seperti ini, yang mengedepankan kearifan serta budaya masyarakat lokal yang sudah mengakar dalam kehidupan sehari-hari masyarakat Melayu Kabupaten Bengkalis ini,” ucap Wabup Bagus Santoso.

Diungkapkan Bagus Santoso, salah satu peluang yang dapat ditangkap, khususnya dalam memajukan pariwisata bahari pantai Selatbaru ini adalah karena letak geografis pantai Selatbaru yang berbatasan langsung dengan Malaka, Malaysia. Kota yang oleh UNESCO ditetapkan sebagai world heritage ini hanya berjarak kurang lebih 42 km atau sekitar 26 mil dari Pantai Selatbaru.

Di kesempatan itu, Bagus Santoso mengharapkan dukungan dan sinergi dari semua pihak, terutama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau dan Pemerintah Pusat baik infrastruktur, sarpras maupun anggaran, agar potensi pariwisata di daerah ini dapat lebih maju dan berkembang.

“Tentunya kita tidak bisa semata-mata mengandalkan APBD saja, karena APBD kita terbatas, namun dukungan dan bantuan pihak lain tetap kita harapkan, termasuk investasi dari swasta,” ucap Bagus Santoso.

Usai membuka acara, Wabup Bagus Santoso dan Forkopimda langsung meninjau lokasi permainan rakyat diantaranya Lomba Jong yang diikuti masyarakat sekitar, bahkan juga peserta dari Malaysia dan Singapura.

Di lokasi acara juga terlihat ada pameran bonsai, permainan layang-layang termasuk juga penampilan seni budaya tari Zapin, kompang, gasing, lomba melukis dan lainnya. Semua digelar di lokasi lalu lalangnya wisatawan dari Muar dan Melaka, karena Pelabuhan Internasional Bandar Seri Setia Raja (BSSR) berada satu lokasi dengan Pantai Indah Selatbaru. ***

Kategori : Umum, Bengkalis
wwwwww