Home > Berita > Umum

Warga Ramai-Ramai Datangi Kantor Dispar Riau Cari Oknum Honorer yang Diduga Lakukan Penipuan hingga Miliaran Rupiah

Warga Ramai-Ramai Datangi Kantor Dispar Riau Cari Oknum Honorer yang Diduga Lakukan Penipuan hingga Miliaran Rupiah
Rabu, 19 Oktober 2022 16:13 WIB

PEKANBARU, POTRETNEWS.com — Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Riau, Roni Rakhmat mengungkapkan, oknum THL atau honorer yang diduga melakukan penipuan hingga miliaran rupiah dengan modus investasi pariwisata bodong itu merupakan Juara Bujang Dara Provinsi Riau tahun 2017 bernama Arya Purnama.

Selain itu, kata Roni, Arya juga peraih juara 1 putra pariwisata tingkat nasional.

Ia juga dikenal sebagai sosok anak muda yang punya gaya hidup mewah. Ini terlihat dari baju, tas, dompet bermerek yang kerap dia gunakan.

Namun sayang, di balik gaya hidupnya dan penampilannya yang parlente itu ternyata pelaku diduga sudah menipu puluhan orang dengan nilai mencapai miliaran rupiah.

"Kita sangat sayangkan dengan adanya laporan dugaan penipuan itu," kata Roni, Selasa (18/10/2022).

Dengan adanya kasus dugaan penipuan ini, Roni mengimbau kepada seluruh masyarakat Riau, agar tidak langsung percaya saat ada oknum yang menawarkan investasi pariwisata.

"Kasus ini menjadi perhatian kita, agar masyarakat jangan langsung percaya ketika ada oknum-oknum tak bertanggungjawab jawab menawarkan investasi pariwisata tidak resmi ," katanya.

Seperti diketahui, oknum pegawai di Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Riau bernama Arya Purnama diduga melakukan penipuan dengan modus investasi pariwisata bodong, yang nilainya mencapai miliaran rupiah.

Kasus ini terungkap ke publik setelah korban ramai-ramai mendatangi Kantor Dispar Riau di komplek Purna MTQ Jalan Sudirman Pekanbaru.

Namun pelaku tidak masuk kantor dan mematikan nomor handphonenya. Selain itu, pelaku juga diduga sudah kabur dari rumahnya.

Kasus penipuan yang dilakukan oleh oknum yang berstatus Tenaga Harian Lepas (THL) itu dibenarkan oleh Kepala Dinas Pariwisata Riau, Roni Rakhmat.

Roni mengatakan, sudah banyak korban yang datang ke kantor Dispar Riau melaporkan penipuan yang dilakukan oleh oknum THL Dispar Riau tersebut.

"Keberadaan oknum THL tidak diketahui dimana. Karena sudah lama tidak masuk kantor, handphonenya juga mati, media sosialnya mati semua. Dicari ke rumahnya juga tidak ada di tempat dan rumahnya terkunci," katanya.

Pihak mengajukan sudah mengambil langkah tegas menyikapi kasus tersebut. Oknum THL Dispas yang diduga melakukan penipuan hingga miliaran rupiah itu langsung dipecat.

"Kita langsung buat surat pemberhentianya karena yang bersangkutan diduga melakukan penipuan dengan modus investasi pariwisata," kata Roni, Selasa (18/10/2022), seperti dilansir tribunpekanbaru.com.

Pemecatan oknum yang statusnya sebagai THL ini merupakan buntut setelah banyaknya korban yang mendatangi kantor Dispar Provinsi Riau mencari pelaku.

Roni mengaku, korban yang ditipu oleh oknum THL tersebut jumlahnya mencapai puluhan orang.

Korban tidak hanya orang Riau, tapi ada juga dari luar Provinsi Riau, seperti Jakarta dan lainnya.

"Pengakuan para korban ini beragam, jumlah korbannya juga banyak, ada puluhan orang. Tapi modusnya oknum ini menawarkan investasi pariwisata bodong kepada korban," ujarnya.

Roni menegaskan, kasus ini merupakan kasus persoalan oknum THL, namun dikarena yang bersangkutan staf di Dispar Riau, maka ia selalu menjanjikan investasi pariwisata bodong kepada korban.

"Misalnya kita di Riau ada event Ombak Bono di Pelalawan, di situ oknum ini menawarkan investasi kepada korban, dan korban percaya. Tapi jalan cerita pastinya kita belum tahu pasti, tapi pengakuan korban seperti itu," katanya. ***

Editor:
Akham Sophian

Kategori : Umum, Riau
wwwwww